10 Komponen suara masteran burung favorit 2012-2013

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak sekali suara burung atau suara serangga juga suara-suara artifisial alias buatan seperti peluit dan sebagainya yang mungkin telah Anda koleksi. Hanya saja, apakah suara-suara itu Anda gunakan semua untuk pemasteran? Tentu tidak, sebab memang hanya ada beberapa komponen suara masteran yang perlu Anda pilih, disesuaikan dengan karaktrer suara burung yang akan Anda master.

Menurut catatan saya, selama 2012 lalu dan juga masih berlaku pada 2013 ini, ada delapan komponen suara masteran yang paling sering digunakan dan menjadi favorit para kicaumania. Hal itu tercermin dari suara-suara tonjolan burung-burung yang banyak terdengar di arena lomba.

Kedelapan suara tersebut adalah suara burung cililin, kenari (standar), lovebird, siri-siri, gereja (tarung), cucak jenggot, kapas tembak, dan suara jangkrik. Kedelapan suara masteran ini memang nyaris bisa dimasterkan ke burung-burung kicauan khususnya burung-burung pemakan serangga dan/atau buah, seperti murai batu, kacer, cucak ijo, anis merah, anis kembang dan lain-lain.

Komponen ke-9 dan ke-10

Selain suara-suara masteran utama, seperti saya tulis dalam judul artikel, dalam pemasteran ada dua komponen suara yang sering menjadi penentu berhasil tidaknya pemasteran. Kedua komponen suara tersebut adalah suara (gemerecik) air dan suara “diam” sebagai jeda di antara suara masteran utama.

Berikut ini saya sajikan olahan suara masteran dari ke-10 komponen suara pemasteran, dengan bahan dasar yang pernah saya upload di blog omkicau.com ini dengan sejumlah modifikasi, yang khusus saya buat sekaligus untuk memenuhi beberapa permintaan suara yang disampaikan sobat semua pada komentar artikel “Anda perlu mixing atau konversi suara burung? Om Kicau siap bantu….“.

1. Suara burung cililin backsound air

2. Suara burung kenari (standar) backsound air

3. Suara burung lovebird backsound air

4. Suara burung siri-siri backsound air

5. Suara burung gereja (tarung) backsound air

6. Suara burung cucak jenggot backsound air

7. Suara burung kapas tembak backsound air

8. Suara jangkrik backsound air

9. Suara air yang berguna untuk backsound

10. Suara “diam” bisa digunakan sebagai jeda (6 menit)

11. Suara “diam” 32 menit

HASIL MASTERAN DENGAN 10 KOMPONEN MASTERAN OM KICAU

Saya tidak bisa memberikan gambarab bagaimana hasil pemasteran berdasar suara-suara yang saya sediakan tersebut. Namun jika pemasteran berhasil dan hal itu diterapkan untuk burung murai batu, idealnya si burung akan bisa berkicau seperti contoh yang saya sampaikan dalam artikel Suara ideal murai batu versi Om Kicau: Dengar-download. Silakan dicek.

Silakan download suara-suara yang saya sebutkan di atas di sini.

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.870 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: