Buah mengkudu untuk mendongkrak stamina burung ciblek

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Pemberian buah tertentu bisa membuat burung kicauan memiliki stamina bagus sehingga rajin berkicau. Salah satu jenis buah yang sedang ramai dibicarakan adalah mengkudu, terutama untuk burung ciblek. Ya, buah mengkudu dapat  mendongkrak stamina burung ciblek.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Buah mengkudu untuk menambah stamina ciblek
Buah mengkudu mampu menambah stamina ciblek

Dalam beberapa pekan terakhir ini, dunia kicaumania kembali diramaikan dengan efek buah mengkudu yang diyakini bisa menambah stamina burung ciblek, terutama untuk burung yang sering dilombakan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Buah mengkudu atau cangkudu (bahasa Sunda); kemudu / kudu (Jawa); kodhuk (Madura); tibah (Bali), adalah jenis tanaman obat yang termasuk anggota keluarga Rubiaceae. Tanaman yang bisa mencapai tinggi 3-8 meter ini banyak tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut (dpl).

Buahnya merupakan buah majemuk. Jika masih muda, warnanya hijau mengkilap dengan totol-totol. Jika sudah tua akan berubah warna menjadi putih berbintik hitam.

Buah mengkudu memiliki beberapa khasiat, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi peradangan dan antialergi, membunuh bakteri penyebab infeksi, dan meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh. Khasiat-khasiat ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buahnya.

Sebelum popular diberikan kepada burung kicauan seperti ciblek, buah mengkudu sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan penyusun ransum unggas. Para penggemar burung pun meyakini pemberian buah mengkudu pada burung ciblek bisa menambah stamina sehingga ciblek tidak pernah gembos saat dilombakan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini cara pengolahan buah mengkudu untuk burung ciblek di rumah:

  • Buah mengkudu dipilih yang sudah matang atau jatuh dari pohonnya.
  • Buah dibersihkan dengan air bersih.
  • Masukkan buah mengkudu ke dalam panci yang sudah diisi air bersih, lalu rebus hingga matang.
  • Setelah buah tampak lembek dan menyatu dengan air, angkat dan saring air rebusan mengkudu menggunakan saringan.
  • Setelah dingin, air rebusan buah mengkudu siap diberikan kepada burung ciblek.

Perlu diperhatikan, sebaiknya pemberian air rebusan mengkudu tidak menggantikan air bersih sebagai air minumnya. Selain itu, terapi air mengkudu diberikan seperlunya saja, atau beberapa kali dalam seminggu.

Selain memberikan air rebusan buah mengkudu, banyak penggemar ciblek yang mengkombinasi perawatan dengan memberikan jus belimbing. Untuk mengetahui seperti apa perawatan dengan jus buah belimbing, silakan cek artikel di bawah ini:

Terapi jus belimbing agar suara burung lebih bening dan gacor

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.