Sun conure, burung parrot cerdas yang selalu ingin tahu

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Apabila Anda penggemar burung paruh bengkok yang atraktif dan bisa meniru beragam suara, sun conures bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sun conure (Aratinga solstitialis) termasuk burung paruh bengkok yang mudah dirawat. Bulu-bulunya cantik, cerdas, dan memiliki sifat selalu ingin tahu. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sun conure
Sun conure, burung paruh bengkok yang atraktif dan selalu ingin tahu.

Sun conure berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko, serta beberapa ditemukan di Kepulauan Karibia. Spesies ini hidup liar di pegunungan, hutan dan lahan pertanian di negara asalnya.

Mereka umumnya hidup dengan cara berkelompok dalam jumlah kecil hingga besar. Penamaan sun conure mengacu pada kebiasaan burung ini saat terbang berkelompok, yang terlihat seperti matahari dengan warna bulu-bulu yang menyilaukan.

Sejak puluhan tahun lalu, burung ini kerap ditangkapi untuk dijadikan peliharaan, sehingga populasinya menurun drastis pada abad ke-19. Namun pada akhir dekade 1980-an, populasinya kembali melonjak setelah banyak penggemar yang mulai menangkarkannya hingga sekarang.

Menangkarkan sun conure
Penangkaran sun conure telah menyelamatkannya dari ancaman kepunahan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sun conure merupakan spesies burung betet yang memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm. Namun sama seperti lovebird, nuri, makau, dan serindit, sun conure juga termasuk anggota keluarga burung paruh bengkok (Psittacidae).

Burung ini berada dalam genus Aratinga. Genus atau marga ini yang mempunyai tujuh spesies, yaitu:

  • Golden-capped parakeet (Aratinga auricapilla)
  • Jandaya parakeet / jenday conure (Aratinga jandaya)
  • Sulphur-breasted parakeet (Aratinga maculata)
  • Nanday parakeet (Aratinga nenday)
  • Sun conure / sun parakeet (Aratinga solstitialis)
  • Aratinga vorohuensissudah punah
  • Dusky-headed conure / dusky-headed parakeet (Aratinga weddellii)

Sun conure termasuk burung monomorfik seksual, yang berarti jenis kelamin susah dibedakan dari penampilannya, karena burung jantan dan burung betina memiliki bentuk dan penampilan yang hampir sama. Namun beberapa tengara berikut ini bisa dijadikan panduan dalam mengidentifikasi jenis sun conure:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Burung jantan cenderung memiliki sifat teritorial terhadap sangkarnya.
  • Burung jantan cenderung memiliki suara lengkingan lebih kencang.

Di Indonesia, sun conure juga sudah lama dikenal kalangan parrotmania. Banyak di antara mereka yang memelihara burung dengan warna bulu kuning cerah ini sebagai burung terlatih, baik untuk melakukan berbagai atraksi seperti free flight atau untuk menirukan berbagai macam suara termasuk suara manusia, meski tidak sefasih kakatua.

Bukan itu saja, sun conure pun bisa menjadi satpam rumah Anda, karena mereka akan berteriak kencang jika melihat orang lain muncul di hadapannya. Perilaku ini sangat mirip dengan perilaku burung jalak suren sebagai burung penjaga rumah.

Pakan burung sun conure berupa biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Dalam perawatan hariannya, pakan yang diberikan bisa berupa bijian pakan lovebird yang dicampur dengan kacang-kacangan.

Sun conure termasuk burung yang sangat berisik dan cukup cerewet. Apalagi suaranya cukup keras dan bisa memekakkan telinga, sebagaimana burung dari jenis nuri atau betet lainnya.

Burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia, dan sangat senang bermain. Untuk menghindarkan burung ini dari stres, sebaiknya berikan waktu berjalan-jalan di dalam ruangan di luar kandang  selama beberapa jam.

Banyak penangkar sun conure di Indonesia yang menjual hasil tangkarannya
Sebagian sun conure di pasaran Indonesia merupakan hasil penangkaran lokal.

Di Indonesia, sun conure biasanya ditemukan di pasar burung yang besar, dan dijual per pasang. Umumnya burung-burung tersebut merupakan hasil penangkaran lokal, meski ada juga yang tetap didatangkan dari mancanegara.

Di media-media sosial dan internet, banyak iklan yang menjual burung sun conure dewasa atau anakan dengan harga yang bervariasi.

Berikut ini video yang menggambarkan bagaimana burung sun conure bisa dilatih untuk melakukan free flight:

Simak juga video berikut ini:

Semoga bemanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.