Video dan audio lovebird Kusumo milik Sigit WMP

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Lovebird berlagu panjang dan sesekali meraih juara itu merupakan hal biasa. Tetapi lovebird dengan penampilan cukup stabil, itu yang jarang dijumpai dan laik dikoleksi. Kusumo adalah salah satu jagoan lovebird yang penampilannya cukup stabil, selain Kelana. Keduanya merupakan gaco milik Sigit WMP dari Klaten. Di Hari Fitri ini, Om Kicau ingin mempersembahkan video dan audio lovebird Kusumo agar bisa dijadikan referensi bersama.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird Kusumo - Sigit WMP
Lovebird Kusumo bergaya neklek atau mendongak ke atas.

Meski sama-sama ditangani Sigit WMP, lovebird Kelana dan Kusumo memiliki gaya yang berbeda. Kelana, misalnya, kalau bunyi nembak panjang sambil ndoyong ke bawah. Adapun Kusumo bergaya neklek, atau mendongak ke atas.

Untuk melihat gambaran prestasi dan penampilan Kusumo yang stabil, berikut ini sebagian data prestasinya di tahun 2913 yang masih diingat oleh Om Sigit.

EvenPrestasi
Angkasa Pura Cup 2 Solojuara 2 dan 6
Jelovefa Cup Salatigajuara 1 dan 7
KMYK Cup 2juara 2, 5, dan 8
Bupati Cup Magetanjuara 1
Piala Raja 2013juara 3 Sekar Kedaton
Kelet Cup Jepara,juara 1
IKPBS Solo (27/7)juara 1 dan 7

Perawatan lovebird Kusumo

Dalam perawatan sehari-hari, Om Sigit cenderung tidak melakukan penyetelan secara khusus atau diistimewakan. Kusumo dirawat bersama-sama dengan burung yang lain, termasuk sesama lovebird.  Demikian pula saat dijemur, didampingkan secara langsung dengan lovebird yang lain, tanpa ada penyekatan.

Penjemuran lovebird Kusumo
Lovebird Kusumo (tengah) dijemur bersama burung lain.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Saat diangin-anginkan, Kusumo juga tetap didampingkan dengan burung lain tanpa disekat, seperti dengan lovebird dan burung kenari. Sore hari, begitu diambil dari anginan, baru dikerodong. Kalau mau lomba, Sabtu sudah mulai disendirikan dalam arti agak dijauhkan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lovebird Kusumo
Kusumo (kanan) dianginkan bersama burung lain tanpa sekat.

Meski begitu, Om Sigit berusaha memahami karakater burung-burungnya. Karena menghadapi burung setiap hari, Om Sigit bahkan sampai tahu kalau Kusumo dan jagoan lainnya sudah tidak betah atau nyaman dengan tangkringannya, sehingga dicarikan yang lebih baru atau kayu yang lebih segar. Tak heran apabila Om Sigit termasuk boros dalam urusan tangkringan.

Untuk even biasa atau regular, biasanya Kusumo dan Kelana jarang diturunkan  bersamaan, alias tampil bergantian. Namun untuk even akbar atau dianggap penting, dan keduanya sama-sama dalam kondisi on-fire,, Kelana dan Kusumo terkadang turun bersama. Bisa dalam satu sesi, bisa juga dalam sesi yang berbeda.

Nah, agar sobat kicaumania tahu persis seperti apa sih penampilan Kusumo, Om Sigit mengirimkan video saat Kusumo mengeluarkan tembakan.

“Itu tembakan saat di rumah, ketika didampingkan dengan buurng yang tiap hari ketemu. Kalau pas ketemu lawan di lapangan, tentu ceritanya beda. Dalam satu sesi, bisa keluar tembakan panjang 5 kali lebih, diselingi dengan bunyi-bunyi yang lebih pendek. Karena itu, pada penampilan terbaiknya, Kusumo nyaris selalu masuk papan atas. Soal juara 1 atau terpeleset ke posisi di bawahnya, itu tergantung pilihan juri, kadang kita sulit untuk ngomong,” kata Om Sigit.

Video lovebird Kusumo    l   Download

Audio lovebird Kusumo – 1   l  Dowlnload

Audio lovebird Kusumo – 2   l  Dowlnload

Om Sigit berharap, prestasi Kusumo (dan Kelana) bisa makin moncer pasca-lebaran. Kita lihat saja bersama-sama.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.