MBOF Bogor: Sukses menangkar angry bird, harganya tembus Rp 15 juta sepasang

Popularitas angry bird tak kalah dari burung kicauan yang sedang ngetren di Tanah Air. Bedanya, burung ini bukan dikenal karena kicauannya, tapi justru penampilannya yang berawal dari game pada aplikasi iPad/iPhone. Logonya kerap dijadikan maskot beragam souvenir atau aksesoris berbagai merchandise lainnya. Semua pasti mengenal angry bird: burung kardinal berjambul merah, yang selalu menunjukkan ekspresi kemarahan. Tahukah Anda, burung ini ada di dunia nyata, bahkan sudah ditangkarkan di Indonesia?

Kartun angry bird yang dikenal di kalangan anak-anak dan remaja.

Game angry bird yang dikenal di kalangan anak-anak dan remaja.

Angry bird hanyalah nama burung dalam sebuah game, yang saat ini sedang disukai anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Nama aslinya adalah red-crested cardinal, alias burung kardinal jambul merah, dengan nama spesies Paroaria coronata.

Karena habitat aslinya di Brazil, burung ini dikenal juga dengan nama brazilian cardinal. Tetapi jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya burung ini tidak hanya dijumpai di Brazil, tetapi juga mendiami beberapa kawasan Amerika Latin lainnya, seperti Uruguay, Paraguay, Argentina, dan Bolivia. Mereka hidup di hutan-hutan subtropis dan tropis, dengan pakan utama berupa buah-buahan, biji-bijuan, dan berbagai jenis serangga.

Suara burung angry bird (Red-crested cardinal)

Download suara angry bird.

Galery gambar angry bird di dunia nyata

Angry bird jantan dicirikan dengan jambul merah

Angry bird jantan dicirikan dengan jambul merah

Angry bird betina tidak memiliki jambul.

Angry bird betina tidak memiliki jambul.

Burung ini benar-benar eksotis, ciamik habis, dan jarang dimiliki orang. Tak heran jika harganya melambung tinggi, mencapai Rp 15 juta per pasang. Karena mahal dan langka, maka masih jarang orang yang mengkoleksinya, apalagi sampai membudidayakannya.

Mungkin baru segelintir orang yang sukses menangkarnya, apalagi di Indonesia. Salah satu penangkar Indonesia yang mampu melakukannya adalah MBOF milik Megananda, sebuah penangkaran di kawasan Ciluar, Bogor.

Melihat habitat aslinya di Amerika Latin yang tidak jauh berbeda dari Indonesia, kardinal jambul merah secara teoritis bisa diternakkan di Bumi Nusantara. Dugaan itu benar ketika MBOF mencoba menangkarkan beberapa pasang angry bird, dan ternyata berhasil.

Postur tubuhnya seukuran burung kutilang, dengan panjang tubuh sekitar 17,5 – 19 cm dan bobot badan 30 – 35 gram. Burung muda akan berganti bulu dewasa pada umur 6 bulan. Sekitar 2 – 3 bulan kemudian, burung  mencapai umur dewasa kelamin (UDK) dan sudah bisa dijodohkan.

“Kalau sama-sama sudah dewasa, kemudian sudah berjodoh, biasanya induk berina akan cepat berproduksi,” kata Gareng, salah seorang penanggung jawab di penangkaran MBOF.

Konstruksi kandang penangkaran

Pasangan angry bird di kandang penangkaran MBOF Bogor.

Pasangan angry bird di kandang penangkaran MBOF Bogor.

Konstruksi kandang yang digunakan sederhana, berupa kandang berdinding kawat di bagian depan dan dinding samping. Sebab burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Hanya dinding belakang yang bersifat tertutup.

Ukuran kandang sebenarnya relatif, tetapi MBOF membuat kandang dengan panjang 2 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 2,35 meter. Bagian atas (atap) bisa dibagi dua, yaitu terbuka dan tertutup. Atap tertutup dimaksudkan untuk melindungi dari terik matahari atau saat turun hujan. Sedangkan bagian yang terbuka ditutup dengan kawat strimin, agar burung bisa mendapat suasana seperti di alam liar.

Proses penjodohan relatif mudah

Karena karakternya memang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk manusia yang merawat dan memeliharanya, angry bird relatif mudah ditangkarkan. Calon induk jantan dan calon induk betina pun mudah sekali dijodohkan, dengan catatan sudah mencapai umur dewasa kelamin.

