Kicaumania Cup 2013 di Jakarta (2 Juni): Juara 1 Kelas Murai Batu Rp 25 Juta

Setelah sukses menggelar even Duta KM Cup II di Lapangan MM Cakung Bekasi, 27 Januari lalu, organisasi Kicau Mania yang dikomandani Om Yogi Prayogi kembali akan menggelar Lomba Burung Kicaumania Cup 2013 di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu, tanggal 2 Juni mendatang. Even ini digelar dalam rangka HUT Ke-7 Kicau Mania , sekaligus ajang silaturahmi antar-kicaumania di seluruh Indonesia. Bagi yang berminat bisa mengunduh brosurnya di halaman Brosur Lomba Burung.

Menurut Ketua Panitia Lomba, Budi Topan, lomba kali ini kami menggunakan juri-juri BnR. Selama ini Kicau Mania sudah sering menggunakan juri-juri independen. Karena Kicau Mania bersifat netral dan tak berafiliasi dengan EO manapun, kali ini ingin menggunakan juri BnR.

Panitia membuka enam kelas, yaitu http://www.kicaumania.or.id, Forum KM, Online Store, Jatijajar, Ebod Vit, dan E-Bodre. Ada lagi tambahan kelas khusus yang hanya melombakan branjangan. Tiketnya pun disediakan gratis.

Dijelaskan, kelas http://www.kicaumania.or.id merupakan kelas utama dan hanya melombakan murai batu saja. Tiket dibanderol Rp 1 juta, dan juara 1 berhak memperoleh hadiah uang Rp 20 juta plus bonus Rp 5 juta. Kelas ini diperkirakan akan berjalan seru, apalagi digelar di Jakarta di mana kelas MB masih jadi kelas paling bergengsi di kawasan Jabodetabek.

Kelas berikutnya adalah Forum KM, yang melombakan murai batu, kacer, dan lovebird. Harga tiket Rp 500.000, dan juara 1 bisa membawa pulang hadiah uang Rp 7,5 juta plus bonus Rp 2,5 juta.

Sedangkan tiket Kelas Online Store (OLS) seharga Rp 300.000, di mana juara pertama akan mendapat hadiah Rp 3 juta plus bonus Rp 2 juta. Burung yang dilombakan terdiri atas murai batu, cucak hijau, dan anis merah.

Kelas Jatijajar melombakan jenis burung murai batu ring, anis merah, kacer, cucak jenggot, lovebird, kenari standard, kenari semi-isian, pleci, dan pentet. Juara pertama di kelas ini masing-masing bakal mendapat hadiah uang Rp 2 juta plus bonus Rp 1 juta. Tiket seharga Rp 200.000.

Adapun Kelas Ebod Vit terdiri atas anis kembang, cucak hijau, cucak jenggot, lovebird, kenari standard, dan ciblek biasa.  Dengan tiket seharga Rp 100.000, juara pertama berhak atas hadiah Rp 1 juta plus bonus Rp 500.000.

Tiket Kelas E-Bodre hanya Rp 50.000, yang akan melombakan anis merah, pleci, dan campuran / silangan impor. Juara pertama masing-masing akan mengantongi uang Rp 1 juta.

Di Kelas Khusus Branjangan, panitia tetap memberikan hadiah kepada tiga pemenang, meski tiket di kelas ini digratiskan. Juara 1 – 3 masing-masing memperoleh uang Rp 500.000, Rp 250.000, dan Rp 150.000.

Bagi yang berminat, silakan unduh brosurnya di halaman Brosur Lomba Burung. Klik link halaman tersebut, kemudian cari tulisan berjudul “Lomba Burung Berkicau Kicaumania Cup, Jakarta, 2 Juni 2013”. Setelah ketemu, klik hingga terbuka gambar brosur ukuran besar, lalu tekan mouse sebelah kanan dan arahkan ke Save As. Klik, dan simpan di komputer Anda.

