Merawat anis kembang saat musim hujan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Beberapa daerah di Indonesia mulai sering diguyur hujan. Banyak pemilik anis kembang yang mengeluhkan sulitnya merawat burung ini jika hujan tiba. Banyak AK yang malas bunyi, akibat cuaca yang berubah menjadi lebih dingin daripada biasanya. Om Kicau akan coba memberikan solusi, yang bukan hanya dapat diterapkan pada musim hujan, tetapi juga bisa diterapkan oleh AK mania yang tinggal di daerah sejuk seperti Bogor, Kota Wisata Batu, Kaliurang, dan sebagainya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Anis kembang dan musim hujan
Butuh trik untuk merawat anis kembang di musim hujan.

—-

Kunci utama dalam merawat anis kembang pada musim hujan, maupun untuk daerah-daerah berhawa sejuk, terletak pada pemberian pakan tambahan atau extra fooding (EF). Karena dari sinilah AK akan memperoleh rasa hangat pada tubuhnya.

Dalam hal ini, perubahan dalam porsi pemberian EF bisa diberlakukan, tanpa harus mengubah setelan harian lainnya yang biasa diterapkan pada anis kembang.

Untuk memudahkan kicaumania yang masih bingung dengan perawatan harian anis kembang, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan :

  • Porsi jangkrik setiap pagi 3 ekor, dan sore juga 3 ekor.
  • Porsi cacing juga 3/3. Sebelum diberikan, cacing dicuci dalam air bersih, untuk menghilangkan lendirnya.
  • Berikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh, hanya pada pagi hari.
  • Berikan ulat hongkong yang berwarna putih, sebanyak 2-3 ekor, setiap malam.
  • Pemberian buah-buahan segar tetap diberikan setiap hari.

Beberapa pemain anis kembang yang tinggal di daerah dingin membuat perlakuan khusus terhadap beberapa pakan serangga sebelum diberikan kepada burungnya. Berikut ini rangkuman perlakuan mereka :

  • Jangkrik yang diberikan kepada anis kembang sebelumnya diberi pakan berupa wortel, jahe, dan kunyit.
  • Ulat hongkong yang diberikan harus berwarna putih atau sedang berganti kulit. Bagaimana cara membuat ulat hongkong cepat berganti kulit, silakan lihat kembali panduannya di sini.

Tips perawatan di atas juga bisa diterapkan baik pada musim hujan, maupun untuk AK mania yang mukim di daerah berhawa sejuk / dingin.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Merawat anis kembang di musim hujan
Perawatan tepat di musim hujan membuat AK tetap rajin bunyi.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Khusus untuk AK yang dirawat di daerah berhawa sejuk / dingin, diperlukan perawatan tambahan pada malam hari. Dalam hal ini, udara yang sangat dingin pasti akan membuat burung tidak nyaman, bahkan dapat memicu mabung yang lebih cepat daripada siklus normalnya.

Perawatan tambahan pada malam hari yang perlu dilakukan adalah memasang lampu bohlam 10 Watt di atas sangkar burung yang digantung. Selain bohlam, Anda juga bisa menggunakan lampu UV (ultraviolet) untuk menghangatkan tubuh burung pada malam hari.

Pemasangan lampu ini juga bisa diterapkan di daerah mana pun ketika hujan turun sejak sore hingga malam, yang menyebabkan suhu udara terlalu rendah daripada biasanya.

Esok paginya, kalau tidak hujan, burung bisa dijemur di bawah sinar matahari, meski intensitas cahaya relatif sedikit. Yang penting, burung mendapat kehangatan yang akan membuatnya tetap rajin bunyi.

Perlu diketahui, cuaca dingin mudah sekali melemahkan sistem pertahanan tubuh burung, terutama dari agen penyakit yang datang menyerang, meski dalam jumlah sedikit. Karena itu, pemberian multivitamin seperti BirdVit pada musim hujan perlu ditingkatkan. Anda bisa memberikannya setiap dua hari sekali.

Dengan perawatan yang lebih ekstra, khususnya pemberian EF, perlakuan di malam hari, penjemuran setiap pagi, serta rutin memberikan multivitamin, maka metabolisme burung tetap lancar seperti biasanya dan tidak akan mengurangi intensitas kicauannya, meski di daerah Anda sering turun hujan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.