Membuat larutan elektrolit untuk burung sakit

Burung atau jenis unggas lain yang kehilangan cairan tubuhnya biasanya akan terlihat lemas, tidak memiliki nafsu makan, dan sering mengembangkan bulu-bulunya. Hal ini biasanya dialami oleh burung yang dijemur terlalu lama, burung yang mengalami diare, maupun burung yang mengalami stres terutama burung bakalan / muda hutan (MH) yang sedang berada dalam masa adaptasi. Jika dehidrasi tidak segera diatasi, bukan mustahil akan berakhir dengan kematian. Untuk pertolongan pertama, kita bisa memberikan larutan elektrolit buatan sendiri. Mau tahu caranya?

Sebelum melangkah ke inti permasalahan, ada baiknya beberapa referensi berikut Anda baca kembali, karena berkaitan dengan beberapa penyebab dehidrasi :

  • Heat stress dan heat stroke akibat penjemuran secara berlebihan (cek artikelnya di sini)
  • Burung stres, dengan garis stres pada bulu (monggo dipencet link ini)
  • Kumpulan tips burung bakalan / MH (silakan cek di sini)

Khusus untuk diare, biasanya dialami burung yang terserang koksidiosis (coccidiosis) atau berak darah. Jika kotoran burung tidak mengandung bercak darah, berarti diare disebabkan cacing pita dan / atau cacing rambut.

Larutan elektrolit sebagai P3B

Burung yang mengalami dehidrasi butuh penanganan segera.

Burung yang mengalami dehidrasi butuh penanganan segera.

Ketika burung mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, biasanya kita memberikan buah yang banyak mengandung air seperti pepaya, jeruk, dan sebagainya. Solusi ini memang bisa juga diterapkan, tetapi hanya untuk burung pemakan buah. Bagaimana jika yang mengalami dehidrasi adalah burung pemakan serangga yang tidak menyukai buah-buahan?

Di sinilah arti penting larutan elektrolit, untuk menggantikan cairan tubuh yang banyak terbuang melalui kotoran atau feces. Meski demikian, larutan elektrolit buatan Anda sendiri nantinya juga bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi pada burung pemakan buah.

Bahan baku pembuatan larutan elektrolit

Oke, sudah siap mempraktikkan cara membuat larutan elektrolit? Berikut bahan baku yang digunakan :

  • Air hangat — 1 gelas
  • Gula pasir — 2 sendok teh
  • Garam (sodium) — 1/8 sendok teh
  • Baking soda — 1/8 sendok teh

 

Bahan yang digunakan untuk membuat cairan elektrolit

Bahan yang digunakan untuk membuat larutan elektrolit

Proses pembuatan larutan elektrolit :

  • Campurkan semua bahan tersebut ke dalam gelas berisi air hangat, kemudian diaduk hingga merata.
  • Biarkan larutan ini beberapa saat, hingga suhunya netral (sudah tidak hangat lagi).

Mudah sekali bukan?

Sebagai langkah awal, larutan elektronik diberikan kepada burung dengan cara diteteskan langsung ke paruhnya sedikit demi sedikit. Selebihnya bisa dimasukkan ke dalam wadah air minum. Selanjutnya, esok hari, masukkan larutan elektrolit yang baru ke dalam wadah minumnya, sebagai pengganti larutan elektrolit sebelumnya.

Lakukan hal ini selama beberapa hari, sampai kondisi burung terlihat kembali normal, ditandai dengan mulai aktif bergerak dan bulu-bulu sudah tidak sering dikembangkan lagi.

Larutan elektrolit juga bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk penggunaan darurat atau jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Sebelum diberikan, biarkan larutan elektrolit dalam ruang terbuka sampai suhunya netral (sudah tidak dingin). Banyak kasus burung mati akibat mengkonsumsi air dingin, atau kroto yang disimpan dalam kulkas, dan langsung diberikan kepada burung tanpa dilakukan penetralan suhu terlebih dulu.

Demikian cara P3B untuk burung yang mengalami dehidrasi. Larutan elektrolit ini hanya berfungsi untuk menyelamatkannya dari kematian akibat kehabisan cairan, tetapi sumber penyebabnya belum teratasi. Misalnya dehidrasi akibat diare. Burung bisa segar kembali, tetapi diare belum tersembuhkan. Untuk mengatasi diare dan gangguan pencernaan lainnya, Anda bisa menggunakan BirdBlown.

Demikian pula untuk burung yang mengalami gangguan pernafasan, dengan atau tanpa disertai gejala batuk dan pilek, dapat diselamatkan dari kemungkinan mati melalui pemberian larutan elektrolit. Tetapi gangguan pernafasan itu sendiri belum disembuhkan. Nah, untuk gangguan tersebut, silakan diterapi dengan BirdTwitter.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

3 pemikiran pada “Membuat larutan elektrolit untuk burung sakit

    • Boleh mas tetapi air yang digunakan adalah harus air matang, dan untuk keperluan pertolongan pertama pengobatan misalnya ada salah satu keluarga yang terkena diare sehingga banyak mengeluarkan cairan tubuhnya bisa diberikan larutan ini ( dalam hal ini penggunaan baking soda bisa dihilangkan jika kita tidak memilikinya jadi hanya air+garam+gula ), larutan ini juga sama fungsinya dengan oralit

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s