Video murai batu Happy Birthday: Usai mabung makin edan !

Video yang ditunggu-tunggu itu akhirnya datang juga. Sudah cukup lama Om Kicau berusaha untuk memperoleh video murai batu jawara Happy Birthday (HB) milik Akia alias Herjohan (Jambi Team). Tetapi karena beberapa faktor, baru semalam bisa tekirim. Terima kasih kepada Om Kelana Lana, yang tidak pernah lelah untuk melobi Om Akia agar bisa mendapatkan video HB untuk diupload di omkicau.com. Ini semata-mata untuk memenuhi janji Om Kicau terhadap beberapa pembaca setia yang ingin melihat video Happy Birthday.

Akia Jambi Team

Om Akia “ditemani” trofi dan piagam kemenangan Happy Birthday di Kicaumania Cup.

Salah satu alasan Om Akia belum bersedia memberikan video adalah karena materi yang tersedia bukan di arena lomba, bahkan ditrek pun tidak. “Malu ah, video ini kan tidak menunjukkan gambaran HB di lapangan. Ini sekadar aksi HB di sore hari, di halaman rumah, tanpa kompetitor sama sekali. Jadi tak semua isiannya keluar,” kilah Om Akia saat itu.

Om Akia kemudian menjanjikan akan mengirim video aksi HB saat berlaga dalam Ronggolawe Cup di Cibubur, 12 Mei 2013. Janji itu diucapkannya sekitar dua pekan sebelum even tersebut digelar. Dari janji itulah, Om Kicau juga menjanjikan hal serupa kepada salah seorang pembaca yang menanyakan video HB.

Rupanya kondisi di lapangan pada akhirnya tidak memungkinkan Om Akia maupun krunya melakukan syuting. Karena teringat janji dengan pembaca, akhirnya Om Kicau meminta Om Kelana Lana untuk berusaha mendapatkan video lama, meski bukan diambil di arena lomba.

Dan, video itu pun semalam dikirimkan kepada Om Kicau. Ya, minimal video ini bisa menjadi referensi bagi penggemar murai batu lainnya, sekaligus mengobati rasa penasaran sebagian pembaca omkicau.com. Berikut ini tayangannya :

Perjalanan prestasi Happy Birthday

Murai batu Happy Birthday

Happy Birthday bersama kru Jambi Team usai juara di Kicaumania Cup, 2 Juni 2013.

Akia mendapatkan HB sekitar satu tahun lalu. Burung ini semula milik, Ahong Godex, seharga sekitar Rp 80 juta. Begitu di tangan Akia, burung ini menjelma menjadi salah satu murai terbaik di Indonesia. Prestasi pertama ditorehkan HB dalam even Kapolda Cup Bengkulu, dengan mencetak quattrick alias empat kali juara 1.

Sejak saat itulah, HB terus mencetak prestasi demi prestasi, bersaing ketat dengan beberapa murai jawara lainnya seperti Natalia, Super Bejo, Aladin, Racun, dan sebagainya. Berikut ini prestasi HB dalam 12 bulan terakhir ini :

EVEN WAKTU PRESTASI
Kapolda Cup Bengkulu 1 Jul 2012 Juara 1
Juara 2
Juara 2
Juara 1
Bupati Tebo Cup 15 Jul 2012 Juara 1 Kelas Bupati
Juara 1 Kelas Ketua DPRD
Juara 1 Kelas Wakil Bupati
Juara 1 Kelas Wakil Ketua DPRD
Minggu Spesial THR Jampres Cup Jambi 2 Agt 2012 Juara Kelas Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintgang
Bumi Persada Fallah Cup, Lampung 2 Sep 2012 Juara 1 Kelas Eksekutif
Juara 2 Kelas BOB
Batam BnR Bird Community 16 Sep 2012 Juara 1 Kelas Barelang
Juara 1 Kelas Nagoya
Juara 1 Kelas Nongsa
Pusdikku Cup Bandung 29 Sep 2012 Juara 1 Kelas Ronggolawe
Juara 1 Kelas Ebod
Juara 2 Kelas Jatijajar
Juara 3 Kelas Kuwera
Pendawa Lima Jakarta 21 Okt 2012 Juara 1 Kelas Pakan BnR
Juara 1 Kelas BnR Vit
Juara 1 Kelas Jatijajar
Juara 1 Kelas Ronggolawe
IBC Cup Jakarta 4 Nov 2012 Juara 1 Kelas IBC
Juara 1 Kelas Merah Putih
Juara 3 Kelas Garuda
Bupati Bandung Barat Cup 18 Nov 2012 Juara 1 Kelas Jatijajar
Juara 2 Kelas Cermat
Juara 2 Kelas H Abubakar
Central Enterprise Jakarta 2 Des 2012 Juara 1 Kelas Rantai Emas
Juara 1 Kelas Rantai Perak
Juara 2 Kelas Rantai Perunggu
Galamedia Cup Bandung 16 Des 2012 Juara 1 Kelas Galamedia
Juara 2 Kelas Djarum
Road to BnR Award Rimbo Bujang 23 Des 2012 Juara 1 Kelas Mega Bintang
Juara 1 Kelas Bintang
SKIP Jambi 6 Jan 2013 Juara 1 Kelas Mega Bintang
Sumsel Gemilang, Palembang 20 Jan 2013 Juara 2 Kelas Mega Bintang
Latber Arizona, Jambi 19 Apr 2013 Juara 1
Latber BnR Jambi 28 Apr 2013 Juara 1 Kelas Bintang
Juara 1 Kelas Sejati
Juara 2 Kelas Mega Bintang
Ronggolawe Cup Jakarta 2 Mei 2013 Juara 1 Kelas Ebod Vit
Juara 1 Kelas E-Bodre
Juara 2 Kelas Ronggolawe
Liga Sumatera Seri 3, Pariaman 26 Mei 2013 Juara 1 Kelas Liga Sumatera B
Juara 3 Kelas Liga Sumatera A
Kicaumania Cup Jakarta 2 Jun 2013 Juara 1 Kelas www.kicaumania.or.id
Juara 1 Kelas Forum KM

Usai mabung makin edan

Murai batu jawara

Murai batu Happy Birthday makin edan usai mabung.

