Ragam mutasi warna pada burung parkit

Dalam riset yang diselenggarakan Burung Indonesia (2006), serta didukung Pelestari Burung Indonesia (PBI), Nielsen Survey Indonesia, Aksenta, Universitas Oxford, dan Darwin Initiative, parkit menempati peringkat ke-10 sebagai burung yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Jumlah penangkarnya juga lumayan banyak, karena parkit bisa dikelompokkan sebagai burung hias yang disukai berbagai kalangan: tua – muda dan lelaki – perempuan. Para penangkar pun berlomba-lomba mencetak anakan dengan variasi terbaru hasil mutasi warna.

Beberapa hasil mutasi warna pada parkit bisa dikelompokkan dalam lima kategori sebagai berikut :

  • Kategori Warna:
    Ini merupakan kategori mutasi paling umum dan mendasar, di mana warna-warna seperti putih, biru, biru tua, biru laut, kuning, hijau, hijau tua, dan hijau muda bisa didapatkan dengan mudah. Di pasaran, jenis parkit dengan warna seperti ini mudah didapatkan.
  • Kategori Popular :
    Mutasi dalam kategori popular memiliki corak warna yang menarik, misalnya opaline, clearwing, violet, grey, yellowface, dan spangle.
  • Kategori Dicari :
    Kategori ini merupakan hasil mutasi yang banyak dicari untuk dikembangbiakan. Misalnya lutino, albino, creamino dan double factor spangle. Warna mutasi jenis ini hanya memiliki hanya satu warna (tanpa warna belang) di bagian sayap. Ada lagi dominant pied yang memiliki 2-3 warna.
  • Kategori Langka :
    Parkit yang termasuk kategori langka merupakan hasil penyatuan dari beberapa mutasi. Misalnya terdapat 2-3 mutasi yang berbeda-beda dalam seekor parkit. Untuk menghasilkan parkit dengan corak dan warna langka ini dibutuhkan jam terbang yang lama serta pengetahuan yang luas dalam pemahaman genetika burung, khususnya parkit. Prosesnya pun bisa memakan waktu lama, misalnya 3-7 generasi. Parkit yang termasuk dalam kategori langka ini adalah lacewing, dark-eyed clear (DEC), dan rainbow.
  • Kategori sangat langka:
    Parktit kategori sangat langka merupakan hasil mutasi yang tidak bisa dilakukan sembarang orang, bahkan penangkar yang memahami ilmu genetika pun tidak semuanya bisa. Contohnya slate, blackface, clearbody, crested, half sider, antracite, mottled, fallow, dan saddleback.

KATEGORI WARNA

WARNA DASAR PARKIT

Parkit yang termasuk dalam kategori ini antara lain :

  1. Siri kuning : yang terdiri dari 3 warna hijau yaitu hijau, hijau muda dan hijau tua dengan belang disayap hitam.
  2. Siri putih : terdiri dari 3 warna yaitu biru laut, biru dan biru tua dengan belang disayap hitam.
  3. Kuning : seluruh tubuhnya berwarna kuning dengan belang putih terang atau sedikit warnanya seperti halnya Lacewing hanya saja perbedaan terletak pada corak warna dan matanya.
  4. Recessive Pied : Seluruh tubuhnya memiliki warna kuning atau putih tetapi ada tumpukan warna dibagian belakang antara sayap dan perutnya, serta tanda belang disekitar matanya dan diatas kepalanya.
  5. Greywing : Sama seperti halnya parkit yang berwarna Siri kuning maupun putih tetapu dengan belang yang berwarn keabu-abuan (kelabu).
  6. Cinnamon : Sama seperti halnya parkit yang berwarna Siri kuning maupun putih tetapu dengan belang yang berwarn kecoklatan.

KATEGORI POPULAR

sss

Kategori popular antara lain terdiri atas :

  1. Spangle : parkit yang memiliki belang warna hitam disayap yang terbalik atau warnanya lebih banyak putih pada bagian sayapnya dan hanya sedikit warna hitam pada ujung sayapnya.
  2. Clearwing : memiliki corak belang yang sangat jarang atau tidak ada sama sekali.
  3. Violet : seluruh tubuhnya berwarna ungu tetapi pada bagian sayapnya masih terdapat corak hitam.
  4. Grey : seluruh tubuhnya berwarna kelabu tetapi pada bagian sayapnya masih terdapat corak hitam.
  5. Yellowface : secara umum parit Siri putih ( warna biru ) akan memiliki wajah yang berwarna putih tetapi untuk mutasi jenis ini wajahnya akan berwarna kuning, sedangkan semua corak dan warnanya akan mengikui warna mutasi asal, perbedaannya terletak pada bagiak wajahnya yang berwarna kuning.

