Cucak gadung: Galeri foto, audio, dan video

Beberapa waktu lalu, redaksi omkicau menerima kiriman gambar, audio, dan video mengenai burung cucak gadung atau kacembang gadung (Irena puella) dari Om Fickar Zoe (Bengkulu). Warga Bengkulu, kata Om Fickar, menyebutnya burung biang kapur. Sebagian kicaumania di Indonesia menyebutnya cucak biru. Nama resmi dalam bahasa Indonesia adalah kacembang gadung, sedangkan dalam literatur perburungan internasional dikenal sebagai asian fairy-bluebird. Cucak gadung sebenarnya termasuk kelompok leafbird, namun bukan dari keluarga Chloropsidae sebagaimana cucak hijau dan cucak rante, melainkan Irenidae.

Cucak gadung: Mudah dipelihara dan mudah pula ditangkarkan.

Cucak gadung: Mudah dipelihara dan mudah pula ditangkarkan.

Om Kicau pernah menurunkan artikel mengenai karakteristik cucak gadung / cucak biru (cek di sini), sehingga tidak akan dibahas lagi dalam artikel kali. Sesuai dengan judulnya, artikel kali ini sengaja “menggoda” Anda untuk memiliki cucak gadung. Makanya, sengaja hanya saya tampilkan video, audio, dan galeri gambar saja.

Beberapa gambar dan audio merupakan kiriman Om Fickar Zoe. Adapun kiriman video belum sempat termuat, karena terlalu besar ukurannya (28 MB) dan burung yang disyuting juga sedang mabung sehingga tidak tega menampilkannya (maaf ya Om Fickar). Namun, dalam kondisi mabung pun, cucak gadung ternyata masih bisa mengeluarkan suara yang bagus.

Meski belum sepopular kelompok leafbird lainnya, sudah banyak juga sobat kicaumania yang telah mengoleksinya.  Jika sudah jadi, burung ini sangat gacor dan dapat dijadikan masteran bagi cucak hijau. Bahkan, belakangan ini muncul tren burung master berukuran besar untuk murai batu. Dan, cucak gadung yang panjang tubuhnya sekitar 25 cm pun menjadi salah satu pilihan.

Galeri gambar cucak gadung

Warna bulu kombinasi hitam dan biru membuat penampilan cucak gadung terlihat elegan.

Warna bulu kombinasi hitam dan biru membuat penampilan cucak gadung terlihat elegan.

cucak-gadung5 cucak-gadung6
cucak-gadung7 kacembang gadung
Penampilan cucak gadung betina jauh berbeda dari burung jantan.

Penampilan cucak gadung betina jauh berbeda dari burung jantan.

Burung betina asyik menyantap ulat.

Meski penampilan berbeda, burung betina tetap terlihat cantik.

Cucak gadung muda memiliki penampilan mirip burung betina dewasa.

Cucak gadung muda memiliki penampilan mirip burung betina dewasa.

Video cucak gadung

Berikut ini beberapa video mengenai cucak gadung yang pernah diupload di youtube:

Audio cucak gadung

Nah, kalau yang ini, Anda bisa mengunduh suara cucak gadung yang rata-rata sudah gacor, termasuk audio kirim Om Fickar Zoe. Silakan pencet Play terlebih dulu, untuk mendengar ocehan cucak gadung. Jika tertarik untuk dijadikan masteran, tinggal didownload.

  • Suara cucak gadung (3) - kiriman Om Fickar Zoe —> DOWLOAD

Bagaimana? Tertarik untuk memeliharanya? Atau justru ingin menangkarnya, ketika belum banyak kicaumania yang melakukannya. Tunggu artikel kelanjutannya mengenai penangkaran cucak gadung.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 5 comments

  1. rudi

    aq punya yg betina, baru beli 100k, cerewet nya minta ampun, kalo malem gak di kerodong bunyi terus, di tunggu artikel tentang penangkaran nya

Komentar ditutup.