Membuat burung parkit gacor dan bisa menjadi masteran murai batu dan cendet

Popularitas burung parkit di Indonesia memang belum seheboh di Barat, khususnya Eropa, Australia, dan Amerika. Tetapi dibandingkan dengan beberapa tahun silam, jumlah penggemar parkit terus bertambah. Hal ini terlihat dari maraknya transaksi perdagangan parkit via online. Ada yang memeliharanya untuk dijadikan burung master, dan ada pula yang menangkarnya. Sebagaimana lovebird, burung parkit juga memiliki aneka warna yang membuka peluang untuk menciptakan varian warna baru hasil mutasi yang direncanakan.

imagesSelain bisa dilatih berbagai macam atraksi, parkit juga kerap digunakan untuk memaster burung lainnya. Suara parkit yang nyerecet dan terkadang penuh isian juga sangat digemari penggemar burung kicauan di Indonesia, khususnya untuk dijadikan masteran bagi murai batu, cendet, jalak suren, dan sebagainya.

Seperti halnya lovebird, parkit yang banyak dicari untuk dijadikan masteran haruslah rajin menyuarakan suara aslinya,  berupa cerecetan tajam. Tetapi kebanyakan suara asli burung parkit dilagukan dengan sangat pendek. Jika parkit memiliki suara asli yang panjang, bukan tidak mungkin harganya bisa lebih tinggi daripada harga parkit yang biasa-biasa saja.

Adapun yang biasa digunakan sebagai burung master adalah parkit betina, sebab suaranya cenderung masih asli. Parkit jantan lebih sering bersuara isian, apalagi jika dipelihara sejak lama.

Namun burung jantan juga bisa dijadikan sebagai masteran, jika suara asli yang dimilikinya lebih panjang daripada burung betina. Karena itulah, akan lebih baik jika Anda memelihara parkit jantan dan betina, yang dipelihara dalam  sangkar terpisah. Dengan demikian, mereka akan saling sahut-sahutan, dan hal ini bisa memancing suara aslinya agar lebih sering keluar.

Perawatan harian burung parkit

Agar burung parkit memiliki nafas panjang, sehingga suaranya menjadi lebih panjang, dibutuhkan perawatan konsisten setiap hari. Hal ini bisa dimulai dari pemberian pakan yang sesuai, yaitu biji-bijian seperti millet, dan buah atau sayuran segar. Buah yang bisa diberikan antara lain apel, pear, semangka, dan sebagainya. Sedangkan sayuran bisa berupa tauge, jagung muda, brokoli, bayam, kangkung, sawi, dan sayuran lain. Sediakan pula tulang sotong bisa disediakan untuk membantu pencernaannya.

Penjemuran bisa dilakukan setiap hari selama 2 – 3 jam, dan sebaiknya dilakukan sebelum pukul 10.00. Sedangkan kebutuhan mandi bagi parkit bisa dilakukan dengan cara disemprot maupun disediakan karamba mandi dalam sangkarnya.

Perawatan khusus agar parkit rajin bunyi

Selain perawatan harian, ada juga beberapa perawatan khusus agar parkit rajin bunyi. Perawatannya sama seperti perawayan harian, tapi ada perubahan dalam pemberian pakan. Berikut uraiannya :

  • Pakan bijian yang diberikan sama seperti yang biasa diberikan kepada lovebird.
  • Tambahkan garam beryodium sebanyak 1/4 sendok teh ke dalam air minumnya. Air minum harus diganti setiap hari.
  • Sayuran yang diberikan bersifat menambah birahi seperti tauge atau kangkung.
  • Buah yang diberikan bervariasi, yang dipotong kecil-kecil (semacam koktail), lalu dimasukkan ke wadah tersendiri (terpisah dari wadah pakan bijian).

Egg food untuk burung parkit

Sebagai variasi, Anda bisa memberikan menu egg food untuk burung parkit, yang bisa diberikan 2x dalam seminggu. Bahan bakunya hanya berupa telur rebus, wortel mentah (direbus juga boleh), dan brokoli.

Cara pembuatannya relatif mudah. Parut semua bahan tersebut, kemudian disatukan dalam wadah pakan. Hasil parutan bisa dicacah lagi dengan pisau hingga menjadi bagian yang kecil-kecil dan rata. Jika diperlukan, bisa ditambah dengan biji-bijian untuk merangsang parkit mau memakannya.

Bahan makanan yang sudah diparut

Bahan baku pembuatan egg food (kiri), dan hasil akhir yang sudah diparut (kanan).

Untuk hasil yang lebih maksimal, di mana burung parkit Anda akan selalu fit dan makin rajin bunyi, Anda bisa menaburkan BirdVit dan TestoBirdBooster / TBB (sesuai dosis) dan secara bergiliran, kemudian diaduk hingga rata. Seperti diketahui, produk TBB ini mampu meningkatkan level kicauan semua jenis burung, dan sangat bagus untuk mengatasi burung yang malas bunyi. Jika burung belum pernah diberi TBB, maka pemberian bisa dilakukan 3 hari berturut-turut, di mana salah satunya bisa dicampurkan dalam egg food.