Tanda-tanda burung sudah berjodoh hampir sama dengan jenis burung lainnya, yaitu burung jantan dan burung betina sering terlihat berduaan, baik di malam hari (saat tidur atau istirahat) maupun saat bermain di siang hari.

Kotak sarang disediakan senyaman mungkin. Sebagian bahan sarang sudah kita susun dengan rapi di dalam kotak sarang. Sebagian lagi bisa disebarkan di dasar kandang, untuk merangsang burung segera berkembang biak.

Kalau burung sudah jodoh dan sudah kawin, beberapa hari kemudian induk betina akan bertelur. Biasanya, kotak sarang yang sudah kita siapkan akan ditata ulang atau dirapikan kembali oleh pasangan angry bird, dengan bentuk menyerupai model cangkir.

Induk betina akan bertelur sebanyak 2 – 3 butir, kemudian mengerami telur-telurnya selama 15 hari atau sekitar 2 minggu. MBOF sudah berani memanen anakan pada umur 5 – 7 hari, alias melakukan penyapihan sejak dini untuk diloloh sendiri.

Anakan angry bird yang menginjak masa remaja.

Anakan angry bird yang menginjak masa remaja.

Angry bird jantan dewasa

Angry bird jantan dewasa

Anakan yang dipanen langsung dipindahkan ke inkubator. Mereka akan berada di dalam inkubator hingga burung bisa makan sendiri. Agar lebih memacu pertumbuhan dan lebih cepat besar, perawat akan membantu melolohkan atau menyuapi anakan angry bird.

Kebutuhan pakan untuk indukan antara lain biji-bijian (millet, juwawut dan sejenisnya), buah, dan serangga. Untuk menu tambahan, Anda bisa menambahkan jagung muda. Berani mencoba? (d’one)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 8 comments

  1. dadang

    Sore Om, mau nanya, kenapa AM saya kalau bunyi hanya malam hari saja, sepanjang malam hanya ngeplong saja, tanpa teller, kalau siang hari hanya diam dan naik turun tangkringan, dirumah ada momongan tledean dan prenjak yang lumayan gacor, apakah itu berpengaruh, rawatan jangkrik 2 P/S, cacing 1 P/S, kroto seminggu 2 kali, buah tidak mau sama sekali, dan mandi setiap hari P/M, pengembunan setiap hari dilakukan, mohon pencerahannya ya om, terima kasih, sukses Om kicau

  2. F-ryant

    Kok foto cardinalnya beda om.
    Setahu saya full merah……
    Yg difoto cardinal jenis,apa???
    Yang jelas, biar orang awam pd tahu. Biar gak mnimbul stagmen yg berbeda.

    1. Dudung Abdul Muslim

      Memang ada dua pendapat soal spesies angry bird di dunia nyata. Semula orang-orang menyangka kalau inspirasinya berasal dari burung kardinal merah, atau red cardinal, atau disebut juga northern cardinal, dengan nama spesies Cardinals cardinalis.

      Belakangan ada yang menyebutkan, lebih tepat red-crested cardinal atau kardinal jambul merah (Paroaria coronata) seperti ditulis dalam artikel ini.

      Mana yang paling benar, entahlah, karena sang penciptanya juga tidak menjelaskan asal-usul angry bird. Tetapi bukankah semua karakter angry bird dan konco-konconya lebih menonjolkan bagian kepala (termasuk wajah)?

      Nah, coba diteliti dan bandingan antara bagian wajah kardinal merah dan kardinal jambul merah, dengan bagian wajah angry bird. Paruh angry bird cenderung krem, sama seperti kardinal jambul merah, sedangkan paruh kardinal merah berwarna merah.

      Coba lihat lagi daerah di sekitar paruh angry bird. Tidak ada warna hitam kan? Sama seperti kardinal jambul merah. Adapun kardinal merah memiliki warna hitam di sekitar paruhnya.

      Begitu Om menurut pendapat saya, yang mungkin berbeda dari Om Ryant. Makasih masukannya, Om, sukses selalu untuk Anda dan keluarga.

  3. Anung Un Rama

    Sebelumnya sy ucapkan SUKSES to MBOF Bogorg
    yg telah berhasil menangkarkan angry bird berkepala merah.
    semoga bs mengolesi jenis2 angry bird lainnya.

    mf bila ada salah kata,dn trima kasih.
    salam kicau.

Komentar ditutup.