Ada catatan menarik mengenai HB, terutama berkaitan dengan proses rontok bulu (molting). Ketika bertemu Om Kicau dalam Galamedia Cup di Bandung, 16 Desember 2012, Akia mengatakan bulu HB mulai jatuh.

Tetapi, seperti terlihat pada tabel prestasi di atas, HB masih bisa mencuri sekali juara 1 dan sekali runner-up. “Mungkin saya akan mengurangi jadwal lombanya, atau bahkan mengistirahatkannya,” kata Akia saat itu.

Rupanya, performa Happy Birthday pada masa awal ngurak tak terpengaruh sama sekali. Dia tetap rajin bunyi, sehingga Akia masih menurunkannya dalam beberapa even setelah Galamedia Cup. Dan, hebatnya lagi, burung ini masih bisa berprestasi.

Dalam Road to BnR Award di Rimbo Bujang, 23 Desember 2012, HB bahkan mencetak nyeri juara 1. Memasuki tahun 2013, tepatnya 6 Januari lalu, gaco ini juga masih sanggup menjuarai Kelas Mega Bintang dalam even SKIP Jambi.

Tetapi Akia pada akhirnya tak mampu membendeng kehendak alam. Penampilan HB mulai merosot saat berlaga dalam Sumsel Gemilang di Palembang, 20 Januari 2013, meski masih bisa menjadi juara 2 Kelas Mega Bintang (hanya diturunkan di kelas itu saja).

Setelah itu, HB benar-benar mabung. Tetapi proses mabungnya pun relatif singkat. Pada 19 April, HB sudah diturunkan di Latber Arizona, Kota Jambi, dan langsung juara 1. Saat itu Akia mengaku sangat puas melihat penampilan HB, karena dianggapnya lebih bagus daripada sebelum mabung.

Semua isian lama sudah masuk dalam memori HB, yaitu cililin, tengkek, cucak jenggot, lovebird, kapas tembak, dan pancawarna. Tetapi, usai mabung, materi yang dikeluarkan HB justru lebih bagus.

Lagu andalan HB adalah tembakan cililin yang dinyanyikan secara beruntun, bertumpuk-tumpuk, dan makin makin lama makin keras dan panjang. Hal ini karena HB selalu diperdengarkan lagu cililin dari pemutar suara elektronik. Ke mana pun HB berada, suara cililin itu selalu menyertainya.

Benar saja, sejak itu prestasi Happy Birthday terus meningkat, bahkan jauh lebih ngedan daripada sebelum mabung. Bukan hanya mencetak hasil nyeri di Ronggolawe Cup (12/5) dan Kicaumania Cup (2/6), tetapi juga memenangi Kelas Liga Sumatera B dalam Liga Sumatera Seri 3 di Kota Pariaman, Sumatera Barat, 26 Mei lalu.

“Saat berlomba di Pariaman, terutama pada sesi awal (Kelas Liga Sumatera A), HB kurang nampil akibat kelelahan. Kami melalui perjalanan darat yang sangat panjang, lebih dari 14 jam. Belum lagi harus berjibaku dengan mesin pendingin (AC) di kamar hotel. Ketika berlomba, cuaca sangat panas, dan HB butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Makanya, HB baru tampil maksimal di sesi kedua, dan bisa juara pertama,” ujarnya.

Ketika akan berlaga dalam Kicaumania Cup di Lapangan Banteng Jakarta, 2 Juni lalu, Happy Birthday sama sekali tidak menginap, tetapi bersama kru Jambi Team mlajo dari Kota Jambi pada pagi hari menggunakan pesawat. Setiba di Jakarta langsung ke Lapangan Banteng. Usai lomba, sore hari, HB dan kru Jambi Team langsung balik lagi ke Jambi. (Waca Jogja / Kelana Lana)

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

16 pemikiran pada “Video murai batu Happy Birthday: Usai mabung makin edan !

  1. hb diambil rekaman sendirian tanpa diadu,seperti itu gayanya sangat bagus.gimana kalau dilomba pass digantang,pasti lebih seru.mudah2an ada kesempatan hb coba direkam pakai camera kancing atau camera pena lalu di tempel ke jeruji,hingga kita semua bisa melihat aksi tarung hb.rekaman ini juga sangat bagus,,memamng luar biasa hb.sukses buat om akia jambi

  2. Mau tanya om,kalau boleh tau apa iya memang gaya tarung HB itu memang ada ngerujinya,karna saat di event ronggolawe CUP di cibubur saya perhatikan ko HB mainnya lebih banyak ngeruji ya,apa memang gaya tarungnya seperti itu apa memang saat itu kondisinya kurang maksimal atau bagaimana ya om,maaf kalau salah maklum masih sangat pemula sekali…

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s