Burung kemade sebagai pendamping pleci Anda

Mau mencari masteran atau pendamping untuk burung pleci Anda? Kemade atau burung cabe-cabean mungkin bisa menjadi salah satu pulihan. Suaranya unik, memiliki tipikal nyerecet dengan suara lengkingan yang khas. Bukan hanya itu, menyediakan kemade pada dasarnya justru bisa membuat burung pleci seperti bernostalgia di habitat aslinya. Bukankah kemade sering bergabung bersama koloni pleci di alam bebas?

BURUNG CABE JAWA ATAU KEMADE

Burung kemade atau burung cabe jawa

Meski bertubuh kecil, burung kemade atau cabe-cabean ini sangat besar peranannya dalam ekologi. Sebab burung ini turut membantu menyebarkan biji-bijian dari tanaman buah yang menjadi makanannya.

Burung kemade atau cabe jawa, atau wong bule bilang scarlet-headed flowerpecker, memiliki nama spesies Dicaeum trochileum. Sesuaidengan nama ilmiah tersebut, burung ini berada dalam genus Dicaeum, salah satu anggota dari keluarga Dicaeidae.

Para ahli burung menyebut kemade sebagai burung endemik yang hanya dijumpai di Indonesia. Persebarannya cukup luas, mulai dari Jawa, Bali, Lombok, dan sebagian wilayah Sumatera.

Mereka sering terlihat di perkebunan, tanaman di kawasan pinggiran kota maupun pusat kota. Biasanya mereka sering terlihat bersama-sama dengan kelompok pleci saat mencari makanan, terutama di pepohonan.

Cara membedakan jantan dan betina

Membedakan jenis kelamin kemade relatif mudah dilakukan dengan melihat warna bulu di sekujur tubuhnya. Burung jantan memiliki warna bulu merah padam atau agak jingga pada bagian kepala, punggung, tunggir, dan dada. Bagian perut berwarna putih keabu-abuan, serta ada bercak putih pada lengkung sayapnya.
Adapun burung betina hanya memiliki warna merah di bagian tunggir / tungging / pantat saja. Tubuh bagian atas berwarna cokelat. Sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih kusam.

BURUNG CABE JANTAN DAN BETINA

Burung kemade jantan (kiri) dan betina. Lihat warna merah pada kepala burung jantan.

Makanan burung kemade

Makanan utama burung kemader adalah buah-buahan, dan beberapa serangga kecil. Karena itu, dalam perawatan hariannya pun burung ini tidak bisa dipisahkan dari buah-buahan, meski nantinya sudah bisa makan voer dengan total.

Buah menjadi kata kunci dalam perawatan kemade. Hanya sehari saja kita alpa menyediakan buah-buahan, burung ini cenderung mudah drop, tidak fit, bahkan sakit.

Untuk melatihnya makan voer, Anda bisa menggunakan bantuan burung pleci yang sudah lebih dulu terbiasa makan voer. Caranya, kedua jenis burung disatukan dalam kandang. Dengan cara ini, kemade pasti akan memperhatikan pleci saat makan voer, dan pada akhirnya mau mencoba mencicipi pakan kering tersebut.

Penampilan burung kemade jantan dari depan.

Penampilan burung kemade jantan dari depan.

Nah, untuk memaster pleci, Anda tidak selalu harus membeli burung kemade, atau menangkap burung ini di habitatnya. Artinya, bagi yang belum memiliki kemade, cukuplah menggunakan media MP3 yang bisa didowload di sini :

  • Suara burung kemade / cabe-cabean

DOWNLOAD

  • Video burung kemade / cabe-cabean

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 4 comments

  1. Adryan

    Truz gmana solusinya om biar gk trlalu stes hbis nangkep dri alam,coz mw bli di pasar gk da yg jual om,
    n 1 lg,tu burung jd 1 sangkar ma pleci gpp kah?

  2. Adryan

    0m,saya dapat burung kemade 1 pasang, njebak pake pulut..
    Di ksh pisang kok gk mau makan y 0m,si burung msh kelabakan,n jd almarhum dlm 2 hari,pdhal udh ful kr0d0ng n q taruh di tmpat sepi.
    Kira2 pakan yg baik/cocok tu buah apa 0m buat burung yg bru dpt dri alam?

    1. Aries Munandi

      makanan sama aja dengan pleci, buah dan kroto.. untuk kemade biasanya cukup diberi buah-buahan ( pepaya / pisang ), kemungkinan burung sangat stress hingga tidak mau makan.

Komentar ditutup.