Opior paruh-tebal, burung endemik Sumbawa & Flores dengan kicauan memikat hati

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Beberapa waktu lalu, di sejumlah pasar burung di Jawa beredar burung opior yang disebut para pedagang sebagai pleci timor. Jika dibandingkan dengan burung pleci biasa, postur tubuhnya sedikit lebih besar. Burung ini memiliki nama resmi opior paruh-tebal / thick-billed barkeye (Heleia crassirostris). Sebenarnya penampilannya tak mirip pleci, namun suara kicauannya merdu memikat hati.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Opior paruh tebal burung endemik dari NTB
Opior paruh-tebal, burung endemik di Sumbawa dan Flores.

Opior paruh-tebal termasuk jenis burung pengicau dari keluarga Zosteropidae, sama seperti burung kacamata atau  lebih kondang dengan sebutan pleci. Opior paruh-tebal merupakan burung endemik di Sumbawa (NTB) dan Flores (NTT).

Ukuran tubuhnya hampir sama dengan beberapa spesies burung opior lainnya termasuk opior jawa, yaitu dengan panjang tubuh sekitar 13,5  cm. Dahinya berwarna krem, topeng wajahnya hitam, tubuh bagian bawah keputihan, serta bentuk paruh tampak tebal.

Spesies burung yang juga dikenal dengan nama flores white-eye (pleci flores) ini cukup pemalu, sehingga jarang terlihat bebas di habitat alaminya berupa hutan subtropis atau tropis kering, hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis, dan hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis.

Sebagaimana anggota keluarga Zosteropidae lainnya, opior paruh-tebal merupakan burung pemakan buah-buahan dan serangga kecil. Namun berbeda dari jenis pleci yang umumnya mempunyai suara kicauan khas / ngalas, opior paruh-tebal memiliki suara kicauan yang kencang.

Suara kicauannya itu terdiri atas suara siulan yang mengalun cepat dan tidak beraturan naik-turun, tapi terdengar cukup merdu dan cukup bervariasi.

Rata-rata opior paruh-tebal bisa didapatkan dalam kondisi bakalan. Namun karena sifatnya yang mudah berbunyi, burung ini relatif mudah pula untuk dipelihara.

Selain itu, burung ini cepat sekali beradaptasi dengan lingkungan barunya, sehingga sangat cocok dipelihara sebagai kelangenan atau untuk memancing jenis burung peliharaan lainnya agar mau berbunyi.

Berikut ini dua suara kicauan burung opior paruh-tebal yang bisa didengar dan diunduh:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Suara kicauan opior paruh-tebal – variasi 1
  • Suara kicauan opior paruh-tebal – variasi 1

DOWNLOAD AUDIONYA DI SINI

DOWNLOAD KICAUAN BURUNG OPIOR PARUH-TEBAL

Suara kicauannya cukup nyaring dan merdu
Suara kicauan opior paruh-tebal terdengar cukup merdu.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Download suara kicauan burung opior paruh-tebal – variasi 1

Download suara kicauan burung opior paruh-tebal – variasi 2

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.