Gelatik timor makin terancam

Gelatik timor (Padda fuscata) merupakan salah satu kerabat dekat burung pengicau gelatik jawa (Padda oryzivora). Burung ini dicirikan dengan tudung kepala dan tenggorokan berwarna hitam, serta pipi putih, sehingga terlihat mencolok. Leher dan dada bagian atas cokelat, perut sampai bagian tunggir putih, serta paruh dan kaki abu-abu.

GELATIK TIMOR: Burung endemik di Nusa Tenggara Timur.

GELATIK TIMOR: Burung endemik di Nusa Tenggara Timur.

Dalam literatur perburungan internasional, gelatik timor disebut sebagai timor sparrow. Postur tubuh gelatik timor relatif lebih kecil dibandingkan dengan gelatik jawa, dengan panjang tubuh sekitar 12-14 cm.

Meski tidak begitu populer di kalangan kicaumania Indonesia, keberadaan burung gelatik timor kini makin terancam punah akibat keterbatasan lahan untuk berkembang biak dan penggunaan pestisida berlebih di persawahan. Akikabtnya, burung ini  kesulitan mencari sumber makanan dan persedian air layak minum.

Tempat hidup dan kebiasaan

Si cantik dari timor sedang rehat di limbah tanaman kelapa.

Si cantik dari timor sedang rehat di limbah tanaman kelapa.

Burung ini biasanya menghuni savana, padang penggembalaan yang pohonnya jarang, semak, dan lahan budidaya di dataran rendah sampai perbukitan dengan ketinggian 720 meter dari permukaan laut (dpl).

Umumnya mereka terlihat sendirian, atau dalam kelompok kecil sampai 5 individu. Namun, sesekali terlihat pula bergabung dengan burung pemakan biji-bijian lain saat mencari makanan. Mereka mencari makanan di permukaan rumput, pepohonan berbiji kecil, sawah padi, vegetasi di tepi sungai, dan hutan ekaliptus.

Suara dan video

Rangkaian ocehan “chip.. chip.. chip.. chip… – chip.. chip.. chip…” yang cepat atau tidak beraturan ketika bernyanyi dalam kelompoknya.

Untuk mendengar suara sekaligus penampilan gelatik timor, silakan lihat tayangan video berikut ini :

Persebaran dan ras

Gelatik timor merupakan burung endemik atau hanya ditemukan hidup di Nusa Tenggara Timor, meliputi Timor, Roti, dan Semau.

Gelatik timor di pucuk pepohonan meranggas.

Gelatik timor di pucuk pepohonan meranggas.

Burung gelatik timor di areal tanaman padi.

Burung gelatik timor di batang tanaman padi.

Status

Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT)

Semoga bermanfaat, dan membuat kita makin bijak. Bagi yang sudah memiliki burung ini, dimohon kesadarannya untuk menangkarnya di rumah.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There is one comment

Komentar ditutup.