Video murai batu Happy Birthday: Usai mabung makin edan !

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Video yang ditunggu-tunggu itu akhirnya datang juga. Sudah cukup lama Om Kicau berusaha untuk memperoleh video murai batu jawara Happy Birthday (HB) milik Akia alias Herjohan (Jambi Team). Tetapi karena beberapa faktor, baru semalam bisa tekirim. Terima kasih kepada Om Kelana Lana, yang tidak pernah lelah untuk melobi Om Akia agar bisa mendapatkan video HB untuk diupload di omkicau.com. Ini semata-mata untuk memenuhi janji Om Kicau terhadap beberapa pembaca setia yang ingin melihat video Happy Birthday.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Akia Jambi Team
Om Akia “ditemani” trofi dan piagam kemenangan Happy Birthday di Kicaumania Cup.

Salah satu alasan Om Akia belum bersedia memberikan video adalah karena materi yang tersedia bukan di arena lomba, bahkan ditrek pun tidak. “Malu ah, video ini kan tidak menunjukkan gambaran HB di lapangan. Ini sekadar aksi HB di sore hari, di halaman rumah, tanpa kompetitor sama sekali. Jadi tak semua isiannya keluar,” kilah Om Akia saat itu.

Om Akia kemudian menjanjikan akan mengirim video aksi HB saat berlaga dalam Ronggolawe Cup di Cibubur, 12 Mei 2013. Janji itu diucapkannya sekitar dua pekan sebelum even tersebut digelar. Dari janji itulah, Om Kicau juga menjanjikan hal serupa kepada salah seorang pembaca yang menanyakan video HB.

Rupanya kondisi di lapangan pada akhirnya tidak memungkinkan Om Akia maupun krunya melakukan syuting. Karena teringat janji dengan pembaca, akhirnya Om Kicau meminta Om Kelana Lana untuk berusaha mendapatkan video lama, meski bukan diambil di arena lomba.

Dan, video itu pun semalam dikirimkan kepada Om Kicau. Ya, minimal video ini bisa menjadi referensi bagi penggemar murai batu lainnya, sekaligus mengobati rasa penasaran sebagian pembaca omkicau.com. Berikut ini tayangannya :

Perjalanan prestasi Happy Birthday

Murai batu Happy Birthday
Happy Birthday bersama kru Jambi Team usai juara di Kicaumania Cup, 2 Juni 2013.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Akia mendapatkan HB sekitar satu tahun lalu. Burung ini semula milik, Ahong Godex, seharga sekitar Rp 80 juta. Begitu di tangan Akia, burung ini menjelma menjadi salah satu murai terbaik di Indonesia. Prestasi pertama ditorehkan HB dalam even Kapolda Cup Bengkulu, dengan mencetak quattrick alias empat kali juara 1.

Sejak saat itulah, HB terus mencetak prestasi demi prestasi, bersaing ketat dengan beberapa murai jawara lainnya seperti Natalia, Super Bejo, Aladin, Racun, dan sebagainya. Berikut ini prestasi HB dalam 12 bulan terakhir ini :

EVENWAKTUPRESTASI
Kapolda Cup Bengkulu1 Jul 2012Juara 1
Juara 2
Juara 2
Juara 1
Bupati Tebo Cup15 Jul 2012Juara 1 Kelas Bupati
Juara 1 Kelas Ketua DPRD
Juara 1 Kelas Wakil Bupati
Juara 1 Kelas Wakil Ketua DPRD
Minggu Spesial THR Jampres Cup Jambi2 Agt 2012Juara Kelas Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintgang
Bumi Persada Fallah Cup, Lampung2 Sep 2012Juara 1 Kelas Eksekutif
Juara 2 Kelas BOB
Batam BnR Bird Community16 Sep 2012Juara 1 Kelas Barelang
Juara 1 Kelas Nagoya
Juara 1 Kelas Nongsa
Pusdikku Cup Bandung29 Sep 2012Juara 1 Kelas Ronggolawe
Juara 1 Kelas Ebod
Juara 2 Kelas Jatijajar
Juara 3 Kelas Kuwera
Pendawa Lima Jakarta21 Okt 2012Juara 1 Kelas Pakan BnR
Juara 1 Kelas BnR Vit
Juara 1 Kelas Jatijajar
Juara 1 Kelas Ronggolawe
IBC Cup Jakarta4 Nov 2012Juara 1 Kelas IBC
Juara 1 Kelas Merah Putih
Juara 3 Kelas Garuda
Bupati Bandung Barat Cup18 Nov 2012Juara 1 Kelas Jatijajar
Juara 2 Kelas Cermat
Juara 2 Kelas H Abubakar
Central Enterprise Jakarta2 Des 2012Juara 1 Kelas Rantai Emas
Juara 1 Kelas Rantai Perak
Juara 2 Kelas Rantai Perunggu
Galamedia Cup Bandung16 Des 2012Juara 1 Kelas Galamedia
Juara 2 Kelas Djarum
Road to BnR Award Rimbo Bujang23 Des 2012Juara 1 Kelas Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintang
SKIP Jambi6 Jan 2013Juara 1 Kelas Mega Bintang
Sumsel Gemilang, Palembang20 Jan 2013Juara 2 Kelas Mega Bintang
Latber Arizona, Jambi19 Apr 2013Juara 1
Latber BnR Jambi28 Apr 2013Juara 1 Kelas Bintang
Juara 1 Kelas Sejati
Juara 2 Kelas Mega Bintang
Ronggolawe Cup Jakarta2 Mei 2013Juara 1 Kelas Ebod Vit
Juara 1 Kelas E-Bodre
Juara 2 Kelas Ronggolawe
Liga Sumatera Seri 3, Pariaman26 Mei 2013Juara 1 Kelas Liga Sumatera B
Juara 3 Kelas Liga Sumatera A
Kicaumania Cup Jakarta2 Jun 2013Juara 1 Kelas www.kicaumania.or.id
Juara 1 Kelas Forum KM

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Usai mabung makin edan

Murai batu jawara
Murai batu Happy Birthday makin edan usai mabung.

Ada catatan menarik mengenai HB, terutama berkaitan dengan proses rontok bulu (molting). Ketika bertemu Om Kicau dalam Galamedia Cup di Bandung, 16 Desember 2012, Akia mengatakan bulu HB mulai jatuh.

Tetapi, seperti terlihat pada tabel prestasi di atas, HB masih bisa mencuri sekali juara 1 dan sekali runner-up. “Mungkin saya akan mengurangi jadwal lombanya, atau bahkan mengistirahatkannya,” kata Akia saat itu.

Rupanya, performa Happy Birthday pada masa awal ngurak tak terpengaruh sama sekali. Dia tetap rajin bunyi, sehingga Akia masih menurunkannya dalam beberapa even setelah Galamedia Cup. Dan, hebatnya lagi, burung ini masih bisa berprestasi.

Dalam Road to BnR Award di Rimbo Bujang, 23 Desember 2012, HB bahkan mencetak nyeri juara 1. Memasuki tahun 2013, tepatnya 6 Januari lalu, gaco ini juga masih sanggup menjuarai Kelas Mega Bintang dalam even SKIP Jambi.

Tetapi Akia pada akhirnya tak mampu membendeng kehendak alam. Penampilan HB mulai merosot saat berlaga dalam Sumsel Gemilang di Palembang, 20 Januari 2013, meski masih bisa menjadi juara 2 Kelas Mega Bintang (hanya diturunkan di kelas itu saja).

Setelah itu, HB benar-benar mabung. Tetapi proses mabungnya pun relatif singkat. Pada 19 April, HB sudah diturunkan di Latber Arizona, Kota Jambi, dan langsung juara 1. Saat itu Akia mengaku sangat puas melihat penampilan HB, karena dianggapnya lebih bagus daripada sebelum mabung.

