Kumpulan audio burung pelatuk dari empat spesies

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung pelatuk terdiri atas ratusan jenis (spesies), sebagian bisa ditemukan di Indonesia dan sebagian lagi hanya bisa dijumpai di mancanegara. Pelatuk merupakan salah satu burung master favorit di Indonesia, terutama untuk memaster murai batu, cucak hijau, dan sebagainya. Kali ini, Om Kicau akan berbagi kumpulan audio burung pelatuk dari empat spesies: pelatuk besi,  pelatuk hairy, pelatuk pileated, dan caladi ulam.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Suara pelatuk banyak digunakan untuk memaster burung kicauan
Suara burung pelatuk banyak digunakan untuk memaster burung kicauan.

Burung pelatuk, seperti pernah disebutkan di sini, termasuk dalam ordo Piciformes yang hampir bisa ditemukan di seluruh dunia. Di seluruh dunia terdapat 218 spesies burung pelatuk.

Pelatuk memiliki jari-jari kaki yang berbeda dari burung petengger atau Passeriformes, yaitu dua jari menghadap ke depan dan dua jari lagi menghadap ke belakang. Bentuk jari-jari kaki inilah yang membantunya saat merambat pada batang pohon secara vertikal.

Karena jumlah spesies yang terlalu banyak, Om Kicau akan mengulasnya secara bertahap, terutama soal suaranya yang mantap sebagai sebagai masteran bagi burung peliharaan Anda di rumah. Kali ini, kita bahas empat spesies dulu.

1. Pelatuk besi (Dinopium javanense)

Pelatuk besi / common flameback (Dinopium javanense) merupakan burung pelatuk yang umum ditemukan di hampir semua wilayah Indonesia seperti Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Pelatuk besi ( Dinopium Javanense)
Pelatuk besi / common flameback (Dinopium javanense)

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung pelatuk besi biasa ditemukan di hutan-hutan pada dataran rendah agak terbuka dan lahan pertanian. Mereka hidup berpasangan, dan saling memanggil secara teratur dengan berbagai suara kicauan yang terdiri atas suara panggilan (call), lagu / kicauan  (song), dan thrill (bisa diterjemahkan sebagai suara tembakan).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Makanan utamanya berupa serangga seperti semut, kalajengking kecil, ulat, larva, dan serangga kecil lainnya. Sebagaimana spesies pelatuk lainnya, pelatuk besi akan bersarang dalam sebuah lubang pohon yang tinggi, di daerah terbuka, misalnya tanaman buah dan pohon kelapa.

Dalam artikel sebelumnya disebutkan, burung pelatuk besi atau dikenal juga sebagai pelatuk bawang sering dimanfaatkan sebagian masyarakat kita untuk ritual tertentu.  (Silakan buka artikelnya di sini ).

Berikut ini dua audio kicauan burung pelatuk besi:

Suara pelatuk besi variasi 1 | Download

Suara pelatuk besi variasi 2 | Download

Pelatuk hairy  |  Pelatuk pileated  |  Caladi ulam

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.