Membuat tepung cabai untuk anis merah yang macet bunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cabai merah merupakan tanaman sayuran yang kaya vitamin C dan sangat bermanfaat untuk tubuh. Meski terasa pedas dan panas pada indera pencecap manusia, burung tidak merasakan hal tersebut. Seperti ditulis sebelumnya (cek di sini), burung tidak memiliki reseptor rasa sehingga tidak merasakan efek panas dan pedas dari cabai. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Anis merah macet bunyi
Anis merah macet bunyi bisa diatasi melalui pemberian tepung cabai.

Bahkan pemberian cabai merah pada burung kicauan bisa merangsangnya rajin bunyi, terutama anis merah. Penggunaan cabai merah sebagai pakan burung sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, dengan hasil yang beragam.

Namun rata-rata mengakui ada perubahan pada burung piarannya setelah diberi pakan yang mengandung cabai, misalnya burung yang semula malas bunyi menjadi lebih rajin berbunyi, atau burung yang semula kurang aktif menjadi lebih aktif.

Bukan itu saja, beberapa penggemar anis merah meyakini kalau burung bakalan dan / atau burung yang macet bunyi  akan berubah menjadi aktif dan mudah terangsang untuk bunyi setelah diberi pakan yang mengandung cabai. Tentu perubahan itu tak tersejadi seketika, melainkan secara bertahap hingga beberapa minggu.

Berdasarkan perbincangan di berbagai media sosial, pemberian tepung cabai pun dapat memberikan efek cukup nyata bagi anis merah yang macet bunyi maupun anis merah bakalan. Tepung cabai banyak dijual di pasar atau di warung.

Pemberian tepung cabai dalam bentuk sachet memang sah-sah saja, namun kita perlu mempertimbangkan apakah bahan itu juga cocok untuk dikonsumi burung. Misalnya apakah tepung cabai itu bebas dari bahan pengawet kimiawi?

Jika Anda ragu, mengapa tidak membuat sendiri tepung cabai untuk burung kesayangan Anda? Berikut ini cara pembuatan tepung cabai sebagai pakan tambahan untuk burung anis merah:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Siapkan beberapa cabai: boleh cabai merah, cabai rawit, atau paprika, atau kombinasi ketiganya.
  • Kupas cabai menggunakan pisau, lalu buang bijinya agar cabai lebih cepat kering dan bisa digunakan.
Membuang biji dari cabai agar nantinya cabai lebih cepat dikeringkan
Buang biji cabai agar proses pengeringan lebih cepat.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

  •  Panggang cabai dalam oven dengan api sedang selama 5 – 8 menit, atau sampai cabai mengering.
Ilustrasi cabai yang sudah kering
Ilustrasi cabai yang sudah kering.
  • Cabai yang sudah kering dimasukkan ke dalam blender, lalu digiling hingga menjadi tepung.
Tepung cabai yang sudah kering
Tepung cabai yang sudah kering
  • Jika hasil gilingan dirasa belum kering, Anda bisa mengeringkannya lagi dengan cara dijemur atau dipanggang dalam oven selama kurang dari 5 menit. Setelah itu, angkat dan dinginkan, lalu disimpan dalam toples dan siap digunakan sewaktu-waktu.

Cara menggunakan tepung cabai untuk anis merah

Cara menggunakan tepung cabai bisa meniru apa yang telah dilakukan para penggemar anis merah yang tergabung dalam grup Anis Merah Macet dan Trotol Nusantara. Mereka berhasil membuat anis merah yang semula macet bunyi jadi ceriwis lagi. Dalam hal ini, tepung cabai dicampur dengan voer burung.

Jika Anda menggunakan tepung cabai yang dijual di pasar atau warung dalam bentuk sachet, porsinya cukup separo sachet dicampur 1 sendok voer burung. Jika menggunakan tepung cabai buatan sendiri, porsinya 1 sendok tepung cabai dicampur dengan 1/2 sendok voer burung.

Waktu pemberian yang tepat adalah ketika burung sedang diembunkan. Tepung cabai sebaiknya jangan diberikan apabila matahari sudah terbit cukup tinggi, atau jangan melewati pukul 07.00. Setelah jam tujuh pagi, pakan bisa diganti dengan pakan biasanya.

Lakukan hal ini secara rutin selama beberapa minggu, atau sampai terjadi perubahan signifikan pada anis merah yang macet bunyi. Biasanya dalam waktu beberapa hari atau minggu (tergantung kondisi burung), perubahan itu sudah terlihat.

Selama terapi ini dijalankan, pastikan anis merah tetap mendapatkan perawatan harian seperti  biasanya (mandi, jemur, dan EF). Selain itu, burung juga harus dalam kondisi  sehat dan tidak sedang mabung.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

5 Comments

    • efek samping untuk burung tidak ada om,sifatnya sama saja ketika burung mengkonsumsi sayuran lain seperti tomat, dsb. Untuk Murai batu belum ada yang mencobanya om karena kebanyakan jenis burung tersebut bukan pemakan sayuran atau buah-buahan. sedangkan untuk kapas tembak atau cucak jenggot dan semua jenis burung pemakan buah-buahan bisa diberikan.

Komentar ditutup.