Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Mengatur extra fooding untuk murai batu lomba yang sedang mabung

Lama mabung yang dialami seekor murai batu (MB) bervariasi, tetapi rata-rata 3 – 5 bulan. Banyak metode yang dapat dilakukan dalam pengaturan pakan, khususnya extra fooding (EF), untuk murai batu yang sedang mabung. Tips kali ini mengenai cara Om Dian, perawat murai batu khusus lomba, dalam mengatur EF ketika murai batu yang biasa dilombakan mabung. Semoga bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda jika suatu saat MB yang biasa dilombakan memasuki masa mabung.

Murai batu membutuhkan pakan berprotein tinggi selama mabung.

Murai batu membutuhkan pakan berprotein tinggi selama mabung.

Om Dian merupakan perawat murai batu yang cukup dikenal di daerah Blitar. Saat ini dia dipercaya merawat murai batu Satu Jiwa milik Mr Wahyudi di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Karena masa mabung berlangsung cukup lama, maka banyak kemungkinan yang bisa terjadi, dan itu sangat tergantung dari perawatan selama burung menjalani proses alami tersebut. Sebagian burung lomba bisa memiliki performa sebaik sebelum masa mabung, bahkan ada juga yang suaranya makin kristal. Namun, sebagian lagi justru mengalami penurunan performa, bahkan sampai macet bunyi.

Berbeda dari perawatan MB mabung yang dilakukan sebagian kicaumania, Om Dian sama sekali tak memandikan burung selama masa mabung tersebut. Tujuannya agar proses pergantian bulu lebih aman, karena dikhawatirkan air yang masuk melalui pori-pori kulit bisa mempengaruhi metabolisme tubuh burung pada masa mabung. Sangkar tetap full kerodong, namun seminggu sekali kerodong dibuka untuk membersihkan kotoran di dasar sangkar.

Untuk mempertahankan kualitas suara, Om Dian biasa memberikan kroto dalam jumlah tak terbatas (ad libitum). Artinya, burung berkesempatan menyantap kroto kapan pun dia mau. Untuk itu, stok kroto harus selalu disiapkan dan selalu dalam keadaan segar dan bersih.

Fungsi kroto yang diberikan secara ad libitum ini untuk mempertahankan kondisi birahi murai batu, agar tidak terlalu drop saat mabung. Inilah kunci utama, mengapa burung-burung lomba umumnya tetap memiliki performa suara yang bagus, bahkan makin bertambah bagus.

Kroto merupakan bahan pakan berprotein tinggi. Burung mabung membutuhkan protein tinggi, karena 90% bahan yang digunakan untuk pertumbuhan bulu baru berasal dari keratin, salah satu jenis protein. Selain itu, pada burung mabung, total protein yang dikonsumsi per hari akan dicurahkan untuk segala hal yang berkaitan dengan proses molting. Selebihnya untuk menunjang fungsi tubuh lainnya.

“Namun voer juga tetap selalu tersedia, jangan sampai terlambat. Dengan demikian, murai batu yang sedang mabung berkesempatan memilih jenis pakan yang disukainya. Air minum juga mesti dijaga kebersihan dan higienitasnya,” kata Om Dian.

Nah, selain voer dan kroto, yang tidak kalah penting adalah menyetel kebutuhan jangkrik. Selama ini, dia memberikan 5 ekor jangkrik di pagi hari, kemudian 5 ekor lagi pada sore hari, untuk burung yang mabung.

Yang menjadi persoalan, pemberian kroto terkadang akan berdampak pada peningkatan birahi MB. Tetapi kalau kroto tidak diberikan full,  biasanya akan mempengaruhi kualitas suara pasca-mabung. Karena itulah, Om Dian tetap memberikan kroto secara tak terbatas, namun diimbangi dengan menu ulat kandang secukupnya.

