Membedakan jenis kelamin gould amadin

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Gould amadin atau gouldian finch termasuk salah satu burung favorit dari jenis finch. Burung yang dijuluki pipit tercantik di dunia ini bukan hanya disukai kaum lelaki sebagaimana burung kicauan, perkutut, serta merpati balap. Banyak kaum Hawa yang juga menyukai gold amadin, karena keindahan warna bulunya dan perawatan yang relatif mudah. Berikut ini cara membedakan gould amadin jantan dan betina, sebagai panduan bagi Anda yang baru saja atau ingin memelihara maupun menangkarnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bagi yang ingin menjadi penangkar burung gould amadine, jangan lupa ikuti pula beberapa artikel terkait di Om Kicau, antara lain:

Secara umum, gould amadin yang biasa dijual di pasar burung maupun dalam forum dan situs jual beli online adalah sepasang burung dengan kepala hitam dan kepala merah, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini:

Jenis burung gouldian finch yang lazim dijual di pasaran
Jenis gould amadin yang paling popular. (foto: gouldianfinch.info)

Tetapi, gould amadin merupakan spesies burung yang terbuka untuk dieksplorasi sehingga muncul ribuan bahkan ratusan varian warna baru hasil mutasi yang direncanakan. Makin banyak varian warna, makin sulit bagi pemula untuk mengidentifikasi burung jantan dan betina.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan sexing, berikut ini beberapa panduan dasar dalam menentukan jenis kelamin dari gould amadin. Perlu diketahui, gould amadin sebenarnya merupakan burung dimorfik, artinya burung jantan dan betina bisa dilihat dari postur tubuh dan warnanya.

Secara umum, burung jantan memiliki bulu dada yang berwarna lebih tua, cerah, dan tegas daripada betina. Jika tidak percaya, silakan amati burung jantan dan betina pada gambar di atas. Burung yang berada di sebelah kiri berjenis kelamin jantan, sedangkan di sebelah kanan adalah burung betina. Anda bisa melihat sendiri perbedaan tingkat kecerahan warnanya, bukan?

Lalu, bagaimana jika kita mendapatkan gould amadin dengan warna kepala yang berbeda, dan berasal dari hasil mutasi yang berbeda pula? Cara termudah adalah dengan mendengarkan suaranya. Sebab hanya burung jantan yang bisa berkicau, sedangkan burung betina tidak bisa berkicau.

Selain itu, burung betina dewasa yang memiliki warna punggung hijau atau biru lebih mudah dibedakan jenis kelaminnya saat hendak berkembang biak. Sebab warna paruhnya akan berubah menjadi hitam, yang menjadi pertanda bahwa ia sudah siap kawin.

Selain perbedaan tingkat kecerahan, dan suara, ada beberapa bagian dari tubuh gould amadin yang dapat pula dijadikan tengara jenis kelaminnya. Berikut uraiannya :

1. Kecerahan warna kepala

Panduan khusus warna kepala ini berlaku untuk gould amadin kepala kepala merah dan kepala kuning. Burung jantan memiliki warna merah murni dan lebih cerah, sedangkan burung betina memiliki warna kepala yang lebih gelap dengan warna bulu di tubuh yang lebih kusam. Demikian pula gould amadin kepala kuning, di mana warna kuning pada jantan lebih cerah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Gouldian finch kepala merah, jantan sebelah kiri dan betina sebelah kanan
Gould amadin kepala merah jantan (kiri) dan betina. Lihat warna merah pada kepalanya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

2. Warna lingkar leher (blue collar)

Metode sexing berdasarkan kecerahan warna kepala tidak berlaku untuk gould amadin kepala hitam. Jadi, pada gould amadin kepala hitam, kita menggunakan metode lain, yaitu dengan melihat garis biru yang mengelilingi leher burung(blue collar). Metode ini bisa juga diterapkan pada gould amadin punggung hijau dan punggung biru.

Burung jantan memiliki garis biru yang berwarna lebih terangm tepat di belakang topengnya. Sedangkan burung betina memiliki garis biru kehijauan yang terlihat samar-samar.

Garis biru yang melingkar pada burung jantan (kiri) terlihat lebih terang dibanding yang terdapat pada burung betina ( kanan )
Garis biru yang melingkari leher burung jantan (kiri) lebih jelas daripada betina.

3. Warna pada bagian dada

Pada umumnya, gould amadin jantan memiliki dada berwarna ungu tua (gelap), sedangkan betina berwarna ungu muda. Metode sexing ini berlaku untuk semua jenis mutasi, kecuali gould amadin berdada putih.

Ada juga beberapa mutasi warna khusus di bagian dada, yang menyebabkan burung jantan memiliki warna lebih muda sehingga mirip burung betina. Untuk mengatasi masalah ini, jangan lupakan metode sexing lainnya seperti pada poin 1 dan 2.

Warna ungu pada bagian dada burung jantan (kanan) tampak berwarna lebih tua dibanding betina yang berwarna lebih muda (kiri)
Warna ungu dada burung jantan (kanan) lebih tua daripada betina.

Itulah beberapa metode sexing yang bisa Anda terapkan dalam menentukan jenis kelamin gould amadin, baik untuk peliharaan atau untuk tujuan penangkaran. Dalam kesempatan berikutnya,

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. Gold Amadin dengan emprit bali itu sama atau beda jenis ya om?, belum lama liat di pasar burung depok ada burung seukuran emprit/bondol haji cuma punya warna persis sekali dengan Gold Amadin…

Komentar ditutup.