Tips perawatan cendet trotolan

Merawat cendet trotolan bisa mengasyikan bagi sebagian kicaumania, tetapi bisa juga menjemukan bagi yang lainnya. Sebab butuh waktu lama untuk menunggu masa mabung pertamanya (7 – 8 bulan) sampai burung benar-benar rajin bunyi dan stabil. Namun, bukankah itu sudah risiko dari sebuah hobi / kegemaran (he.. he.. semangat !!!).

Kalau Anda melakukannya karena hobi, maka keikhlasan dalam merawat akan muncul dengan sendirinya. Tetapi kalau terburu-buru ingin melihat hasil akhir, ya lebih baik take-over cendet jawara, dengan risiko harganya tentu selangit.

Berikut ini beberapa hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan terhadap burung cendet yang masih berusia trotolan:

Melatih burung sejak masih trotolan

Cendet trotol

Cendet trotolan

Banyak trik merawat cendet trotolan yang bisa dilakukan secara menyenangkan. Misalnya, memberi makan di luar sangkar, melatih burung agar mau melompat ke tangan kita, melatih agresivitas cendet dengan memberinya pakan hidup di luar sangkar, dan sebagainya.

Melalui pelatihan dan perawatan seperti itu, cendet ketika dewasa nanti akan memiliki mental / keberanian yang bagus. Selain itu, cendet bisa dilatih untuk berkicau di luar sangkar atau melatihnya berkicau di atas tangan kita, tanpa rasa khawatir burung akan lepas atau kabur.

Berikut ini tayangan video yang menunjukkan betapa jinaknya cendet yang sudah dilatih sejak trotolan :

Memaster burung sejak masih trotolan.

Selain itu, meraway cendet sejak trotolan memungkinkan Anda untuk memasternya sejak dini. Sebab, burung yang masih trotolan lebih cepat merekam suara apapun yang sering didengarnya ke dalam memorinya.

Agar hasilnya lebih efektif, pemasteran cendet trotolan sebaiknya dilakukan di dalam ruangan. Dalam hal ini, cendet trotolan dimasukkan dalam ruangan bersama burung-burung master lainnya memang. Pemasteran di dalam ruangan akan menimbulkan suara yang jelas, karena adanya pantulan gelombang suara, sehingga cendet pun bisa lebih mudah merekam suara-suara burung master.

Pemasteran burung dalam ruangan seperti yang selama ini dilakukan oleh SKL BF

Satu ruangan diisi cendet trotolan dan dikelilingi burung-burung masteran.

Jarak antara cendet trotolan dan burung master sebaiknya sekitar 1,5 – 2 meter. Jarak ini cukupan, dalam arti tidak terlalu jauh yang membuat suara kurang terdengar jelas, namun juga tidak terlalu dekat yang membuat suara masteran terdengar begitu keras dan malah membuat cendet tidak fokus.

Burung master yang bisa digunakan untuk memaster cendet trotolan antara lain cucak jenggot, love bird, cililin, burung gereja tarung, branjangan, ciblek, kenari, dan jalak suren. Suara lain non-burung juga bisa Anda gunakan, misalnya belalang. Yang perlu diperhatikan, burung master yang digunakan mestinya sudah dalam kondisi gacor.

Merawat burung cendet trotolan

Cendet trotolan membutuhkan pakan dengan kadar protein tinggi, karena untuk mendukung pertumbuhan badannya. Kebutuhan protein bisa dipenuhi melalui extra fooding (EF), misalnya belalang dan  jangkrik.

Cendet yang sedang memangsa belalang hijau

Cendet yang sedang memangsa belalang hijau

Biasakan memberikan multivitamin, misalnya BirdVit, tiga kali seminggu. Selain untuk menutupi kekurangan vitamin dari pakan dan EF, multivitamin akan membuat kondisi burung relatif lebih fit sehingga mampu menangkal kehadiran bibit penyakit.

Adapun untuk menutup kekurangan beberapa jenis mineral, Anda bisa menggunakan BirdMineral, dengan frekuensi pemberian cukup 1-2 kali dalam seminggu. Mineral sangat bagus untuk pertumbuhan tulang secara sempurna, bulu-bulu yang mengkilap, dan berbagai fungsi lainnya.

Dalam perawatannya, jangan takut burung bakal menjadi manja alias miyik. Sebab cendet trotolan, terutama yang berjenis kelamin jantan, jarang sekali memiliki karakter seperti itu. Kalaupun mereka telanjur memiliki sifat miyik, maka setelah berganti bulu / berusia dewasa, sifat tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Dalam pengamatan Om Kicau, ada beberapa faktor yang bisa membuat cender manja, yaitu :

  1. Burung yang kekurangan protein.
  2. Burung muda / trotolan yang dipertemukan dengan burung sejenis.
  3. Faktor lain seperti emosi atau hal-hal lain yang berkaitan dengan perawatan.

Karena itu, jika Anda memiliki cendet yang masih berusia muda / trotolan, sebaiknya jangan mempertemukan mereka dengan burung sejenis.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 27 comments

  1. khoirudin

    ok mksih om atas infonya,
    oh ya om untuk pengmbilan anakan cendet sebaiknya umur brapa hari stelah mnetas,dan formula pkan apa yg tpat ,,?
    mhon infony lg om

  2. khoirudin

    ok mksih om atas infonya,
    oh ya om untuk pengmbilan anakan cendet sebaiknya umur brapa hari stelah mnetas,dan formula pkan apa yg tpat ,,?
    mhon infony lg om

  3. khoirudin

    om numpang tnya nih,,kmaren sya dpat cendet tua hsil tngkpan hutan,,swaktu msih di hbitatnya dia pamdai mnirukan suara burung lain yg ada di skitarnya
    bahkan suara kacer dan jangkrik pun dia fasih mnirukanya.
    yg ane maw tnya apakh stlah jnak nanti fariasi suara asli dia yg kyak di hutan msih trekam di memorinya atau mlah hilang,mhon infonya om.
    trmksih

    1. Aries Munandi

      suara imitasi burung akan tetap ada hingga mereka dewasa om, kalau sering dimaster juga suara lama gak akan hilang tetapi bisa menambah variasi suara baru, jadi kalau misalnya burung mengeluarkan suara barunya itu bukan berarti suara lamanya hilang, suara tersebut tetap akan dilantunkan jika mereka ingin. namun biasanya ‘play list’ mereka akan muncul semua begitu burung merasa top form atau bersemangat menumpahkan suara isiannya

  4. faruq

    om cendet saya lagi mengalami masa mabung,tetapi cendet saya sering memejamkan mata warna putih .gimana om agar gak memejamkan mata lagi

    1. Aries Munandi

      dengan menyiapkan voer yang sudah dibasahi dengan sedikit air lalu dicampur dengan makanan kesukaannya ( potongan jangkrik / potongan kadal / orong orong )

  5. ekomardianto

    Met malem om Aries Munandi…Sugeng ndalu, mau tanya om kalo pentet trotolan minimal umur berapa mereka bisa makan sendiri ? Lalu pentet trotolan jantan betina ciri2nya apa ya om ? Soalnya saya mau beli yg betina.
    Makasi om sebelumnya

    1. Aries Munandi

      sebenar burung trotolan usia 1-2 bulan sudah harus bisa makan sendiri, untuk itu harus dilatih dulu om, kalau pentet trotolan betina mungkin bisa dilhat dari bentuk kepala yang bulat badan kecil dan garis hitam di mata sangat tipis dan terputus sebelum pangkal hidung/ tidak nyambung

        1. Aries Munandi

          gak masalah om, mungkin emang karakter burung nya yang begitu. kalau agresif dalam tahap wajar masih bisa diabaikan om, kecuali kalau sudah menabrak-nabrak jeruji dan beresiko membuat cedera amak perlu di ambil tindakan lebih lanjut om. Biasanya cendet trotolan bertingkah agreasif itu lantaran mereka masih merasa lapar saja kok.

    1. eko

      dulu cendet temen sy juga kayak gitu om..jadi ekornya nggak pernah panjang & mulus,itu karena OB .kasih cacing 2x seminggu atau 1 percil (anakan katak) 1x seminggu

      1. eko

        mas aries, sy kan punya 2 cendet trotolan umur -+ 1 bulan.untuk memasternya itu satu jenis suara selama beberapa hari lalu gnti suara baru atau bermacam-macam suara secara lagsung…
        contoh= suara greja tarung selama 1 mggu,lovebird 1 minggu
        atau
        Suara greja tarung-love bird-jenggot-kenari scra langsung

        yang mana yang lebih efektif atau lebih bisa masuk di memori burung.

        1. Aries Munandi

          memaster burung trotolan bisa dicampur beberapa suara kok om, cuma dikasih jeda per suara dan direplay kembali . lebih bagus jumlah suara maksimal 3 – 5 suara perhari, contohnya : gereja tarung -kenari – lovebird – cililin – jenggot – balik lagi ke gereja tarung- dst, masing-masing diberi jeda selama 1 – 2 detikan, lakukan setiap pagi hari dan siang hari sewaktu burung istirahat

Komentar ditutup.