Brosur Lomba Kicaumania Cup - 2 Juni 2013

Jika ada yang kurang jelas, Anda bisa kontak langsung beberapa panitia di bawah ini :

Ridho Renan –  0815 8624 22 99
Tony Music – 0812 938 77 33
Budi Topan – 0811 88 0359
Danang WV – 0811 16 33 43
Burhan KM – 0858 9057 888 7
Ivan Paris – 0812 181 91 408

Pemesanan tiket

  • Silakan SMS langsung ke Pak Imut (0812 907 2050), atau bisa juga pendaftaran online ke kicaumania.or.id.
  • Pendaftaran dianggap sah apabila dalam waktu 2 x 24 jam sudah mentransfer ke rekening a/n Theja Sanjaya BCA No. Rekening 5890112376

Peraturan Lomba Burung Kicaumania Cup 2013

  • Peserta dilarang berteriak, menyebut, memangil, bersiulan dan atau membunyikan peralatan apapun selama lomba berlangsung.
  • Peserta dilarang berteriak menyebut nomor gantangan dan memanggil nama juri, Korlap atau Panitia yang bertugas.
  • Peserta dilarang menyebut asal daerah, nama orang (Single Fighter), Bird Club (BC) , organisasi perburungan.
  • Peserta dilarang mengibarkan/mengibaskan kerodong burung atau melambaikan tangan.
  • Peserta dilarang naik dan atau meloncat pagar pembatas lomba.
Jika peserta melanggar salah satu dari lima poin di atas, maka :
  • Akan diberi peringatan pertama berupa Bendera Peringatan berwarna putih.
  • Burung peserta lomba yang telah mendapatkan bendera putih tidak berhak mendapatkan Koncer A, B, dan C.
  • Jika masih mengulang salah satu point 1 – 5, maka akan diberi Bendera Dis (Diskualifikasi) berwarna hitam, sebagai tanda sanksi diskualifikasi, sehingga tidak diperhitungkan lagi dalam lomba.
  • Peserta wajib menyerahkan struk yang telah diisi data lengkap pada saat masuk lapangan lomba ke petugas lapangan.
  • Hanya 1 (satu) orang: Pemilik burung atau Joki per setiap burung, yang diperbolehkan memasuki arena lomba.
  • Ada 2 option yang masih kita diskusikan lagi mana yang akan dipakai:
a. Lomba menggunakan lampu START :
  • Bila lampu HIJAU menyala, persiapan para joki dan burung di bawah gantangan masing-masing.
  • Bila lampu KUNING menyala, semua burung harus sudah digantangkan.
  • Bila lampu MERAH menyala, burung yang tidak digantangkan akan langusung diberi bendera DISKUALIFIKASI dan semua joki harus keluar Lapangan Lomba.
b. Batas waktu penggantungan burung dihitung mulai dari 0 s/d 10 :
  • Peserta yang menggantangkan burung setelah melewati hitungan ke-10 diberi Bendera Lambat berwarna pink.
  • Peserta yang mendapatkan Bendera Lambat, tidak berhak mendapatkan Koncer A, B, dan C.
  • Peserta lomba yang tidak mendapatkan Bendera Lambat, berhak mendapatkan Bendera Favorit A, B, dan C.
  • Penjurian dengan menggunakan Sistem Penjurian BnR serta juri BnR. Pihak KM akan menempatkan pengawas yang berkoordinasi dengan Tim Penjurian BnR (Pengawas, IP, Korlap BnR) apabila dirasa kurang fair, play dan objectif dalam hal penjurian.
  • Khusus untuk Kelas Gratis (Branjangan), akan menggunakan juri dari KM. Di Kelas Khusus ini, semua juri, panitia, serta pengurus KM yang terlibat boleh menurunlan burung branjangan, karena kelas ini hanya bersifat fun. Meski demikian, panitia tetap akan menilai burung terbaik. Lomba Khusus Branjangan dimulai tepat pukul 09.00.
  • Dilarang membawa burung masuk lapangan, selain burung yang dilombakan (ngecas burung di luar lapangan lomba).
  • Peserta dengan alasan apapun dilarang masuk ke dalam Lapangan Lomba saat Juri melakukan Penjurian.
  • Pengurus inti KM Pusat (ketua / waka, sekjen, bendahara, pengurus Lomba), semua panitia lomba, serta juri / korlap / IP  / Pengawas BnR di Lomba Kicaumania Cup 2013 dilarang menurunkan burungnya pada lomba ini.
  • Segala risiko berupa bencana alam, kehilangan dan sebagainya, menjadi tanggung jawab peserta. Panitia tidak bertanggung jawab.
  • Dengan alasan apapun, tiket yang sudah dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan lagi.
  • Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu-gugat.
  • Peserta yang mengikuti lomba ini dianggap telah menyetujui dan taat terhadap Peraturan Lomba Kicaumania Cup 2013.
  • Peraturan ini dapat berubah dan disesuaikan dengan kondisi di Lapangan Lomba.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 2 comments

Komentar ditutup.