HOT

Pakan racikan untuk menggacorkan cucak jenggot

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar cucak jenggot bisa rajin bunyi (gacor). Mulai dari perawatan harian (termasuk setelan extra fooding / EF), pemasteran yang tepat, menggantungnya di tempat ramai, hingga membuatnya latah. Artikel kali ini hanya mengupas salah satu aspek saja, yaitu EF untuk cucak jenggot. Dalam hal ini, kita akan membuat pakan racikan yang bisa diberikan sebagai selingan untuk menggacorkan cucak jenggot Anda di rumah.

Cucak jenggot

Cucak jenggot

Pakan racikan ini sangat bermanfaat dan bisa menjadi pakan alternatif bagi cucak jenggot yang selama ini tidak mau makan jangkrik maupun kroto.

Bahan baku pembuatan pakan racikan untuk cucak jenggot relatif sederhana, yaitu :

♦  Buah apel merah

♦ Telur puyuh rebus

♦ Kroto segar

♦ BirdVit

Buah apel merah selama ini diyakini sebagian besar kicaumania bisa menaikan birahi dari burung kicauan, termasuk cucak jenggot. Secara garis besar, apel merah memiliki kandungan energi yang cukup besar, yaitu 49 kilo kalori (kkal) per 100 gram, dan mengandung 84 persen air yang sangat menyegarkan. Dua komponen inilah yang juga berperan dalam membantu menjaga stamina serta  kesegaran burung, sehingga menjadi rajin bunyi.

Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam setiap 100 gram buah apel :

  • Energi  (49 kkal).
  • Air (84 %).
  • Karbohidrat ( 13,81 gram).
  • Protein (0,4 gram).
  • Gula (11,8 gram).
  • Vitamin A (2 mg), yang penting bagi pertumbuhan saraf mata, otot-otot tubuh, menjaga kesehatan kulit dan bulu.
  • Vitamin C (15 mg) , yang mampu menghambat radikal bebas.

Selain itu, meski jumlahnya tidak banyak, apel juga mengandung vitamin B1 (0,02 mg), vitamin B2 (0,01 mg). vitamin B3 (0,091 mg), vitamin B5 (0,061 mg), vitamin B6 (0,5 mg), asam folat, dan vitamin E (0,5 mg).

Pakan yang tepat menjadikan burung cepat gacor

Pakan yang tepat menjadikan burung cepat gacor.

Adapun telur rebus kaya protein, yang juga berfungsi meningkatkan birahi burung. Hampir semua jenis serangga yang dikonsumsi burung kicauan di alam liar kaya protein, yang juga berfungsi untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tua yang rusak.

Untuk kroto, pilihlah yang masih segar dan sudah dipisahkan dari sisa-sisa semutnya. Meski beberapa pemilik cucak jenggot mengaku burungnya tidak mau makan kroto (maupun jangkrik), namun jika sudah dicampurkan dalam pakan racikan,cucak jenggot biasanya mau menyantapnya.

BirdVit digunakan untuk menutup kekurangan beberapa jenis vitamin yang tidak tercover melalui pemberian pakan utama maupun pakan tambahan. Sebab, sebagaimana hasil penelitian di dalam dan luar negeri, hampir tidak mungkin mengandalkan kecukupan semua jenis vitamin hanya dari pakan utama dan EF, sehingga harus diberi tambahan dari luar.

Parutan apel, telur puyuh dan kroto, ketiga bahan ini akan dijadikan pakan tambahan untuk cucak jenggot

Parutan apel, kroto dan telur puyuh sebagai bahan pakan racikan cucak jenggot.

Proses pembuatan pakan racikan

  • Buah apel merah dikupas kulit, dan dibuang bijinya. Setelah itu, daging buah diparut dan ditampung dalam wadah / nampan.
  • Masukkan potongan telur puyuh rebus dan sudah dibuang cangkangnya ke dalam parutan apel tersebut.
  • Tambahkan kroto segar (secukupnya), dan sudah dibersihkan dari semutnya, ke dalam parutan apel tersebut.
  • Campur dan aduk ketiga bahan itu dengan menggunakan sendok hingga merata.
  • Setelah teraduk rata, taburkan tepung BirdVit seukuran 1/2 penthol korek (jika adonan hanya untuk 1 burung) ke dalam adonan. Apabila menggunakan BirdVit cair, dosisnya 2-3 tetes. Adonan kembali diaduk hingga rata, agar multivitamin tersebar ke seluruh permukaan pakan.
  • Kini adonan bisa dipindah ke cepuk pakan, dan langsung diberikan kepada cucak jenggot.
  • Untuk meningkatkan efektivitas multivitamin, pemberian pakan racikan sebaiknya dilakukan dalam kondisi burung sudah dijemur. Sebab, vitamin merek apapun, jika dicampur dalam pakan maupun air minum dan terkena sinar matahari secara langsung dipastikan akan berkurang kandungannya.