Untuk selanjutnya, burung cukup diberi TBB seminggu sekali, dan bisa diberikan bersamaan dengan pemberian egg food.  Jika egg food diberikan dua kali dalam seminggu, maka pemberian pertama dicampur dengan TBB dan pemberian kedua dicampur dengan BirdVit. Cara ini bisa membuat burung selalu fit dan rajin bunyi, dan sama sekali tidak menimbulkan efek negatif terhadap burung.

Yummii .. kata si parkit sambil menyantap makannya

Yummii .. kata si parkit sambil menyantap egg food.

Note:  Sebaiknya pemberian egg food habis dalam sekali waktu (porsi dibuat secukupnya)

Memancing parkit agar bunyi

Membuat parkit rajin bunyi dan layak dijadikan burung master tentu tidak bisa dengan hanya menyandarkan pada pakan saja. Dalam hal ini tetap dilakukan kombinasi dengan perawatan harian, termasuk memancing burung agar rajin berbunyi. Selain menempelkan sangkar parkit jantan dan parkit betina, Anda juga bisa menggantang dua parkit jantan dalam posisi agak berjauhan namun masih bisa saling mendengar. Dengan cara demikian, kedua parkit akan saling bersahutan.

Bagaimana jika tidak ada parkit betina atau parkit jantan lainnya? Anda masih bisa memancing satu-satunya parkit di rumah agar menjadi rajin bunyi. Caranya, dengan memperdengarkan audio burung parkit melalui media player atau HP Anda.

Berikut ini video burung parkit yang nyerecet gacor dan bisa digunakan untuk memancing parkit Anda di rumah akan makin rajin bunyi :

Om Kicau sudah mengkonversi video tersebut dalam bentuk audio. Silakan dengar, dengan cara menekan tombol Play. Jika mau mengunduh, klik saja link Download.


DOWNLOAD

Selain bisa berkicau, parkit juga bisa diajari berbicara, meski suaranya kurang begitu jelas. Silakan lihat tayangan video berikut ini :

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

14 pemikiran pada “Membuat burung parkit gacor dan bisa menjadi masteran murai batu dan cendet

  1. Broo
    Maaf Newbie Burung

    “Tambahkan garam beryodium sebanyak 1/4 sendok teh ke dalam air minumnya. Air minum harus diganti setiap hari.”

    itu garam gunanya apa yah? selain dari fungsi yg om jelaskan di atas dan apakah ada efek samping dari pemberian garam tsb?

    Teria ksih

    • garam bisa dbermanfaat untuk menambah energi pada burung paruh bengkok dan bisa merangsang untuk bersuara lebih rajin karena burung akan menjadi lebih agresif dari biasanya. efek samping ya jangan kebanyakan (berlebihan) karena apapun itu klo berlebihan pasti gak baik buat burung.

      • owhh tq tq…

        nnya lagi bro kalau buah”an yg kita berikan apa saja bebas?
        dan lagi bro kalau burung kita jemur 2-3 sebelum jam 10 seterusnya kita jemur itu gpp kan? dan kita mandikan 1 hari 2x itu juga tidak aapa”?

        Terima kasih :)

      • Bro nnya lagi

        Garam yg beryodium itu baiknya yg kadar brapa?

        biasa kan tertera d garam ada yg 30 ada juga yg 74,64 itu bagus yang mana?

        terima kasih

  2. Om mau nanya nich! Kalau parkit yang terluka, lalu di kompres pakai alkohol baru diberi betadin itu bagaimana Om?. Pemberian grid yang terbuat dari tumbukan batu bata merah atau genteng apakah tidak berbahaya buat parkit? Mohon penjelasannya Om!. Terima kasih sebelumnya

    • selama bisa membuat luka terjaga dari darah yang keluar dan cepat kering gak masalah om, sebaiknya memang menggunakan antibiotik bukan alkohol, untuk obat merahnya memangharus dilakukan .. tumbukan bata merah berguna untuk membantu proses pencernaan burung om.

    • Parkit yang terluka haruskah dipisah dengan parkit yang sehat? Apakah kulit dan bulunya bisa seperti semula lagi ƍäª om? Saya telah memberikan eggfood untuk 3 ekor parkit saya, tapi tak seekorpun yang memakannya padahal sudah ditaburi millet, bagaimana solusi selanjutnya Om?

      • Untuk masa penyembuhan sebaiknya burung parkit yang luka disimpan dalam kandang yang dilapisi dengan handuk kecil dan lampu penghangat om, yang disebut sangkar karantina ( cara membuatnya bisa dilihat disini : ) sampai kulit yang luka tersebut sudah kering benar. untuk tumbuh bulu tentu butuh waktu yang cukup panjang untuk parkitnya om, setelah kulit kering ada proses pembentukan pori-pori baru yang cukup lama setelah itu baru bulu bisa tumbuh kembali, karena itu burung selama di karantina harus diberi makanan yang sangat bergizi dengan tambahan vitamin dan mineral om, untuk mempercepat kesembuhannya. Eggfood harus dilatih terus menerus, milet jangan ditaburi diatasnya tetapi coba dicampur aduk dan cukup sedikit saja, nanti juga kalau terbiasa mereka akan lahap makannya om, seperti dalam gambar diatas.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s