Merdunya suara kicauan burung towa-towa

Tahukah Anda, burung kicauan terpopular di Amerika Latin? Jika murai batu menjadi burung kicauan paling popular di Asia Tenggara, maka burung ocehan paling ngetop di Amerika Latin adalah lesser seed finch. Warga di Guyana menyebutnya burung towa-towa, tetapi warga Brazil dan beberapa negara lain menyebutnya curio. Ocehannya memang yahud, sekilas mirip kenari. Om Kicau menyediakan empat audio towa-towa yang dapat digunakan untuk memaster kenari atau burung kicauan lainnya.

Towa-towa perut oranye

Towa-towa perut oranye / chestnut-bellied seed finch (Oryzoborus angolensis)

—-

Lesser seed finch merupakan anggota keluarga Thraupidae, dengan genus / marga Oryzoborus. Genus ini terdiri atas enam spesies, yaitu :

  • towa-towa

    Habitat di wilayah timur Pegunungan Andes.

    Chestnut-bellied seed finch (Oryzoborus angolensis)

  • Thick-billed seed finch (Oryzoborus funereus)
  • Black-billed seed finch (Oryzoborus atrirostris)
  • Large-billed seed finch (Oryzoborus crassirostris)
  • Great-billed seed finch (Oryzoborus maximiliani)
  • Nicaraguan seed finch (Oryzoborus nuttingi)

Tetapi dari enam spesies tersebut, hanya dua saja yang termasuk towa-towa / curio / lesser seed finch, yaitu chestnut-bellied seed finch (Oryzoborus angolensis) dan thick-billed seed finch (Oryzoborus funereus).

Keduanya sering dianggap sebagai spesies yang sama, meski sebenarnya ada perbedaan dari penampilan fisiknya. Chesnut-bellied seed finch (khususnya jantan) memiliki perut berwarna oranye, mirip warna oranye pada murai batu. Adapun thick-billed seed finch memiliki perut berwarna hitam.

Chesnut-bellied seed finch hanya dijumpai di Amerika Selatan, khususnya wilayah timur Pegunungan Andes. Adapun jenis yang satunya lagi memiliki wilayah persebaran lebih luas, mulai dari Meksiko, Amerika Tengah, hingga sebelah baratdaya Amerika Selatan.

Namun, kedua spesies ini mempunyai tipikal suara kicauan yang sama. Hampir semua kicaumania di Amerika Latin menganggap towa-towa alias curio sebagai burung pengicau terbaik. Tidak heran kalau popularitasnya melebihi jenis burung kicauan lainnya.

Berikut ini, video suara kicauan burung towa-towa yang maknyus untuk dilihat dan didengar :

DOWNLOAD VIDEO TOWA-TOWA

—-

Burung towa-towa banyak dibudidayakan di Brazil, sehingga mampu menekan angka perburuan liar terhadap burung tersebut. Bahkan ada yang menganggap towa-towa dari Brazil punya kualitas kicauan paling bagus.

Namun, ketika Om Kicau melacak beberapa ragam suara kicauan burung ini melalui youtube, baik di Brazil, Puerto Rico, Guyana, bahkan sampai Trinidad and Tobago, rata-rata memiliki performa suara yang hampir sama: sama-sama merdunya.

Audio suara kicauan burung towa-towa

Audio burung towa-towa / curio

Towa-towa kini menjadi burung kicauan nomor 1 di Amerika Latin.

—-

Berikut ini empat audio burung towa-towa, yang sudah melalui proses penyuntingan, dengan durasi masing-masing sekitar 5 menit, yang bisa dijadikan bahan masteran bagi kenari dan burung kicauan lainnya.

  • Audio burung towa-towa 1    l    Download

—-

  • Audio burung towa-towa 2    l    Download

—-

  • Audio burung towa-towa 3    l    Download

—-

  • Audio burung towa-towa 4    l    Download

—-

Semoga bermanfaat.

—-

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 4 comments

Komentar ditutup.