H-3 kawin! Itulah rahasia kenari Kuda Hitam tampil stabil

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kenari Kuda Hitam milik Om Zimon DP (Nareswari Team) saat ini sedang moncer-moncernya. Kenari kecil ini punya kinerja luar biasa di lapangan, sehingga kerap menjuarai lomba di Klaten, Jogja, Solo, dan sekitarnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari Kuda Hitam
Kenari Kuda Hitam selalu tampil stabil di lapangan.

Volume kenari Kuda Hitam lumayan pedas. Lagu-lagunya standar, dengan cengkok menekuk-nekuk yang terdengar enak di telinga. Apalagi durasi kicauannya juga panjang.

Kenari Kuda Hitam dulu bernama Verot. Sebagian pemerhati kenari, terutama di lingkungan Papburi, tentu masih ingat dengan nama kenari Verot. Selain Kuda Hitam, Om Zimon juga memiliki jago lain seperti Ontoseno yang merupakan kenari isian.

Seperti pegiat Papburi lainnya, Om Zimon juga beternak kenari. Di rumahnya ada puluhan kandang breeding. Ia terdaftar sebagai penangkar Papburi Klaten dengan kode ring 246. Om Zimon saat ini menjabat sebagai sekretaris PPK-1 Parikesit.

Om Zimon DP
Om Zimon di depan puluhan kandang ternak kenarinya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dalam Latpres Papburi Gergunung, Rabu (11/3) lalu, Om Zimon berangkat bersama rekan-rekan lain seperti Om Tari, Joe, Rony Dewa-Dewi, Mendem, dan Kelik. Dia menurunkan kenari isian Ontoseno, yang kemudian meraih juara 1.

Kenari isian Ontoseno
Kenari isian Ontoseno

“Kenari Kuda Hitam absen, karena akan saya turunkan dalam Latpres Caponiery Suara Alam, Minggu (15/3) besok. Minggu berikutnya, 22 Maret 2015, kami dari PPK-1 Parikesit ganti mengundang rekan-rekan kenarimania untuk mengikuti latpres,” ujarnya.

Perawatan kenari Kuda Hitam dan Ontoseno

Om Zimon DP dan kenari Kuda Hitam
Om Zimon DP (kanan) bersama kenari Kuda Hitam.

Perawatan kenari lomba untuk Kuda Hitam (standar) dan Ontoseno (isian) sebenarya hampir sama. Namun keduanya dirawat secara terpisah, agar Ontoseno tidak glender ke suara standar.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Setiap pagi, burung mandi, lantas dijemur. Burung dijemur bukan pada gantangan, melainkan dijejer dengan kenari lainnya pada pagar tembok depan rumah, yang tingginya hampir sejajar dengan lutut manusia dewasa (sekitar 50).

Om Zimon DP
Om Zimon menjemuar sejumlah kenari lomba koleksinya.

Ketika dijemur bareng, sangkar yang satu dan lainnya diberi sekat pembatas dengan memanfaatkan kerodong. Namun Ontoseno dijemur secara terpisah.

“Yang terpenting, air minum harus diganti terus, cepuk dicuci bersih. Sayur selalu diganti yang segar. Untuk sayuran, lebih aman menanam sendiri. Kalau beli di pasar, sebaiknya direndam dulu dalam air lalu dibilas bersih. Ya, ini jaga-jaga kalau masih banyak residu kimia pada saturan yang bisa berakibat fatal bagi kenari,” jelas Om Zimon.

Nah, ini dia setelan kenari Kuda Hitam dan Ontoseno menjelang lomba. Jika mau turun di lapangan, maka tiga hari sebelumnya (H-3) dikawinkan dulu.

Tips kenari agar tampil stabil
Tiga hari sebelum lomba, kenari Kuda Hitam dikawinkan dulu.

“Misalnya mau lomba hari Minggu, berarti dikawinkan hari Kamis atau setidaknya Jumat. Setelah itu burung disendirikan. Di luar jam perawatan, kenari dalam kondisi full kerodong. Setelan ini berlaku untuk Kuda Hitam maupun Ontoseno,” tandas Om Zimon.

Dengan perawatan seperti inilah, kenari Kuda Hitam selalu tampil stabil sehingga terus beprestasi di arena demi prestasi, seperti terlihat pada tabel di bawah ini:

EVENTANGGALJUARA
REGULER PAPBURI KLATEN,23 FEB 20143  STD A, 3 STD B
PAPBURI KLATEN HUTKE-3,15 JUN 20141  STD A
LATPRES PAPBURI GERGUNUNG,3 SEPT 20146 STD B, 9 STD A
REGULER PAPBURI KLATEN26 OKT 20144 STD B
LATPRES PAPBURI GERGUNUNG3 DES 20141 STD A
REGULER PAPBURI STAR WARS21 DES 20142 STD A, 1 STD B
LATPRES PAPBURI GERGUNUNG14 JAN 20156 STD A, 5 STD B
REG PAPBURI KENARI DI DADAKU22 FEB 20151 STD A, 2 STD B

Bagi pembaca omkicau.com yang penasaran dan pengin tahu lebih detail, silakan hubungi Om Zimon dengan Add Pin BB 52A6401E. (Waca)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.