“Pasokan ulat kandang tidak bisa dihentikan. Sebab saat mabung, menunya full kroto dan jangkrik. Pemberian kroto yang full sepanjang hari tentu membuat birahinya meningkat. Untuk meredamnya harus diberi ulat kandang,” ujarnya, seperti dikutip Tabloid Agrobur.

Dengan setelan kroto, jangkrik, dan ulat kandang seperti itulah, murai batu lomba yang dirawat Om Dian rata-rata bisa kembali ke top form, beberapa minggu setelah mabung.

Catatan Om Kicau

Dalam beberapa kasus, pemberian ulat kandang pada murai batu yang mabung dapat menyebabkan suara burung menjadi serak. Ciri MB yang serak antara lain:

  • Suara tidak mengkristal dan pecah.
  • Nafas burung terlihat tersengal-sengal.
  • Lubang hidung (nares) tersumbat oleh lendir yang mengering.

Namun sebagian perawat tetap menggunakan ulat kandang untuk menstabilkan kerja murai batu, sebagai konsekuensi logis dari pemberian kroto secara tak terbatas. Karena itu, sebagai langkah pencegahan, Anda bisa menggunakan BirdMolt-Pre pada saat burung ngurak hingga ambrol, dan BirdMolt-Post saat mulai tumbuh tunas batu hingga selesai mabung.

Bagi Anda yang tidak menggunakan terapi BirdMolt-Pre maupun BirdMolt-Post, kemudian suara murai batu menjadi serak, solusinya yang dianjurkan adalah mengobati gangguan pernafasannya. Sebab, jika tidak, burung akan mengalami penurunan performa suara selepas mabung, sebagaimana sering dikeluhkan para MB mania selama ini. Untuk pengobatan burung serak maupun gangguan pernafasan lainnya, silakan cek di sini.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

11 Comments »

  1. mf om numpang tanya MB q lg mabung bulu ekor tinggal 2 yg putih dong dn dah mulai numbuh bulu baru.pertanyaan seharusny d kasih BirdMolt Post.brhubung dana gada but belinya dn jg susah d dapet d daerah q,q cmn punya BirdVit,apakah boleh d kasih BirdVit atau jgn.

    Suka

  2. numpang tanya om,, MB ane mulai rontok bulu halus tapi malah ga napsu makan dan berak air + sama skali ga bunyi, awalnya bunyi ngban-ngban doang ga pernah gaco rom, apakah itu pertanda burung mulai masuk masa mabung om,,?? mohon petunjuk,,,,,

    Suka

  3. Om, mau nanya : saya ada MB lepas trotol usia 8bln, smua sdh ganti buli dewasa kecuali bulu ekor msh bulu trotol blm ada yg rontok 1 pun, rawatan kroto 1 sdk makan pagi+ jangkrik 5 – sore jangkrik 5, bagaimana rawatannya agar bulu ekor cpt lepas?

    Suka

    • Bulu ekor memang paling akhir, biasanya setelah bulu sayap lama tinggal 1-2 ekor. Bulu sayap lama ini belum akan jatuh sebelum bulu ekor tumbuh sempurna. Karena sudah memasuki tahap akhir, coba diberi asupan BirdMolt-Post. Semoga bisa teratasi masalahnya.

      Suka

  4. Misi om ane mau nanyani mb ane blu nya udah pda tua terutama sayap dan ekor sempat rontok dikit nulu alus nya tapi macet lg udh lama kenapa y om kalo bunyi nonstop dan suara di atas rata2 mohon penjelasannya,
    Pkan,jangkrik 5/5,kroto 1 sendok makan pagi,mandi 2 hari sekali,
    Ane asal tanjung pinang,maksih y om,,,,

    Suka

    • Mabung terakhir kapan, Om. Kalau sekadar rontok bulu halus, suara masih bagus, jarak mabung terakhir belum ada 10-12 bulan, saya kira nggak masalah. Terkadang stres bisa membuat bulu halus rontok. Tapi kalau suara masih di atas rata-rata, jelas mb nggak stres dong.

      Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.088 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: