Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Telur puyuh rebus agar ciblek rajin bunyi

Pada kenari dewasa, pemberian telur puyuh rebus diyakini bisa merangsang burung lebih rajin berkicau. Itu sebabnya, hampir semua kenari mania menjadikan telur puyuh rebus sebagai menu wajib, meski tak diberikan setiap hari. Bagaimana apabila burung ciblek juga dibiasakan mengkonsumsi telur puyuh rebus? Apakah extra fooding (EF) ini juga bisa membuat ciblek lebih rajin bunyi?

feat ciblek2Fakta telur puyuh rebus ikut berperan dalam meningkatkan kegacoran burung kenari memang sudah tidak terbantah lagi. Bahan pakan ini diyakini membuat birahi kenari meningkat secara cepat, sehingga bisa membuat burung lebih rajin bunyi alias gacor.

Hal inilah yang membuat beberapa penggemar burung mencoba memberi telur puyuh rebus kepada ciblek. Efeknya memang cukup bervariasi. Ada beberapa ciblek yang menjadi lebih rajin berbunyi, dengan suara ngebrennya, tetapi tidak sedikit pula yang mengaku belum memperoleh perubahan secara signifikan.

Apa yang membuat pengalaman para penggemar ciblek berbeda? Menurut analisis Om Kicau, telur puyuh rebus tetap memberikan manfaat signifikan dalam membuat ciblek lebih rajin bunyi. Dalam setiap 100 gram telur puyuh terkandung 13,05 gram protein. Itu berarti kadar protein pada telur puyuh masih lebih tinggi daripada kadar protein pada telur ayam maupun telur itik.

Selain itu, telur puyuh juga banyak mengandung kolin. Zat ini berperan penting untuk perkembangan fungsi otak terutama pada burung muda dan burung yang sudah berusia tua. Dalam konteks ini, telur puyuh dapat membantu meningkatkan memori burung dalam merekam suara-suara burung master.

Bukan hanya itu. Yolk atau kuning telur dari telur puyuh mengandung senyawa lutein dan zeaksantin. Kedua senyawa ini merupakan pigmen yang memberikan warna kuning. Burung yang rutin diberi pakan yang kaya lutein dan zeaksantin akan memiliki retina mata yang relatif lebih sehat, serta lebih terhindari dari penyakit katarak.

Selain itu, burung yang kecukupan lutein dan zeaksantin akan memiliki bulu-bulu yang lebih sehat dan lebih mengkilap. Meski tidak berhubungan langsung dengan kualitas suara, burung dengan bulu-bulu yang sehat dan mengkilap cenderung lebih gacor daripada burung dengan bulu-bulu yang kusam dan berantakan.

Manfaat telur puyuh untuk ciblek

Manfaat telur puyuh untuk burung ciblek.

Melihat deskripsi kandungan gizi pada telur puyuh di atas, Om Kicau berpendapat bahwa pemberian bahan pakan tersebut tetap memiliki manfaat bagi ciblek, juga burung kicauan lainnya, baik untuk kebutuhan gizi harian maupun membantu dalam menggacorkan burung.

Nah, sekarang kembali pada pengalaman beberapa ciblek mania. Kalau sebagian mengatakan tidak melihat adanya perubahan pada kualitas kicauan cibleknya, boleh jadi masalahnya terletak pada materi dasar ciblek itu sendiri, atau terkait dengan kualitas genetik.

Bisa jadi pula, ada beberapa perawatan yang kurang tepat sesuai dengan karakter burung yang bersangkutan. Jadi, permasalahannya bukan pada telur puyuh rebus. Bagaimana perawatan ciblek, khususnya ciblek gunung, silakan buka kembali arsipnya di sini.

Perhatikan porsi pemberian telur puyuh

Jika Anda berminat memberikan telur puyuh rebus untuk ciblek di rumah, mohon diperhatikan frekuensi dan porsinya. Bagaimana pun, telur puyuh juga memiliki kandungan lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, hal ini bisa membuat burung mengalami kegemukan (obesitas). Efeknya jelas, yaitu burung justru menjadi malas bergerak, bahkan malas bunyi, sehingga justru bertentangan dengan niat awal untuk memberikan telur puyuh rebus kepada ciblek.

Karena itu, frekuensi pemberian telur puyuh rebus sebaiknya cukup 2-3 kali dalam seminggu. Adapun porsi pemberiannya cukup 1/2 butir, itupun hanya bagian kuning telurnya saja. Pagi hari, burung diberi 1/2 butir, dan sore hari juga diberi 1/2 butir.

Burung pemakan serangga seperti ciblek biasanya menolak ketika pertama kali diberi telur puyuh. Karena itu perlu diperkenalkan dulu, dengan cara mencampur kuning telur ke dalam voer.

Setelah diperkenalkan beberapa hari, biasanya ciblek pun akan terbiasa dengan aroma / bau dari kuning telur puyuh rebus, sehingga mereka may menyantapnya. Jika sudah terbiasa, kuning telur tak perlu dicampur voer, tetapi diletakkan dalam wadah terpisah.

Selain beberapa manfaat di atas, telur puyuh rebus juga bisa menjadi pakan alternatif pengganti kroto. Apalagi jika harga kroto sedang mahal atau susah didapatkan di pasaran.

Ini merupakan cara termudah dalam memberikan telur puyuh rebus kepada ciblek Anda di rumah. Om Kicau juga pernah memberikan panduan cara membuat egg food, yang bahan baku utamanya bisa telur puyuh, telur ayam, maupun telur itik. Pakan racikan ini juga bisa dijadikan alternatif pengganti kroto.

Selamat mencoba, semoga ciblek Anda makin  rajin berkicau, bahkan bisa mengeluarkan suara khasnya yaitu ngebren.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

8 Comments »

  1. Om, gimana cara nangkap ciblek yang lepas dari sangakar. Selain di pikat
    menggunakan burung sejenis Dan burung yang lepas nya itu sangat giras takut sama manusia. Tks

    Suka

  2. Makasi om Aries buat sharingnya…2 ekor pleci dirumah juga saya kasi telur puyuh rebus + TBB, alhamdulillah yg satu dah buka paruh yg satu lg dah ngeriwik, padahal saya baru beli ombyokan.

    Suka

  3. Om numpang tanya ya, ciblex putih sy kok bulunya ngga rapi ya.. Pada hal jemur tdk berlebih, bukan kutuan, tdk cabut bulu, apa ada obat dr om kicau? Pakan voor alus ef jankrik Dan UH Mohon Saran ya om… Terimakasih

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.088 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: