Membuat pepaya kering untuk burung paruh bengkok

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin A, C, dan E pada pepaya cukup tinggi sehingga bisa menjadi antioksidan yang bermanfaat. Biasanya pepaya diberikan kepada burung dalam keadaan segar. Tetapi ada sebagian penggemar burung paruh bengkok (parrot) memberikan pepaya dalam bentuk kering. Kali ini Om Kicau ingin memberikan panduan mengenai cara membuat pepaya kering untuk burung paruh bengkok.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Buah pepaya kering untuk burung
Burung paruh bengkok sangat menyukai buah pepaya yang telah dikeringkan

Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya untuk manusia saja, tetapi juga baik untuk burung piaraan.

Pepaya memiliki kadar air dan gula yang cukup tinggi. Kalau dikeringkan, maka kandungan air akan menyusut sampai mendekati 0%. Akibatnya, bobot buah juga menyusut, tinggal 1/4 dari bobot semula atau ketika dalam kondisi masih segar.

Meski kandungan airnya menyusut drastis, kadar gula justru bertambah. Ketika pepaya kering diberikan kepada burung, maka burung akan mendapatkan makanan dengan kandungan gula dan kalori empat kali lebih banyak daripada buah pepaya segar.

Apa tujuan pemberian pepaya kering? Terkait kadar gula dan kalori yang meningkat, tentu saja hal ini bisa membuat burung lebih aktif, lebih rajin bunyi.

Tetapi ada satu hal yang mesti diingat. Proses pengeringan pepaya akan membuat kandungan nutrisi lain hilang. Sebab proses pengeringan pepaya menggunakan panas cukup tinggi, yang bisa menghancurkan vitamin dan mineral tertentu.

Karena itu, pepaya kering tidak perlu diberikan setiap hari dan jangan dijadikan extra fooding (EF) tunggal. Porsi pemberiannya cukup 2-3 kali seminggu, dan ketika diberikan jangan sampai melupakan EF lainnya

Adapun cara penyajiannya bisa dicampur dengan pakan bijian, Bisa juga dimasukkan dalam wadah tersendiri, terutama untuk burung paruh bengkok berukuran besar seperti nuri atau kakatua.

Pepaya kering kini menjadi salah satu jenis pakan yang popular untuk semua jenis burung paruh bengkok. Bahkan pakan ini tersedia di toko pakan burung, baik dalam bentuk kalengan maupun kiloan.

Jika mau membuat sendiri, berikut ini panduan ringkasnya:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pepaya kering untuk burung
Buah pepaya dipotong kecil-kecil, lalu dikeringkan menjadi pakan yang digemari burung parbeng.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Bahan baku yang dibutuhkan:

  • Buah pepaya.
  • Baki yang biasa digunakan membuat kue kering.
  • Oven untuk memanggang.

Proses pembuatan pepaya kering:

  1. Bersihkan buah pepaya pada air yang mengucur (langsung dari keran).
  2. Potong pepaya menggunakan pisau menjadi bentuk seperti dadu kecil.
  3. Letakkan potongan-potongan buah dalam baki.
  4. Panggang dalam oven dengan api sedang, atau dengan suhu sekitar 35 – 37 º Celcius selama 12 jam. Alternatif lain, jemur di bawah terik matahari, dengan catatan lokasi penjemuran terbebas dari serangga penyebar bakteri seperti lalat, tikus, atau binatang lainnya.
  5. Setelah kering, simpan pepaya kering di tempat yang bersih, kering, dan dalam wadah kedap udara. Lebih baik lagi disimpan di tempat gelap, misalnya dalam lemari makanan, karena cahaya dari lampu cenderung membuat warnanya berubah.
  6. Berikan kepada burung 2-3 kali seminggu,.

Pepaya kering ini bisa membantu burung lebih aktif, dan bisa merangsangnya menjadi rajin berbunyi, karena burung sangat menyukai rasa dan kerenyahannya.

Sekali lagi, selama pemberian pepaya kering, sebaiknya buah-buahan lainnya tetap diberikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.