Lovebird trah suara panjang bisa dicoba umur 3-4 bulan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Om Antok Palm menggeluti ternak lovebird sejak tahun 2010. Awalnya dia beternak lovebird basis warna, kemudian beralih ke trah suara panjang yang lebih diminati kalangan lovebird lovers saat ini. Kini dia menjabat ketua Pati Love Bird Mania (Palm), yaitu perkumpulan para penangkar lovebird di Kabupaten Pati.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Antok Palm
Om Antok Palm di depan kandang ternak lovebirdnya.

Saat mulai beternak, Om Antok hanya memiliki tiga pasangan induk yang semuanya basis warna. Kini sudah berkembang menjadi 22 pasangan induk, di mana 20 di antaranya merupakan pasangan induk basis suara panjang.

Beberapa anakan lovebird yang dihasilkan sudah berprestasi di lapangan, baik dalam skala latberan maupun di arena lomba, antara lain:

  • Lovebird Prapatan, juara 3 even Gowangsan (31/8): saat ini sudah masuk kandang ternak.
  • Lovebird kepala emas bernama Menthel, juara 1 Latihan Kamis Joyo / LKJ (18/9) dan juara 2 even Gowangsan (14/9).
Lovebird Menthel
Lovebird Menthel yang kerap berprestasi di wilayah Pati.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

  • Lovebird Suster Ngesot, juara 3 event Jepon Kicau Mania (12/10).

Selain itu, masih ada 12 anakan lovebird yang sedang disiapkan ke berbagai latihan maupun lomba di wilayah Pati dan sekitarnya. Beberapa anakan yang berprestasi sudah di-take-over pemain lovebird.

Untuk menghasilkan anakan dengan basis suara panjang, Om Antok menggunakan induk jantan yang memiliki dasar suara ngekek panjang pula. Sebab, menurut pemahamannya, pejantan yang memiliki suara panjang akan mewariskan bakatnya ini kepada anaknya dengan peluang 70%.

Catatan Om Kicau:

Dalam genetika perunggasan / perburungan dikenal istilah criss-cross inheritance, di mana induk jantan mewariskan sebagian besar sifatnya kepada anaknya yang betina, dan induk betina mewariskan sebagian besar sifatnya kepada anaknya yang jantan.

lovebird trah suara panjang
Ini dia bapak dan ibu lovebird Suster Ngesot: Semuanya trah suara panjang.

Menurut Om Antok, suara panjang memiliki durasi minimal 25-30 detik, volumenya keras dan tebal seperti ngebass, dan nada lagunya naik-turun. Fisiknya juga harus tegap dan gagah, serta utuh alias tidak memiliki cacat fisik baik pada kaki, kepala, sayap, mata, dan paruh.

Penjodohan lovebird
Calon induk jantan dan betina harus bebas dari cacat fisik.

Om Antok kurang sependapat dengan anggapan bahwa lovebird idealnya dilombakan kalau berumur enam bulan atau lebih. “Kalau mentalnya bagus, dan perawatan hariannya rutin, lovebird umur tiga atau empat bulan pun sudah bisa dicoba dalam latber maupun lomba,” ujarnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dia tidak pernah mengkhawatirkan apabila lovebird belia akan drop mentalnya menghadapi lovebird yang lebih tua. Sebab lovebird merupakan burung koloni, sehingga tidak bersifat figther seperti kacer atau murai batu.

Anakan lovebird umur 3-4 bulan
Anakan lovebird umur 3-4 bulan siap dilatberkan.

“Jadi, menurut saya, perawatan lovebird lebih tergantung pada pengaturan birahi yang pas sehingga lovebird muda pun tetap mau tampil di lapangan,” jelas Om Antok.

Selain itu, menjajal lovebird umur 3-4 bulan juga dapat digunakan untuk melihat kualitas mentalnya. Lovebird yang mewarisi trah ngekek panjang umumnya sudah bisa dicoba pada umur tersebut.

lovebird kepala emas
Menthel, lovebird jenis kepala emas.
Lovebird trah suara panjang
Induk jantan Mbendol dan induk betina Prapatan.

Untuk pakan harian, Om Antok hanya menggunakan milet putih. Adapun pakan tambahan atau extra fooding (EF) berupa jagung muda (setiap Senin) serta kangkung (Rabu dan Jumat).

Om Antok sangat terbuka dan senang bertukar fikiran mengenai dunia penangkaran lovebird. Kalau Anda ingin curhat, silakan kontak saja Om Antok. (v1rgoboy)

Breeing lovebird Om Antok Palm
Sejumlah anakan lovebird hasil ternak Om Antok Palm

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.