MB Turkey milik Cokie: Mandi cukup 2x seminggu

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Murai batu Turkey milik Cokie dari Free York BC saat ini memimpin klasemen sementara dalam Liga Ronggolawe Jabodetabek. Hingga seri keempat, burung ini mengoleksi 440 poin, unggul tipis dari rival terdekatnya, Pachinko(420 poin) milik Desly dari Kartu SF Depok. Bagaimana perawatan harian Turkey, hingga bisa digdaya dalam even akbar di Jabodetabek? Berikut ini tips perawatan murai batu Turkey, yang sehari-hari ditangani Ilung.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Murai batu Turkey
MB Turkey: Mandi dua kali seminggu, masuk kandang umbaran usai lomba.

—-

Menurut Ilung, perawatan Turkey relatif sederhana. Bahkan, burung ini hanya mandi dua kali dalam seminggu, yaitu Senin dan Kamis. Jadi, setiap pagi, dia tinggal membuka kerodong, lalu burung dianginkan sebentar, kemudian langsung dijemur.

“Penjemurannya terbilang keras, bisa sekitar tiga hingga empat jam. Waktu penjemurannya pun terkadang sampai jam duabelas siang,” ungkap Ilung.

Sambil dijemur, burung diberi extra fooding (EF) berupa jangkrik. Jumlahnya lumayan banyak, 15 ekor sehari, yang diberikan dua kali: pagi dan sore hari. Tapi, khusus sehari menjelang lomba, porsi jangkrik diubah menjadi 25 ekor per hari.

Cokie dan MB Turkey
Cokie dan MB Turkey

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Usai dijemur, burung dianginkan sebentar, selanjutnya dikerodong dan diistirahatkan hingga sore hari. Sore hari, burung cukup dianginkan di teras sambil diberi jangkrik.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hanya seminggu sekali Turkey dimasukkan dalam kandang umbaran, itupun dilakukan sehari setelah lomba. Ini merupakan terapi untuk memulihkan kondisi mentalnya usai bertanding. Jadi, kandang umbaran bukan untuk melatih fisik.

“Misalnya lombanya hari Minggu, maka hari Senin burung masuk ke kandang umbaran, sejak pagi hingga siang hari saja, sambil berjemur,” jelas Ilung. Dengan terapi seperti ini, burung bisa leluasa bergerak, dan ini bisa menjadi refreshing tersendiri bagi burung.

Hanya dengan perawatan sederhana inilah, Turkey selalu tampil fight di lapangan, bahkan kini menjadi pimpinan klasemen sementara Liga Ronggolawe Jabodebatek.

Saat bertemu musuh-musuhnya, Turkey selalu ngeplay, sambil mengeluarkan tembakan cililin, cucak jenggot, dan lovebird.

Cokie merasa puas bisa memiliki gaco seperti Turkey. “Kalau tidak salah, gelar juara pertama yang diraih burung ini sudah lebih dari 40 kali,” kata Cokie. d’one

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.