Pemanfaatan lahan untuk kandang aviary

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Terkadang kita sering terjebak dalam memaknai lahan kosong. Akibatnya, keinginan untuk membangun kandang burung batal hanya karena pemahaman yang keliru. Lahan kosong bukan sekadar tanah yang ada di depan, belakang, atau samping rumah. Lahan kosong bisa juga ruang terbuka atau semi-terbuka di lantai dua, lantai tiga, dan seterusnya. Apapun kondisinya, Anda pun bisa memanfaatkan lahan kosong ini untuk membangun kandang aviary, baik untuk penangkaran atau sekadar memelihara burung kesayangan di rumah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kandang aviary yang dibangun pun bisa berukuran luas, sedang, atau kecil-kecilan, sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kandang bisa diisi dengan berbagai jenis burung finch dan kenari, atau burung kicauan lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

Kalau memelihara kenari atau finch, diusahakan minimal ada dua ekor berbeda jenis kelamin untuk setiap jenisnya. Biarkan mereka berjodoh sendiri. Boleh juga memasukkan burung yang sudah berpasangan. Selain indah dipandang, karena masing-masing burung memiliki warna berbeda, peluang menghasilkan anakan dari perkawinan silang pun menjadi sangat terbuka.

Sudah banyak sobat kicaumania yang berkreasi dalam membangun kandang aviary, yang diisi aneka jenis burung finch. Salah seorang di antaranya adalah Om Jimmy Kuncoro Wardana, yang membagi pengalamannya di forum kicaumania.or.id. Untuk penghijauan di lokasi kandang, Om Jimmy menggunakan aneka jenis tanaman pot yang ditempatkan di dalam kandang aviary.

“Selain untuk penghijauan, tanaman ini sekaligus berfungsi sebagai area privasi bagi burung atau tempat bercengkerama bagi burung-burung yang ada di dalamnya, sekaligus sebagai tempat berteduh dan bertengger,” tutur Om Jimmy.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak beberapa gambar yang diupload Om Jimmy berikut ini. Siapa tahu hal ini menjadi inspirasi bagi Anda yang kebetulan berniat membangun kandang aviary.

 KANDANG AVIARY OM JIMMY

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

BENTUK KANDANG AVIARY DAN TANAMAN POT DIDALAMNYA
Cermati bentuk kandang aviary dan penempatan tanaman pot di dalam kandang.
PENEMPATAN KOTAK SARANG
Penempatan kotak sarang

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

BERBAGAI MACAM BURUNG BISA DIMASUKAN KEDALAM KANDANG AVIARY INI
Berbagai jenis burung bisa dimasukkan dalam kandang aviary.
MESKIPUN SUDAH DIPASANG BOX SARANG TETAPI ADA SAJA YANG BERSARANG DIANTARA TANAMAN
Meski disediakan kotak sarang, terkadang ada burung yang bersarang di semak tanaman.

Oke? Tertarik untuk membuatnya ? Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kicaumania di Indonesia.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.