Cegah panik: Pahami siklus tahunan harga lovebird dan burung lain

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Om Yulianto Solo Baru mengaku mendapat banyak sekali SMS yang mempertanyakan kondisi harga lovebird di Solo yang selama ini dianggap sebagai salah satu barometer harga burung nasional. Barometer tentu bukan patokan utama, sebab harga burung atau khususnya lovebird di Solo sendiri juga tergantung kondisi dan trend lokal yang mungkin berbeda dengan kondisi dan trend di kota lain. Pertanyaan bermunculan berkaitan dengan artikel “Harga burung di Solo April 2013: Lovebird kepala mas dan kenari kecil jadi buruan“.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Yuli Solo BaruPada umumnya para penangkar dan penghobi lovebird mempertanyakan kebenaran isu bahwa harga burung lovebird akan cenderung turun dan akan drop sebagaimana pernah terjadi pada beberapa tahun silam. Dalam kaitan ini Om Yuli mengatakan bahwa di luar masalah isu flu burung atau isu yang berada di luar kontrol penghobi hurung, sebenarnya ada siklus tahunan harga burung, termasuk burung lovebird.

“Banyak yang bertanya, kalau harga burung lovebird pada April 2013 ada kecenderungan naik berdasar kondisi harga awal tahun, mengapa sebagian besar pedagang burung membatasi pembelian burung, termasuk lovebird, untuk stok misalnya. Nah ini memang perlu penjelasan, khususnya penjelasan mengenai adanya siklus tahunan harga burung,” kata Om Yuli yang pernah selama beberapa tahun membuka kios burung di Pasar Depok dan kini memilih untuk beraktivitas breeding dan berdagang burung di rumahnya di Solo Baru ini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dijelaskan, pada bulan-bulan tahun ajaran baru dan atau 2-3 bulan menjelang Lebaran, ada kecenderungan pedagang burung di pasar tidak mau menambah stok burung dalam jumlah banyak karena tidak lama kemudian akan memasuki masa “sibuk moneter” di mana orang lebih memprioritaskan membelanjakan uangnya untuk keperluan anak sekolah dan keperluan Lebaran.

“Bahkan pada hari-hari selama dua pekan sebelum Lebaran sampai tiga pekan setelah Lebaran, pedagang pasar seperti di Pasar Depok Solo biasanya menyetop sama sekali pembelian burung. Hal itu disebabkan mereka tidak mau terlalu repot dengan banyak stok burung ketika mereka harus bersibuk ria dengan Lebaran, dan pada saat yang sama pasar burung di beberapa lokasi di Jakarta yang selama ini banyak menyerap burung dari Depok, juga menghentikan pembelian.”

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Saat ini pedagang mulai mengurangi stok

Jadi, menurut Om Yuli, sangat bisa dipahami apabila saat ini para pedagang burung di pasar banyak mengeluarkan stok burung, termasuk lovebird, dari gudang mereka dan pada saat yang sama membatasi pembelian. “Namun hal ini tidak bisa disebut sebagai pertanda bahwa harga burung lovebird akan turun apalagi bakal terjun bebas. Ini adalah bagian dari siklus harga burung yang memang demikian kecenderungannya dari tahun ke tahun.”

Berkaitan dengan itu pula, Om Yuli mengingatkan para penangkar lovebird bisa menahan diri untuk tidak terbawa isu. “Jika Anda ingin menjual burung lovebird dengan pertimbangan keperluan keuangan menjelang Lebaran, ya jual saja saat ini dengan melihat kondisi harga burung di pasaran. Jangan sampai Anda tidak memahami siklus harga burung dan terkaget-kaget ketika tidak ada pedagang yang tidak mau menerima burung lovebird yang Anda tawarkan ketika waktunya sudah sangat mendekati Lebaran. Tanpa memahami siklus harga burung, bisa jadi Anda akan panik jika menemukan fakta bahwa burung Anda tidak ‘laku” di pasaran ketika Anda coba jual.”

Pergerakan tahun ini akan lebih terasa

Siklus tahunan harga burung di pasaran, pada tahun ini diperkirakan akan menunjukkan grafik yang tajam mengingat masa-masa tahun ajaran baru hampir berbarengan dengan masuknya bulan Puasa disusul dengan Lebaran. Artinya, keperluan masyarakat secara umum termasuk penangkar/pemilik burung lovebird akan uang bagi keperluan pembiayaan sekolah dan Lebaran muncul berbarengan. Pada saat berbarengan pula mereka ingin melepas stok burung mereka.

“Hal ini tentunya bisa menyebabkan harga burung turun secara tajam. Namun momen ini akan sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki cadangan modal untuk memborong burung dan menahannya untuk ditangkar atau dijual pada masa-masa setelah Lebaran.”

Singkat kata, kalau ada kecenderungan pasar menolak pasok burung termasuk burung lovebird dengan kemungkinan besar menyebabkan harga burung turun, hal itu adalah bagian dari siklus tahunan harga burung. Tidak perlu cemas apalagi panik. Semua akan kembali seperti sediakala.

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

9 Comments

  1. sdh bnyak contoh dan pengalaman dr yg sdh2, smua jg permainan org2 berduit. tinggal kmbali ke kita nya saja yg hrs pandai menyiasati ny dgn bijak. booming arti ny sdh psti harga ny jg jd jat jut jat jut nyut…

  2. semua harga burung tidak bisa bertahan naik secara terus menerus semua ada klimaksnya dan ada waktunya harga kembali normal itu semua hukum alam apalagi sekarang peternak lovebird sudah menjamur orang berlomba2 untuk beternak love bird sudah banyak contoh riil yang terjadi contoh ikan lohan, bunga gelombang cinta, ayam ketawa dulu harganya selangit tapi seiring perjalanan waktu skrg malah tidak laku jika benar2 penghobi burung mungkin anda tidak mempermasalahkan masalah kenaikan harga namun jika anda pebisnis itu lain hal anda harus mengikuti trends dari waktu ke waktu. silahkan pertimbangkan untuk diri anda sendiri anda type yang mana??

  3. Info yg sangat cerdas, menarik dan bermanfaat bagi penangkar, pembeli serta hobies.
    Salut deh buat Om Duto, artikelnya selalu menarik dan bermanfaat.
    Salam

  4. om saya mo tnya,,,
    -saya punya spsang labet,,lgi bertelur..tiba2 yg jntan hilang trbang,,tnggal yg betina ttapi msih mo mngerami,,kira2 bisa g ya om telurx mntas,,dan apkah ada dampak lain bgi sibetina

  5. om kicau, saya masih bingung dimana bagusnya love bird bila dibandingkan burung ocehan lainnya? suaranya monoton tidak ada nadanya.. lalu apa bedanya love bird sama parkit ??
    saya rasa harga love bird diatas 1 jt itu gak masuk akal jika dibandingkan dengan harga segitu bisa dapat burung yang lebih bagus nyayiannya seperti cucak ijo, kacer, murai, robin.

    • Love bird dengan parkit jelas beda,,, parkit itu jenis fauna lokal, sedangkan lovebird termasuk fauna import, yang asal nya dari Belanda, saya sudah menekuni budi daya Love Bird sejak tahun 2005, harga love bird juga tidak langsung melonjak tajam, semua nya ada siklus nya,,, banyak ko’ yang burung lovebird sudah di jadikan lomba burung kicau,,, sebaik anda sering” baca buku tentang asal muasal burung tsb.
      and yang jelas hoby tidak bisa di ukur dengan materi,, tp hoby bisa menghasil kan materi. Thanks,,,

Komentar ditutup.