Usai mabung, kacer Senpi langsung juara

Nama Andre Sutanto alias Andre Obelix sudah tidak asing lagi bagi para pemain kacer. Pria asal Jambi ini dikenal sebagai pengorbit kacer tingkat nasional, dengan melahirkan beberapa jawara seperti Charly, Kubu, dan Senpi. Jago yang disebut terakhir, Senpi, bahkan mencetak hattrick di even Bakung Cup III, 25 November lalu. Tetapi setelah itu, burung tersebut mabung. Senpi baru turun kembali di Taman Asoka Jambi, Minggu (31/3) siang ini, dan langsung juara 1.

Senpi: Stabil di tangkringan, kepala selalu menghadap langit, dan buka paruh lebar-lebar.

Senpi: Stabil di tangkringan, kepala menghadap langit, buka paruh lebar-lebar. (Foto: Kelana Lana)

Dalam even tersebut, Senpi tampil sangat nagen. Ia berdiri di atas tangkringan dengan stabil, sambil terus mendongakkan kepala, dan membuka lebar-lebar paruhnya sambil terus berkicau. Volumenya tebal dan dahsyat, lagu-lagunya kasar dan variatif, dengan kombinasi isian lovebird, cucak jenggot, dan burung gereja tarung.

Tidak mengherankan jika Andre Sutanto puas dengan performa baru Senpi, yang menurutnya justru lebih baik daripada sebelum mabung, termasuk saat meraih tiga gelar juara 1 dalam even Bakung Cup III. “Kepuasan saya justru pada perbaikan performa suaranya. Jika kemudian Senpi diganjar juara 1 di Taman Asoka Jambi, hari ini, itu bonus tambahan bagi saya pribadi,” ungkap Andre kepada Om Kelana Lana yang melaporkannya untuk omkicau.com.

Penampilan Senpi membuat peserta lain di kelas kacer bisa memaklumi kenapa juri memilihnya sebagai yang terbaik. Para penonton pun terkagum-kagum dengan aksi Senpi saat berlaga, yang sepertinya merasa sebagai penguasa wilayah teritorial di Taman Asoka.

Dua kru mendampingi Senpi usai juara di Taman Asoka Jambi, hari ini.

Dua kru mendampingi Senpi usai juara di Taman Asoka Jambi, hari ini. (Foto: Kelana Lana)

Perawatan harian dan perawatan lomba

ANDRE OBELIX (FOTO: KELANA LANA)

Andre Sutanto (Foto: Kelana Lana)

Perawatan harian terhadap Senpi tidak jauh berbeda dari cara Andre merawat Charly (saat ini Charly sudah ditake-over salah seorang kolega Andre). Misalnya, penjemuran mulai pukul 07.00 hingga 11.00. Setelah itu diangin-anginkan sebentar, kemudian dikerodong. Sore hari dimasukkan ke kandang umbaran, meski hanya sebentar.

Selama berada di kandang umbaran sepanjang  6 meter, burung disuruh terbang bolak-balik sebanyak 200 kali. Namun, 3 hari menjelang lomba, burung tidak lagi menjalani latihan fisik. Setelan extra fooding (EF) menjelang lomba juga ditingkatkan sekitar 20% dari porsi harian, yang terdiri atas jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.

Menurut Andre, Senpi layak disebut pengganti Charly. Andre bahkan siap menerjunkan Senpi ke Liga BnR Sumatera Seri II di Lubuk Linggau, 21 April mendatang. Sepekan sebelumnya, 14 April 2013, Senpi akan diturunkan pula dalam Lomba Burung Berkicau Pekan Nusantara Saiyo Award di Kota Padang Panjang.

Kita tunggu saja bagaimana penampilan Senpi di kedua even tersebut.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There is one comment

Komentar ditutup.