Pakan racikan ini bisa diberikan kepada cucak jenggot dua kali dalam seminggu. Silakan tetapkan jadwal pemberian yang rutin, misalnya setiap Selasa dan Kamis. Di luar kedua hari tersebut, cucak jenggot kembali dengan setelan EF seperti biasa.

Pada hari Anda memberikan pakan racikan, sebaiknya burung tidak diberikan buah-buahan, seperti pisang atau yang lainnya. Sebab jika dalam sangkar masih terdapat buah, cucak jenggot cenderung akan mengabaikan pakan barunya dan akan memilih buah-buahan.

Manfaat pemberian pakan racikan ini bukan sekadar menggacorkan cucak jenggot Anda, tetapi juga menyehatkan (kaya gizi), dan kondisi fisik atau stamina burung selalu terjaga. Jika Anda rutin memberikan pakan ini dua kali dalam seminggu, niscaya akan terjadi perubahan secara bertahap dan natural pada cucak jenggot di rumah, dengan hasil akhir rajin bunyi dan stabli.

Namun, seperti dijelaskan dalam pengantar tulisan ini, pakan hanya merupakan salah satu faktor pemicu kegacoran burung. Jadi, berikan perawatan lain secara konsisten, seperti rutinitas mandi dan jemur, serta pengerodongan di malam hari.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

25 Comments on Pakan racikan untuk menggacorkan cucak jenggot

  1. ada efek birahi ga nantinya om?

    Suka

  2. pakan racikan ini bisa untuk cj betina ga om?

    Suka

    • bisa kok om, bahkan pernah ada yang coba untuk trucukan dan lumayan hasilnya jadi tambah rajin :)

      Suka

  3. sy pny jc nieh klo drmah gcor n sllu kluarn isn smcm bunyi kunti ckikan neh smpe dtmpat kntes kndsi dkrdng ttp gcor tp ko pas dgntang kgag mau bnyi mlah lnct2n ajah…bsa ksi masukan ga om

    Suka

  4. om gimana cara kapas tembak biar cepet buka????
    trimakasih

    Suka

  5. sya pnya cj sma skli tdk mau JK,d trapi lpar ampek 12jm udh n d dktkan dg cj yg mkn JK udh tpi k2 cra trsbut tdk brhsil,adakah cra lain/tdk ush d beri JK…????
    Thx.

    Suka

    • kalau burung tetap bunyi biarpun gak diberi Jangkrik, gak masalah om, jangan terlalu dipaksakan.. coba diganti dengan serangga yang lain, misalnya belalang hijau, biasanya burung paling demen sama belalang om

      Suka

  6. berarti pakan voer nya diganti dg pakan ramuan tdi om?
    trims

    Suka

  7. mau tanya om nih soal mandi ny CJ itu bagus ny di semprot p di kramba?p bleh jga dua2 ny mksud ny klau emng lgi smpet mndin krmba klo lgi bru di smprot gtu om!!! dan soal mndi mlm yng ktnya “bisa” jg bikin CJ gacor apkah sore y mndi p emng pgi sore mlm gtu? stu lgi nih suara CJ bagus ny yng asli p yng masteran buat lomba dan mastern yng bagus suara pa?

    Suka

  8. bisa u/ kacer, tledekan laut, pentet ga om?

    Suka

  9. om birdvit di simpan dalam lemari es baik apa enggak

    Suka

    • vitamin maupun obat-obatan akan lebih bagus jika disimpan ditempat yang tidak lembab, tidak basah dan tidak panas atau tidak terkena panas.

      Suka

  10. Kalau dikasihmkroto aja gapapakan

    Suka

    • gpp om

      Suka

  11. Parrot pirates // 08/06/2013 pukul 23:11 pukul 23:11 //

    Matur suwun tengkiu omkicau.com jhossss gandhosss…

    Suka

  12. tolong mas aries buatin contoh racikan untuk ciblek

    Suka

  13. Mantaaaaapp infonya om… Racikan ini tuk burung lain bisa om?? Klo bisa tuk burung apa aja? Makasih salam Kicaumania…

    Suka

  14. Mau nanya Om,CJ sya lbih menyukai UH adakh dampak negatifnya?

    Suka

    • selama tidak berlebihan tidak masalah kok om

      Suka

  15. diterapkan untuk kapas tembak bisa kah???

    Suka

    • bisa dicoba om :)

      Suka

  16. Mantaaaappp infonya Mas! :) Kira2 racikan ini bisa digunakan untuk burung lain tdk sprti, Prenjak,CB, kacer, knari n MB?? :)

    Suka

    • sebagian burung insectivora ada juga yang menyukai buah-buahan tertentu, jadi bisa saja diaplikasikan ke burung lain, om..

      Suka

      • Thx om infonya… Salam kicaumania.. :)

        Suka

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155.923 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: