Pakan alternatif untuk burung branjangan

Salah satu cara agar burung branjangan bahan cepat bunyi adalah dengan memberikannya pakan yang biasa didapatkannya di alam liar. Pakan ini diberikan sebagai alternatif bagi burung dalam perawatan harian. Tetapi sebelum memulainya, Anda harus memastikan bahwa branjangan yang dipelihara berjenis kelamin jantan, meski beberapa burung burung betina juga bisa berkicau dengan keras seperti halnya burung jantan.

x

Banyak pakan alternatif yang bisa kita berikan kepada branjangan di rumah, selain pakan tambahan atau extra fooding (EF) yang biasa diberikan selama ini. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda praktikkan :

Padi yang masih muda

Burung branjangan, khususnya branjangan lokal, biasa ditemukan di semak-semak dalam area terbuka dekat persawahan. Hal ini tentu ada alasannya. Selain mencari pakan berupa serangga seperti belalang, branjangan juga kerap memakan padi-padian di sawah, terutama padi yang masih muda.

Padi muda yang diberikan bersama tangkai-tangkainya dan digantung dalam sangkarnya

Padi muda yang diberikan bersama tangkainya, dan digantung dalam sangkar.

Padi sangat bermanfaat bagi branjangan, terutama sebagai tambahan energi dan sumber mineral. Analisi gizi padi menunjukkan kandungan pati sangat besar (80-85%). Selain itu, meski dalam jumlah kecil, padi juga mengandung protein dan vitamin, terutama pada lapisan luar yang terdapat pada bijinya (beras) yang disebut aleuron. Padi juga mengandung beberapa jenis mineral dan air.

Padi yang bisa diberikan kepada branjangan bahan ini adalah padi yang masih berwarna merah, yang diambil bersama tangkai-tangkainya (jerami). Jika kesulitan mencarinya, Anda bisa menggunakan padi putih biasa yang masih muda, dengan ciri-ciri masih sangat lembek jika ditekan dengan tangan. Padi muda yang diambil beserta tangkai-tangkainya ini digantungkan di dalam sangkar branjangan.

Kacang hijau

Kacang hijau memiliki kandungan protein tinggi, dan sumber mineral penting seperti kalsium (Ca) dan fosfor (P). Sedangkan kandungan lemak dalam biji kacang hijau berupa asam lemak tak jenuh. Kacang hijau juga bisa diberikan kepada branjangan.

Biji kacang hijau bisa diberikan pada branjangan

Biji kacang hijau bisa diberikan kepada branjangan

Pemberian kacang hijau untuk burung sebenarnya sudah lama dilakukan, khususnya oleh penggemar burung kenari dan burung jenis finch di mancanegara. Untuk branjangan, kacang hijau bisa diberikan dengan cara ditumbuk terlebih dulu atau dibiarkan apa adanya.

Kroto

Kroto atau telur semut rangrang merupakan pakan utama yang bisa diberikan kepada branjangan setiap pagi, dengan porsi 1 sendok makan. Pemberian kroto secara rutin bisa merangsang burung branjangan bahan cepat berbunyi.

Belalang

Di alam liar, belalang sering terlihat di rerumputan, tumpukan jerami, menempel pada batang tanaman padi atau tanaman perkebunan. Branjangan pun sering berada di sana, untuk memburu belalang. Kebiasaan di alam liar ini juga bisa diterapkan pada branjangan yang dipelihara dalam sangkar.

Dalam hal ini, belalang yang dianjurkan untuk diberikan kepada branjangan sebaiknya berukuran kecil dan berwarna hijau. Jangan memberikan belalang dengan warna belang hitam kuning atau belalang dengan warna gelap.

Belalang hijau sebagai pakan alternatif bagi branjangan

Belalang hijau sebagai pakan alternatif bagi branjangan

Belalang hijau yang berukuran kecil ini banyak mengandung asam amino, dan bisa diberikan dalam jumlah 3 – 5 ekor, yang diberikan pagi dan sore. Jika terlihat ada perubahan dalam performa suaranya, maka pemberian belalang hijau bisa ditingkatkan. Pakan belalang ini merupakan pakan alternatif pengganti jangkrik yang biasa diberikan kepada burung.

Undur-undur

Dalam artikel sebelumnya (silakan cek di sini), disebutkan beberapa khasiat undur-undur bagi branjangan, antara lain bisa menjadi obat antistress. Selain itu, undur-undur memiliki kandungan EPA dan DHA yang sangat tinggi.

Pemberian undur-undur kepada branjangan bahan tentu akan lebih membuat burung lebih aktif, lincah, dan bisa merangsang dia untuk mulai bunyi. Karena sulitnya mencari undur-undur, maka pemberiannya pun bisa dibatasi misalnya seminggu sekali, dengan jumlah pemberian 3 – 5 ekor.

Biji-bijian

Pakan bijian bisa menggunakan campuran beberapa bahan biji-bijian yang didapatkan dari pakan kenari atau bahan lainnya seperti milet dan sebagainya. Semua bijian dicampur jadi satu. Salah satu alternatif yang cocok untuk branjangan adalah biji-bijian yang sudah diolah dengan bahan-bahan bermanfaat, seperti kuning telur, madu dan jahe. Selain menyehatkan, juga berguna bagi branjangan terlebih dalam cuaca dingin atau sering hujan. Untuk mengetahui proses pembuatannya, silakan buka kembali arsipnya di sini.

Selain beberapa pakan alternatif di atas, hal lain yang tak boleh dilupakan adalah menyediakan sumber kalsium bagi branjangan. Misalnya dengan menggerus tulang sotong dan ditempatkan dalam wadah terpisah, atau bisa juga dicampurkan bersama pasir yang digunakan sebagai dasar dari sangkarnya.

Dengan menyediakan pakan alternatif tersebut, branjangan khususnya burung bahan akan lebih cepat bunyi. Tetapi ini juga tergantung usia. Jika masih muda, biasanya burung menjadi lebih rajin. Tetapi jika sudah cukup umur, mereka yang semula  ngeriwik akan cepat ngeplong.

Imbangi pula dengan pemberian multivitamin, karena lebih memastikan burung dalam kondisi fit, yang menjadi syarat utama burung rajin bunyi. .

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini