Terapi suara air untuk MB kalah tanding

Terapi suara gemericik air bisa menjadi solusi bagi murai batu yang kalah tanding. Pengertian kalah tanding berbeda dari kalah lomba. Banyak burung kalah lomba (karena hanya diambil juara 1-10), tetapi tidak semuanya kalah tanding. Burung dikatakan  kalah tanding apabila beberapa saat menjelang lomba dan / atau selama lomba berlangsung mengalami nervous, depresi, atau stres. Akibatnya, semua performa suara yang dimiliki sebagai hasil perawatan dan latihan sebelumnya lenyap seketika.

mb-dropAda beberapa tanda murai batu yang mengalami nervous menjelang dan saat lomba. Hal ini biasa dialami murai batu yang baru pertama kali, atau beberapa kali, ditrek maupun dilombakan. Misalnya terlihat gelisah ketika mendengar kicauan murai batu lainnya. Alhasil, selama lomba burung berlangsung, dia hanya diam dan belingsatan kesana-kemari, turun tangkringan, ingin menerebos jeruji sangkar, ngeruji, dan sebagainya.

Apabila hal ini tidak segera diatasi, maka burung yang semula rajin berkicau akan sulit kembali berkicau, meski sudah sampai di rumah. Gejala lanjutan pun akan mengikutinya, mulai dari nafsu makan menurun drastis, lebih sering di dasar sangkar daripada duduk di tangkringan, atau meneruskan perilaku ngeruji. Kalau kondisi ini masih saja dibiarkan, kemungkinan besar murai batu (MB) akan macet bunyi dalam waktu lama.

Terkadang stres yang terjadi saat ditrek atau saat berlomba bukan hanya dipengaruhi satu faktor saja seperti disebutkan di atas, yaitu jatuh mental tatkala menghadapi musuh-musuhnya. Bisa juga karena faktor lain, seperti kegagalan MB dalam beradaptasi dengan lingkungan baru. Misalnya keriuhan penonton, cuaca yang kurang bersahabat seperti mendung atau angin kencang.

Untuk adaptasi terhadap keriuhan penonton, hal ini sering dialami MB yang baru pertama kali atau beberapa kali dilombakan. Tetapi untuk cuaca yang kurang bersahabat, burung sekelas Happy Birthday pun pernah mengalaminya saat berlaga di Bupati Bandung Barat Cup. Namun burung jawara, yang rata-rata memiliki mental bagus, umumnya lebih cepat mampu mengatasi keadaan.

Karena itu, begitu melihat gejala burung nervoues saat berlomba, Anda bisa memberikan terapi suara air, begitu burung tiba di rumah. Berikut ini panduang singkatnya :

  • Begitu sampai di rumah (usai mengikuti lomba), burung dikarantina di tempat tenang, jauh dari sangkar burung lainnya, terlebih sesama murai batu.
  • Sangkar dalam kondisi full kerodong selama hari pertama sesudah lomba. Untuk hari-hari berikutnya, kerodong bisa dibuka sebentar (misalnya tiap pagi), saat burung diangin-anginkan agar mendapatkan udara segar. Selebihnya, full kerodong lagi di tempat yang tenang.
  • Malam hari, burung dimaster dengan suara MP3 burung cililin dan suara gemericik air (Anda bisa download suara MP3 di bagian bawah halaman ini). Setel dengan suara lirih, namun tetap terdengar oleh burung Anda.
  • Selama menjalani terapi, berikan air minum yang sudah dicampur dengan TestoBirdBooster (TBB). Caranya, larutkan TBB seukuran pentol korek api ke dalam 50 ml air minum (wadah air minum ukuran normal), selama 5 – 10 hari atau sampai kondisi mentalnya membaik. Untuk cara penggunaan lainnya bisa dilihat di sini.
  • Selama menjalani terapi, tingkatkan porsi extra fooding (EF), terutama jangkrik (5 ekor pagi – 5 ekor sore) dan kroto (bisa diberikan 3x dalam seminggu). Jika memungkinkan, bisa ditambahkan 2 ekor klabang  (cukup 1x dalam seminggu).
  • Selama menjalani terapi, burung tidak perlu dijemur dulu. Tetapi cukup diangin-anginkan dengan membuka kerodongnya.
  • Selama menjalani terapi, frekuensi mandi juga dikurangi (misalnya 2 hari sekali).

Jika kondisi nervous, stres, dan drop mental tidak begitu parah, biasanya murai batu bisa normal kembali sekitar 2 minggu. Namun ada juga yang lama penyembuhannya bisa mencapai 1 bulan.

Terapi suara gemericik air dan cililin ini mengadopsi rahasia perawatan MB kalah tanding tempo doeloe, yang benar-benar menggunakan suara gemericik air dari kran kamar mandi.

Download suara gemericik air plus suara cililin

Suara MP3 yang disiapkan Om Duto ini merupakan kombinasi suara gemericik air yang ditimpali suara burung cililin, yang baik sekali untuk mengatasi burung nervous, stres, atau drop mental akibat kalah tanding. Ada dua versi di sini, yaitu versi pendek dan versi panjang. Silakan dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

1. Versi pendek   [ DOWNLOAD ]

2. Versi panjang  [ DOWNLOAD ]

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 3 comments

Komentar ditutup.