Semua isian lama sudah masuk dalam memori HB, yaitu cililin, tengkek, cucak jenggot, lovebird, kapas tembak, dan pancawarna. Tetapi, usai mabung, materi yang dikeluarkan HB justru lebih bagus.

Lagu andalan HB adalah tembakan cililin yang dinyanyikan secara beruntun, bertumpuk-tumpuk, dan makin makin lama makin keras dan panjang. Hal ini karena HB selalu diperdengarkan lagu cililin dari pemutar suara elektronik. Ke mana pun HB berada, suara cililin itu selalu menyertainya.

Benar saja, sejak itu prestasi Happy Birthday terus meningkat, bahkan jauh lebih ngedan daripada sebelum mabung. Bukan hanya mencetak hasil nyeri di Ronggolawe Cup (12/5) dan Kicaumania Cup (2/6), tetapi juga memenangi Kelas Liga Sumatera B dalam Liga Sumatera Seri 3 di Kota Pariaman, Sumatera Barat, 26 Mei lalu.

“Saat berlomba di Pariaman, terutama pada sesi awal (Kelas Liga Sumatera A), HB kurang nampil akibat kelelahan. Kami melalui perjalanan darat yang sangat panjang, lebih dari 14 jam. Belum lagi harus berjibaku dengan mesin pendingin (AC) di kamar hotel. Ketika berlomba, cuaca sangat panas, dan HB butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Makanya, HB baru tampil maksimal di sesi kedua, dan bisa juara pertama,” ujarnya.

Ketika akan berlaga dalam Kicaumania Cup di Lapangan Banteng Jakarta, 2 Juni lalu, Happy Birthday sama sekali tidak menginap, tetapi bersama kru Jambi Team mlajo dari Kota Jambi pada pagi hari menggunakan pesawat. Setiba di Jakarta langsung ke Lapangan Banteng. Usai lomba, sore hari, HB dan kru Jambi Team langsung balik lagi ke Jambi. (Waca Jogja / Kelana Lana)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

16 Comments

  1. Natalia sudah ada , HB sudah ada , yg lainnya kpn om ?? Seperti Panglima , Sniper , Super Bejo , Rudox SKL BF , Pelor Mas , dan Kiamat nya ?? Biar para KM tdk pnasaran dgn yg lainnya

  2. dipiala raja 2013 kmrn HB tdk turun yac om….makanya didaftar juaranya tidak nonggol,biasanya dia diurutan 1 atau 2…….kenapa??????

  3. hb diambil rekaman sendirian tanpa diadu,seperti itu gayanya sangat bagus.gimana kalau dilomba pass digantang,pasti lebih seru.mudah2an ada kesempatan hb coba direkam pakai camera kancing atau camera pena lalu di tempel ke jeruji,hingga kita semua bisa melihat aksi tarung hb.rekaman ini juga sangat bagus,,memamng luar biasa hb.sukses buat om akia jambi

  4. Mau tanya om,kalau boleh tau apa iya memang gaya tarung HB itu memang ada ngerujinya,karna saat di event ronggolawe CUP di cibubur saya perhatikan ko HB mainnya lebih banyak ngeruji ya,apa memang gaya tarungnya seperti itu apa memang saat itu kondisinya kurang maksimal atau bagaimana ya om,maaf kalau salah maklum masih sangat pemula sekali…

    • Mungkin browser di komputer Om Frenky, entah di firefox atau chrome, belum ada addons google drive, karena video kita titipkan ke sana (size terlalu besar, 304). Beberapa sobat kicaumania bisa membukanya, Om.

  5. Om admin
    tolong vidio nya di upload di youtube
    maklum saya online pake HP
    jadi gak bisa liat kalau di sini
    plzzzz di upload ulang di youtube
    thanks…

Komentar ditutup.