KATEGORI DICARI

12

Berikut ini hasil mutasi warna yang termasuk dalam kategori dicari  :

  1. Lutino : Secara keseluruhan warna ditubuhnya adalah kuning tanpa ada warna lain di sayapnya ataupun dikepalanya, ciri khas lutino adalah matanya yang berwarna merah dan kaki yang kemerahan.
  2. Albino : Secara keseluruhan warna ditubuhnya adalah putih tanpa ada warna lain di sayapnya ataupun dikepalanya, ciri khas lutino adalah matanya yang berwarna merah dan kaki yang kemerahan.
  3. Creamino : Seperti halnya Albino dan Lutino hanya saja perbedaannya terletak pada warna putih ditubuhnya terbalut lapisan tipis berwarna kekuningan dan akan lebih jelas pada bagian kepalanya.
  4. Double Factor Spangle : Seluruh tubuhnya adalah berwarna kuning mirip dengan Lutino dan tidak ada warna lain pada bagian sayap dan kepalanya. perbedaannya terletak pada warna matanya yang hitam yang semakin memudar apabila sudah berumur dewasa/tua.
  5. Dominant Pied : Parkit ini memiliki tumpukan warna yang banyak ditubuhnya terutama dibagian perut dan punggungnya, sehingga menjadikan parkit ini seolah memiliki 2 – 3 warna, namun parkit jenis ini sangat berbeda dengan jenis Rainbow.

KATEGORI LANGKA

s

Berikut ini beberapa mutasi warna parkit yang termasuk dalam kategori langka :

  1. Dark-Eyed Clear : yang merupakan gabungan dua jenis mutasi yaitu Recessive pied dan Clearflight Pied, yang mana warna keseluruhannya adalah berwarna dasar kuning atau putih,tidak adanya warna belang baik disayap maupun di kepalanya dengan mata yang berwarna hitam pekat.
  2. Lacewing : yang merupakan gabungan dua jenis mutasi yaitu Akbino/Lutino dengan Cinnamon. yang mana warna keseluruhannya adalah berwarna dasar putih atau kuning saja, tetapi memiliki warna / corak belang kecoklatan pada bagian sayapnya.dipasaran banyak beredar mutasi baru yang sering dianggap sebagai mutasi lacewing, yaitu mutasi warna kuning dimana mutasi ini memiliki warna dasar kuning di seluruh tubuhnya tetapi pada bagian sayapnya terdapat warna putih terang atau tidak jelas. banyak yang tertipu dengan mutasi jenis ini, dan hanya yang sudah ahlinya bisa membedakan mana Lacewing yang asli dan yang aspal ( asli tapi palsu ).
  3. Rainbow : Parkit dalam mutasi Rainbow ini memiliki gabungan 3 jenis mutasi yaitu Opaline, Clearwind dan Yellowface. parkit yang digunakan adalah yang memiliki warna dasar putih seperti biru, biru laut dan biru tua, untuk mendapatkan hasil mutasi rainbow ini dibutuhkan keahlian khusus dan juga kesabaran karena sedikitnya tiga generasi dibutuhkan untuk menghasilkan mutasi Rainbow ini.

KATEGORI SANGAT LANGKA

asd

Mutasi warna parkit yang termasuk sangat langka antara lain :

  1. Slate : Yang merupakan faktor penambah warna yang menghasilkan warna abu kebiruan dan hanya berlaku untuk burung yang memiliki warna dasar putih saja.
  2. Blackface : yang memiliki warna belang hitam di kepala hingga seluruh bagian wajah dan tubuhnya.
  3. Clearbody : Yang memiliki warna dasar kuning dan putih yang memudar dengan belang hitam disayap yang juga semakin keujung warnanya semakin memudar.
  4. Crested : Adalah suatu kondisi dimana bulu-bulu pada bagian atas kepalanya tumbuh secara ganjil yang menyebabkan bulu-bulu tersebut menjadi terbalik atau menjadi tegak.
  5. Half-Sider : burung yang membawa 2 set genetik yang berbeda, yang berari memiliki dua warna yang berbeda pada sisi kiri dan kanannya.
  6. Saddleback : memiliki warna belang abu-abu gelap pada bagian kepala dan juga bahu yang berangsur menjadi kehitaman pada bagian bawahnya sehingga kelihatan seperti mirip denan Opaline.
  7. Antracite : memiliki warna tubuh yang sangat kelabu atau juga kehitaman, dengan warna belang yang normal. alam mutasi ini diperlukan faktor pengganda untuk bisa terlihat menjadi antracite.
  8. Mottled : Burung menetas seperti biasanya, tetapi bulu akan berganti kepada warna dasar pada waktu mabung (ganti bulu) warna bulupun tumbuh dengan cara acak.
  9. Fallow : memiliki warna belang di bagian kepala, sayap dan ekor yang kecoklatan. warna tubuhnya akan semakin memudar hingga menunjukan warna dasarnya terutama pada bagian belakan diantara kedua sayapnya.

Itulah beberapa jenis mutasi yang bisa dikenali pada burung parkit, dan bisa dijadikan tambahan pengetahuan bagi Anda yang sedang atau ingin mencoba menangkar burung ini.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 2 comments

Komentar ditutup.