Kacer Satria Dewa selalu stabil, meski perawatan sederhana dan irit

Minggu, tanggal 7 April lalu, menjadi salah satu hari yang mengesankan bagi Om Jimmy DS. Bagaimana tidak? Kacer jagoannya, Satria Dewa (SD), mampu unjuk gigi dalam even besar, tingkat nasional, dan diikuti sejumlah kacer papan atas di Indonesia. Ya, dalam even 168 Cup 2 di Semarang, SD turun tiga kali dan selalu stabil sejak awal hingga akhir lomba. Alhasil, Satria Dewa pun sukses mencetak hattrick dalam even tersebut, dan membuktikan diri sebagai salah satu kacer terbaik di Tanah Air.

Satria Dewa in action

Satria Dewa in action

Memenangi dua gelar juara atau lebih dalam satu lomba bukanlah hal baru bagi Satria Dewa. Mencetak hattrick juara 1, sebagaimana di super-even 168 Cup 2, juga sudah biasa didapatnya. Bahkan SD sudah menjuarai even-even yang digelar semua EO, mulai dari PBI, BnR, EO independen dari yang kecil hingga besar. Kacer jawara ini juga pernah berlaga dan juara di semua blok: barat, tengah, dan timur.

“Saya memang sengaja menurunkan SD di semua EO, dengan platform juri yang berbeda, dengan bekal pakem yang mungkin tidak sama persis. Nyatanya, Satria Dewa tetap bisa menjadi yang terbaik,” ujar Om Jimmy, tanpa bisa menyembunyikan rasa bangganya.

Saat menang di 168 Cup 2, Satria Dewa juga tampil tetap sebelumnya, didandani apa adanya, dan tetap menggunakan sangkar kotak harian yang sederhana. “Seperti jawaban saya atas pertanyaan sejumlah pembaca di omkicau.com, Satria Dewa tidak pilih-pilih sangkar. Sekalian juga ingin menguji apakah juri hanya menilai burung dari sangkar dan menghafal pemiliknya, atau melihat materi dan kualitas burung,” imbuh Om Jimmy.

Perawatan sederhana dan irit

Om Jimmy DS Surabaya

Om Jimmy DS

Soal perawatan Satria Dewa, Om Jimmy mengaku tidak terlalu kesulitan. Bahkan perawatannya relatif sederhana, sekaligus irit. Setiap hari hanya diberi 3 ekor jangkrik di pagi, kemudian sore hari diberikan lagi 3 ekor jangkrik.

Mandi dilakukan sekali dalam sehari, hanya pagi hari, kemudian dijemur secukupnya. Untuk relaksasi, Om Jimmy juga memasukkan Satria Dewa ke ke kandang tenggaran atau umbaran. Jika burung dalam kondisi fit, dia akan menurunkan Satria Dewa ke even bergengsi lainnya, yaitu Piala Raja di Jogja, tanggal 9 Juni mendatang. (Waca Jogja)

 

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

3 pemikiran pada “Kacer Satria Dewa selalu stabil, meski perawatan sederhana dan irit

  1. Penampilan satria dewa kemarin di acara singo edan di cup di Malang dengan sangkar Bnr.. menurut saya penampilan pertama cukup memukau dan mendapat koncer A, akan tetapi pada penampilan kedua, SD kurang greget dan ekor tidak main.. Akan tetapi masih mendapt koncer A.. Saya bingung dengan pakem juri2 saat ini..

  2. kacer satria dewa dan satria muda smoga bsa membuka mata para juri. karena slama ini di latberan daerah sulit sekali menang tipe kacer dgn gaya nagen spt ini. dipandang sblh mata di anggap gk punya gaya.. pdhal justru itulah dagsatnya kacer dgn full power n nagen.. congratulation..

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s