Info harga burung di PB Pramuka – Februari 2014

Informasi harga burung di Pasar Burung (PB) Pramuka Jakarta ini berdasarkan hasil pantauan atau kunjungan dari beberapa rekan kicaumania, yang dilakukan mulai pertengahan Januari hingga 11 Februari 2014. Secara umum, info harga burung di PB Pramuka – Februari 2014 diperkirakan akan bertahan hingga awal Maret mendatang (dengan sedikit perubahan harga di sana-sini). Ketika intensitas hujan mulai menyurut (diprediksi pertengahan Maret 2014), kemungkinan besar akan kembali terjadi penyesuaian harga.

Pasar burung Pramuka

Salah satu sudut Pasar Burung Pramuka Jakarta.

Meski sebagian wilayah Jakarta sempat tergenang banjir, harga burung di PB Pramuka secara umum tidak terlalu banyak berubah dari periode sebelumnya, terutama Oktober 2013. Kemungkinan besar beberapa pedagang telah mengantisipasi sebelum puncak musim hujan, dengan mendatangkan stok cukup banyak dari pengepul besar.

Harga burung murai batu muda hutan atau bakalan asal Nias, misalnya, ditawarkan mulai dari Rp 700.000 hingga Rp 900.00 . Harga ini ditawarkan oleh beberapa kios. Adapun murai batu yang disebut pedagang sebagai murai batu lampung ditawarkan pada kisaran harga Rp 500.000 untuk ekor pendek dan Rp 650.000 untuk ekor panjang.

Ketersediaan kenari di PB Pramuka cukup lengkap, mulai dari kenari lokal, kenari holland, kenari taiwan, lizard, hingga yorkshire. Harga yang ditawarkan tentu bervariasi tergantung kualitas, kondisi burung, dan kepintaran Anda dalam menawar balik, he… he.. he…

Daftar harga burung di Pasar Pramuka bulan Februari 2014

Berikut ini daftar harga burung kicauan di Pasar Burung Pramuka, Jalan Pramuka, Kelurahan Matraman, Jakarta Timur. Harga yang tertera di sini tidak memiliki perbedaan secara  signifikan dengan pasar burung lain di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Jenis Burung Harga Keterangan
1 Anis Merah RP 450.000 – RP 800.000 Tergantung kondisi
2 Anis Kembang RP 350.000 – RP 600.000 Tergantung kondisi
3 Anis Cendana RP 250.000 – RP 300.000 Tergantung kondisi
4 Blackthroat RP 500.000 – RP 750.000 -
5 Cucak Ijo RP 500.000 – RP 650.000 Nopeng – MH
6 Cucak Io RP 300.000 Polos – MH
7 Cucak Ijo Mini RP 180.000 -
8 Cucak Ranting RP 185.000 -
9 Cucak Rawis RP 65.000 – RP 90.000 -
10 Cucak Wilis Rp 50.000 – RP 75.000 -
11 Cucak Biru RP 250.000 – RP 400.000 -
12 Cendet RP 180.000 -
13 Ciblek kapas RP 150.000 – RP 300.000 -
14 Ciblek semi RP 35.000 – RP 75.000 -
15 Ciblek dada kuning RP 25.000 – RP 65.000 -
16 Cililin RP 350.000 – RP 400.000 MH
17 Cucak jenggot Sumatera RP 250.000 -
18 Decu RP 180.000 -
19 Jalak Kebo RP 75.000 – RP 200.000 Tergantung kondisi
20 Jalak Suren Malaysia RP 350.000 -
21 Jalak Suren Jawa RP 400.000 – RP 450.000 Anakan – bakalan – MH
22 Jalak Suren Jawa RP 800.000 – RP 1.200.000 Dewasa
23 Jalak Nias RP 150.000 – RP 200.000 -
24 Jalak Kapas RP 50.000 – RP 75.000 -
25 Kenari lokal RP 230.000 – RP 250.000 Ombyokan usia 3 bulanan
26 Kenari lokal RP 350.000 – RP 400.000 -
27 Kenari Lokal Super RP 450.0000 -
28 Kenari Yorkshire RP 6.000.000 -
29 Kenari Lizard Rp 750.000 -
30 Kenari RI Rp 650.000 -
10 Kenari Taiwan RP 550.000 -
32 Kenari Holland RP 750.000 -
33 Kenari Border RP 1.500.000 -
34 Kutilang emas RP 45.000 – RP 70.000 -
35 Kutilang sutera RP 45.000 – RP 70.000 -
36 Kepodang RP 300.000 – RP 400.000 -
37 Kacer RP 350.000 – RP 400.000 -
38 Kacer Jatim RP 300.000 – RP 350.000 Trotolan – bakalan
39 Kacer Jatim RP 450.000 – RP 800.000 Tergantung kondisi
40 Kapas tembak RP 150.000 – RP 180.000 -
41 Mozambik RP 350.000 Bakalan / betina
42 Murai air mancur RP 150.000 – RP 250.000 -
43 Murai batu Medan RP 2.000.0000 Bakalan
44 Murai batu lampung RP 400.000 – RP 650.000 Tergantung kondisi
45 Murai batu Nias RP 700.000 – RP 900.000 Tergantung kondisi
46 Murai batu Jambi RP 450.000 – RP 500.000 Muda Hutan
47 Murai batu Borneo RP 350.000 – RP 500.000 Muda Hutan
48 Murai batu Aceh RP 1.200.000 Muda Hutan
49 Pleci dada abu RP 45.000 – RP 65.000 Mata putih Jatim
50 Pleci dada kuning RP 25.000 – Rp 65.000 Mata Putih / Body besar
51 Pleci Buxtoni RP 20.000 – RP 25.000 Ombyokan
52 Parkit sepasang RP 100.000 – RP 150.000 Tergantung warna
53 Perkutut Lokal RP 50.000 – RP 70.000 -
54 Perkutut Bangkok RP 80.000 – RP 100.000 -
55 Robin peking Rp 500.000 Ombyokan
56 Pelatuk RP 70.000 – RP 150.000 -
57 Sanger Rp 600.000 -
58 Srigunting Krantil RP 300.000 – RP 400.000 -
59 Srigunting biasa RP 150.000 – RP 200.000 -
60 Serindit RP 80.000 – RP 150.000 -
61 Tledekan Sumatera RP 150.000 -
62 Tledekan gunung jawa RP 200.000 -
63 Tledekan laut RP 100.000 – RP 200.000 -
64 Trucukan Rp 20.000 – RP 40.000 -
65 Tengkek RP 45.000 – RP 60.000 -

NB: Harga di atas tidak bersifat mengikat, sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung stok, kondisi dan permintaan pasar.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 13 comments

  1. Asp

    saya orang palembang emang bener yang di bilang orang jakarta murai lampung itu adalah murai borneo,
    di palembang asal usulnya masih jelas, saya sering banget berdebat sama penjual di Pramuka atau jakarta maslah MB lampung adalah MB borneo…harus di ingat MB lampung Ngak ada sangat sedikit itupun perbatasan SUMSEL dan lampung langka banget…hati2 kalau beli, saran saya mendingan beli di penangkaran yang sudah kita kenal indukannya…di jakarta ma parah soal asal usul burung banyak boongnya, saya sering ketawa dalam hati kalau dengerin penjual burung di jakarta…

  2. ustand

    Mau beli murai langsung ke sumatera aja om, dipinggir – pinggir jalan banyak yg jual :D, dari jakarta (ckg) – padang (pdg) ± 600rb, naik travel ke RAO (pasaman timur), atau mandailing natal (tapanuli selatan) ±100rb, disana asal muasal murai paling top markotop (y), yg namanya sampai sekarang disebut murai medan, ekor panjang semua ±18cm ada dua jenis ekor agak kasar kaku asal hutan kumpulan, ekor lembut asal pasaman timur, nama yg terakhir sy jamin (y), jadi ongkos PP + urusan dinas peternakan ± 2jt udah sama jajan harga burung 1jt-an, jadi total 3jt anda sudah dapat murai berkualitas. (Y) good luck

  3. poppay

    kkkkkkkkkkkkkkkkkkkk bener tuh dias. cari uang udah susah ketipu terus. :S :S Kalu di dunia sdh bakalan nipu nanti di akhirat jadi gacor loh…… kawowakoawkoawkoawkawokawoaw

  4. warnata

    permisii….numpang nimbrung, mangkanya kalau mau membeli burung, pelajari dulu, tau dulu ilmunya, baru mereka** harga, harga di atas hanya kisaran, namun pada kenyata’anya sangat berbeda,….pintar**lah menyimak, memilih…baru membeli agar ta’ kecewa….. terimaka kasih. by: muraynisti,

  5. Cah angon

    Saya sudah sering membeli bahan murai batu di pasar pramuka yang kata pedagang adalah lampung, namun setelah di cek di beberapa blog melalui browsing internet dan rekan kicau , ternyata murai tersebut adalah borneo. Dan saya membeli murai batu yg katanya medan namun ternyata adalah lampung,, jadi saya mengasumsikan bahwa di PB. Pramuka para penjual sepakat menyebut murai lampung adalah borneo, dan murai bermotif ekor sumatra di sebut murai batu medan.!! Ini jelas pembodohan jakarta memang keras lebih keras lagi kalau belinya sama calo murai asal borneo yg pola ekornya mirip sumatra bahkan di bilang medan.!! Jelas ini penipuan sedangkan kita tahu harga di antara ke dua murai asal tersebut berbeda.!! Ini beneran adanya bahkan para pedagang bilang di pb. Pramuka murai asal lampung itu gembung.!! Hati-hati jakarta memang keras untuk mencari rupiah saja saling mangsa sesama para hobi :( miris rasanya, seharusnya saling merangkul agar para pemula tidak kapok akibat para pedagang nakal.. Terimakasih semoga bermanfaat #amien

    1. Sang Penantang

      cah angon@ anda bilang; Ini jelas pembodohan jakarta memang keras lebih keras lagi kalau belinya sama calo murai asal borneo,mohon maaf sebelumx,org asli borneo ga ada yg jd calo burung
      di jakarta

  6. handika

    Miris rasanya kalo baca/denger harga mb lampung dibawah 500rb. Padahl di lampung sendiri harga bahanya aj jutaan. Kalo hrg mb lampung di pulau jawa dibwh 500 mb lampung yg seperti apa yg di maksud mungkin yg di maksud mb lampung KW1 alies borneo!!! Mb lampung di lampung udh jd barang langka dan hrgnya mahal om org lmpung aja kebnykn piara mb nias lho,

    1. Aries Munandi

      betul om, tapi faktanya begitu om, semua pedagang yang dihubungi pasti menyebut mb lampung, meskipun di daerah asalnya harganya cukup tinggi tapi di daerah jabodetabek harga murai bakalan justru lebih murah om, saya saja dapat murai lampung super ekor panjang sudah voer total cuma Rp 1 juta om :), yang penting setiap belanja burung ke pasaran kita harus tetap waspada om, dalam artian harus bisa memahami jenis apa yang ditawarkan jangan terlalu terlena oleh harga murah. Murai borneo di sini yang bakalan cuma 250 – 350 ribuan, kalau ada murai yang ditawarkan dibawah harga 500 ribu ya jangan mimpi dapat murai sumatera :)

    2. wicaks

      benar banget om pernah ada temen kasih tahu orang baru saja dapet mb dari hutan di pogung(lampung barat) sampe rumah langsng ada yang mau bayar 1,5jt itu 1tahun yang lalu.
      kalau sekarang katanya harga tangkapan hutan sudah sekitar 2jtan

  7. dias

    om kicau maaf sekedar saran/kritik ada baiknya di artikel ini(info harga burung di pb pramuka february2014) tentang “Adapun murai batu yang disebut pedagang sebagai murai batu lampung ditawarkan pada kisaran harga Rp 500.000 untuk ekor pendek dan Rp 650.000 untuk ekor panjang”
    baiknya tdk ada krn sm sj ikut serta membodohi/menipu para pemula hoby burung khususnya murai batu.krn tidak sedikit yg tertipu dngn kata2 murai batu lampung super ternyata borneo.apa lg om kicau sendiri lbh tau kl murai batu lampung itu sdh langka,masa iya bs djual dngn hrg sgt,dan dilist pun bgt,saya harap om kicau bisa memakluminya,trmksh.

Komentar ditutup.