Suara merbah kepala botak untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Untung saja burung merbah kepala botak atau bare-faced bulbul (Pycnonotus hualon) tidak dijumpai di Indonesia maupun negara lain, kecuali di Provinsi Savannakhet, Laos. Kalau ada di Indonesia, lalu dijadikan masteran bagi kicauan Anda di rumah, takutnya burung termaster malah tertawa (he.. he.. he…) melihat rupa burung tanpa rambut di kepalanya itu. Tetapi, sejatinya suara merbah kepala botak merdu juga. Sekilas terdengar mirip cililin, meski soal kerapatannya masih bagus cililin. Om Kicau pun menyediakan audio mp3 suara merbah kepala botak yang bisa Anda dengar dan download untuk masteran di rumah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Merbah kepala plontos Bare-faced Bulbul Pycnonotus hualon
Merbah kepala plontos  –  Bare-faced Bulbul (Pycnonotus hualon )

Penampilannya mirip dengan burung  trucukan, hanya saja kepalanya plontos. Burung ini ditemukan oleh ilmuwan dari Wildlife Conservation Society (WCS) dan Universitas Melbourne di Laos, tahun 2009. Selama ini para ornitolog sudah mengidentifikasi sekitar 130-an spesies burung dari keluarga cucak-cucakan (Pycnonotidae). Dan inilah penemuan pertama spesies burung dari keluarga tersebut dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Kebotakan yang terdapat pada kepala burung ini bukan disebabkan oleh kutu atau kondisi lainnya seperti yang sering dialami kenari betina yang sudah beberapa kali produksi. Kebotakan ini bersifat genetis, yang melekat pada spesies tersebut, sekaligus menjadi kekhasan burung merbah kepala botak. Pycnonotus hualon tercatat sebagai burung pengicau berkepala botak pertama yang ditemukan di daratan Asia.

Merbah kepala botak memiliki habitat di pepohonan dan hutan-hutan di daerah berbatu kapur di Provinsi Savannakhet, Laos. Lokasi ini memang dikenal dengan penemuan satwa-satwa yang tidak biasa. Beberapa tahun lalu, para ilmuwan juga berhasil menemukan spesies baru hewan pengerat, yaitu tikus batu yang disebut kha-nyou, dan seekor kelinci bergaris unik, di daerah yang sama.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung botak bersuara merdu
Meski plontos, merbah kepala botak memiliki kicauan merdu.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Lalu bagaimana dengan suara kicauannya ?

Meski kepalanya plontos, suara kicauan burung ini terdengar merdu. Sekilas mirip cililin, namun kerapatannya kurang. Nah, agar tidak penasaran, silakan dengar audio merbah kepala botak yang bisa digunakan untuk memaster burung peliharaan Anda di rumah:

DOWNLOAD

DOWNLOAD

Kedua audio di atas merupakan suara nyanyian asli merbah kepala botak di alam liar. Adapun khusus audio di bawah ini, Om Kicau sudah melakukan proses editing untuk untuk kemudahan dalam pemasteran:

DOWNLOAD

dan bisa menambah khazanah perburungan di berbagai belahan bumi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.