Bengkak pada pembuluh darah di kaki burung? Ini cara mengobatinya!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Masalah kesehatan yang umum terjadi pada burung kicauan adalah gangguan pada bagian kaki. Bisa dimaklumi, karena kaki merupakan bagian yang tak terlindungi bulu, dan selalu berinteraksi dengan benda-benda di dalam kandang seperti tangkringan, dasar sangkar, jeruji, hingga wadah pakan dan wadah minum. Jika sedang apes, pembuluh darah pada kaki bisa mengalami pembengkakan, dan terlihat jelas dari luar. Bagaimana cara mengobati bengkak pada pembuluh darah di kaki burung?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Urat kaki burung menonjol
Bagian kaki burung tidak terlindungi bulu sehingga rawan gangguan.

Penyakit yang disebabkan pembengkakan pembuluh darah pada kaki burung ini bisa langsung kita lihat, karena adanya urat-urat yang menonjol. Penyakiy ini berbeda jauh dari apa yang disebut scaly leg / kaki berkerak.

( baca juga Mengatasi kaki berkerak pada burung )

Sampai saat ini belum diketahui jelas penyebab pembengkakan pembuluh darah pada kaki burung. Beberapa ahli sejauh ini baru memprediksi beberapa kemungkinan penyebabnya, misalnya kaki burung terbentur benda yang menyebabkan ligamen tertekan sehingga pembuluh darah tersumbat. Kemungkinan lain, burung mendarat ke permukaan benda yang keras, atau bisa juga infeksi akibat perlukaan.

Kaki burung bengkak
Burung yang mengalami pembengkakan pembuluh darah pada kakinya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Jika diperhatikan, gangguan kesehatan ini sangat mirip dengan gejala phlebitis pada manusia. Phlebitis atau superficial phlebitis (thrombophlebitis phlebitis) adalah kondisi di mana pembuluh darah vena mengalami inflamasi / peradangan. Phlebitis biasanya terjadi pada pembuluh darah di bagian kaki.

GEJALA KLINIS YANG TAMPAK PADA BURUNG

Pada umumnya, pembengkakan pembuluh darah di bagian kaki sering menyerang burung kenari maupun burung dari keluarga jalak-jalakan. Namun, burung dari jenis lainnya juga bisa saja mengalaminya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung yang mengalami penyakit ini akan sangat merasakan sakit di bagian kakinya, sehingga ia kerap mengangkat kaki dan cenderung tidak mau menggunakan kakinya untuk beraktivitas. Akibatnya, burung lebih sering berada di dasar sangkar.

Dalam kondisi parah, burung mulai ogah makan. Pada saat itu kakinya terlihat kemerahan, dan pembuluh darah makin jelas terlihat dari luar. Ketika memegang kakinya, kita akan merasakan hangat karena adanya penumpukan darah akibat pembengkakan tersebut. Pembuluh darah pada kaki pun terlihat menonjol.

Kaki burung bengkak
Pembuluh darah pada kaki burung terlihat bengkak, merah, dan menonjol.

PENANGANAN DAN PENGOBATAN

Ketika menghadapi situasi tersebut, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memindahkan burung ke kandang / sangkar karantina, kemudian meletakkan handuk lembut pada bagian dasar sangkarnya. Jangan lupa menurunkan posisi tenggeran, agar burung tidak terlalu banyak melakukan aktivitas.

Untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengolesi Orajel ke bagian kaki burung yang bengkak. Orajel merupakan obat tumbuh gigi yang biasa diberikan kepada bayi atau balita. Obat berupa jel ini bisa Anda dapatkan di apotek, dan diyakini efektif dalam mengatasi rasa sakit akibat pembuluh darah yang bengkak pada kaki burung.

Itu solusi mengurangi rasa sakit pada burung, sehingga nafsu makan burung bisa diatasi terlebih dulu. Untuk mengobati pembengkakan itu sendiri, Anda bisa menggunakan kombinasi Dimethyl sulfoxide (DMSO) dan krim vitamin A & D yang biasa digunakan untuk pengobatan kulit.

Oleskan campuran obat-obatan tersebut, kemudian dioleskan pada bagian kaki burung yang bengkak. Lakukan hal ini beberapa kali, sampau pembuluh darah yang bengkak akan mengering dan pelan-pelan mengecil.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

  1. Okelah kl gt om Aries. Trims ya. Udah sy kasi birdcream sekali kmrn. Dan sptnya ada sedikit perubahan krn wlpn msh terlihat sering mengangkat 1 kakinya tp udah ga selama dan sesering hari sebelumnya. Besok pagi mau saya ulangi lagi. Mg2 bisa segera sembuh. Kl utk obat2an apotek, saya tdk terlalu suka krn bukan obat yg khusus didesain utk burung. Ga berani om..hehehe

  2. Kl pake birdcream aja bisa membantu penyembuhan gak om? salah 1 kenari saya ada yg bengkak dan bentol merah di ujung kakinya. Terpantau sering mengangkat sebelah kakinya.

    • untuk meringankan sakit birdcream bisa diberikan untuk mengompress urat kaki yang terkena radang pembuluh darah om, sedangkan untuk pengobatannya birdcream bisa dikombinasikan dengan obat-obatan apotik. Kalau untuk mengobati kaki kenari yang bengkak karena infeksi, penyakit, atau bakteri sebaiknya memang diberikan BirdCream, karena Birdcream cukup ampuh menyembuhkan kaki burung yang sakit.

Komentar ditutup.