Beberapa formula lolohan anakan lovebird buatan anak negeri

Orang-orang Indonesia tidak pernah kehabisan ide untuk membuat apapun yang dibuat orang-orang bule. Kalau di mancanegara beredar formula pakan khusus untuk anakan lovebird, anak-anak negeri ini pun mampu membuatnya, dengan teknologi lebih sederhana, lebih mengandalkan bahan lokal, namun kualitasnya bisa disejajarkan dengan produk impor. Om Kicau mencatat sedikitnya ada dua produk formula bahan lolohan untuk anakan lovebird dengan kualitas prima.

Anakan lovebird umur 8 -10 hari.

Anakan lovebird umur 8 -10 hari.

Pertama, NUTRI-love Hand Feeding Formula Plus buatan UD Mulya Jaya Banjarnegara, yang didukung penuh oleh DT Bird Farm Jogja (Om Dwi Wahyudi). Kedua, produk buatan Mas Muda Gunawan.

NUTRI-love Hand Feeding Formula mampu memberikan nutrisi maksimal (100% nutrisi lengkap) bagi piyikan lovebird sejak menetas, sehingga burung tumbuh dengan kuat dan sehat. Selain anakan lovebird, produk ini juga bisa dikonsumsi oleh anakan burung parkit, nuri, dan kakatua.

Hasil nyata yang bisa diperoleh dari anakan lovebird yang mengkonsumsi pakan ini antara lain:

  • Menambah bobot dengan cepat pada masa penyapihan.
  • Membantu mempertahankan kekuatan dan sistem imun tubuh.
  • Menghasilkan bulu yang cerah dan mengkilap.
  • Diformulasikan dengan protein kadar sedang dan lemak kadar tinggi.
  • Dapat diberikan dengan jarum suntik, sendok, tabung makan atau mangkuk.

NUTRI-love Hand Feeding Formula Plus terbuat dari biji-bijian milet putih, milet merah, kacang hijau, beras merah, jagung, tepung pisang, protein, anti oksidan, vitamin (A, D, E, K, B1, B12, C), kalsium dan mineral lain, DHA, antibiotik, serta bahan-bahan dan vitamin lain yang sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan anakan burung paruh bengkok.

Cara penggunaan:

  • Untuk anakan umur 0-20 hari: 1/4 sendok teh dilarutkan dengan air panas 3-5 cc , diberikan 1-2 jam sekali.
  • Untuk anakan umur 20-40 hari: 1/2 sendok teh dilarutkan dengan air panas 5-10 cc, diberikan 3-4 jam sekali.
  • Untuk anakan umur 40-60 hari: 1 sendok teh dilarutkan dengan air panas 10-15 cc diberikan 4-6 jam sekali.

Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi Tante Titis Jogja (081 754 678 99) atau Om Dwi Wahyudi (085 729 406 875).

Menu pakan buatan Om Gunawan (Mas Muda Gunawan Jogja)

Om Muda Gunawan meloloh piyik LB dengan alat spet.

Om Muda Gunawan meloloh piyik LB dengan alat spet.

Yang kedua adalah menu pakan khusus lolohan buatan Om Gunawan. Selain bisa untuk anakan lovebird, juga bisa digunakan untuk semua jenis burung.

Sebagaimana dilaporkan Waca Jogja, ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama, menggunakan spuit (spet) atau bisa juga dengan cupit. Kedua, diberikan dulu kepada induknya, sehingga induklahyang akan meloloh anak-anaknya.

“Dari aroma dan rasanya sih, seharusnya indukan juga suka. Tapi beberapa mungkin perlu penyesuaian. Burung yang jadi baby sitter (babu), misalnya, juga belum semuanya bisa menerima menu pakan yang masih baru ini,” kata Om Gunawan.

Hasilnya memang baik. Beberapa koleganya di Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) juga memberikan respon positif. Untuk piyik yang diloloh sendiri, pemberiannya cukup 3x sehari. Om Muda Gunawan biasanya memberikan menu ini pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00, siang sekitar pukul 12.00 – 14.00, dan malam pukul 18.00 – 19.00.

“Itu sudah cukup dan hasilnya bagus. Kalau siang hari, biasanya ada teman-teman yang main ke rumah. Saya tetap meloloh sambil menemui tamu. Sebagian teman yang belum pernah akhirnya ingin mencoba praktik meloloh piyik burung dengan cara spet,” tambahnya.

Semoga bermanfaat

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 2 comments

Komentar ditutup.