Seniman California bikin sarang burung raksasa untuk tempat tinggal manusia

Benarkah setiap seniman mesti nyentrik? Sebenarnya tidak juga! Artikel ini sekadar selingan, namun sekaligus untuk menunjukkan betapa kehidupan burung sering memenuhi imaji manusia. Setidaknya hal ini dibuktikan melalui karya seni Jayson Fann, seniman asal California (AS), yang mendesain serta membangun sarang burung raksasa sebagai tempat tinggal atau tempat tidur manusia. Karyanya ini bukan untuk dia tempati bersama keluarga, melainkan dijual kepada siapapun yang berminat. Aneh ! Ada yang berminat?

Ya, secara tidak sengaja saya membaca sebuah lansiran dari Mbah Google, dan mendapatkan berita seperti ini. Setelah dilacak, ternyata sebagian info bersumber dari akun facebook Jayson Fann. Tetapi sebagian lagi berasal dari sebuah website seni-budaya Big Sur Spirit Garden: sebuah pusat seni dan budaya yang berlokasi di Lembah Big Sur, yang terletak di antara Gunung Santa Lucia dan Samudera Pasifik.

Produk rumah unik ini bernama Spirit Nests, tersedia dalam beragam model dan kapasitas penghuni, tetapi semuanya  berbentuk sarang burung yang dirancang Jayson Fann. Harganya bervariasi, mulai dari 4.000 hingga 20.000 dolar AS, atau sekitar Rp 39 juta – Rp 196 juta. Seluruh uang hasil penjualan digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan Big Sur Spirit Garden.

Berikut ini beberapa model rumah unik dengan model sarang burung raksasa. Sumber gambar dari facebooknya Jayson Fann dan website Big Sur Spirit Garden :

Beberapa model rumah sarang burung raksasa.

Beberapa model rumah sarang burung raksasa.

Mengapa Fann membuat desain rumah seperti itu? Menurut dia, tujuannya agar seseorang bisa ikut merasakan bagaimana tidur seperti burung (he..he..he.., padahal sarang bukan untuk tempat tidur, melainkan sebagai tempat bertelur, mengerami telur, dan mengasuh piyikan).

Sarang raksasa ini dibuatnya dari cabang-cabang pohon eucalyptus yang diambil dari hutan. Selain dijual di website, kita juga berkesempatan menginap di sarang burung ini, yang terbuka untuk umum di Resort Treebones, Pantai Big Sur.

Namun, kalau dilihat secara keseluruhan, sebenarnya sarang raksasa ini tidak bisa dikatakan sebagai tempat tinggal, melainkan tempat tidur. Selain tak ada air, bangunan ini sama sekali tidak dilengkapi fasilitas rumah lainnya, kecuali hanya tempat tidur.

Bahkan, jika hujan turun, Anda terpaksa harus memakai jas hujan agar tidak kebasahan karena atap yang bocor. Maklum, hanya terbuat dari rangkaian cabang, tanpa dilakukan penambalan dalam ujud apapun. Sarang raksasa ini bisa dihuni 6 – 12 orang.

Menurut Fann, seperti ditulisnya dalam website Big Sur Spirit Garden, sarang itu hanya terbuat dari cabang pohon. “Saya memiliki rasa hormat terhadap pohon. Jadi, yang saya gunakan hanya cabang, bukan batangnya. Saya pun memotongnya dengan hati-hati untuk memastikan bahwa pohon-pohon itu tidak rusak,” ujarnya.

Cabang-cabang terbaik diperolehnya dari bagian atas pohon, karena dianggap jauh lebih matang dan lebih kuat daripada bagian tengah maupun bawah. Setelah cabang dipangkas, dia membuang semua daunnya. Cabang-cabang kemudian dipindahkan ke lokasi yang aman, ditata sesuai dengan ukuran, lalu diikat dengan menggunakan pola spiral yang dirancang untuk integritas struktural dan estetika.

Setelah mencapai ukuran tertentu, sarang diangkut ke lokasi tujuan dan ditempatkan di atas tanah yang kuat, dengan bantuan mobil derek. Fann menambahkan sentuhan terakhirnya dengan menata interior kasur dan tangga untuk akses menuju sarang.

Bagi yang penasaran, silakan lihat tayangan video berikut ini :

Just sharing !!!

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There is one comment

Komentar ditutup.