Mengatasi kenari yang sering mengacak-acak dan membuang pakan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Salah satu perilaku burung kenari yang kerap membuat jengkel pemilik atau perawatnya adalah sering mengacak-acak dan membuang pakan yang ada dalam cepuknya. Ada beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan burung seperti itu. Mau tahu? Simak cara mengatasi kenari yang sering mengacak-acak dan membuang pakan berikut ini.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Mengatasi kenari yang sering mengacak-acak pakannya
Mengatasi kenari yang sering mengacak-acak pakan.

Perilaku kenari yang sering mengacak-acak serta membuang pakan secara umum masih terbilang cukup wajar. Beberapa jenis burung kicauan pun sering melakukan hal serupa, misalnya kacer atau murai batu.

Tetapi jika Anda memutuskan ingin memelihara burung kicauan, jenis apapun, salah satu hal yang perlu dibiasakan adalah selalu menjaga kebersihan sangkar dan seisinya. Sebab inilah tindakan preventif awal untuk mencegah atau menekan datangnya agen penyakit, baik berupa virus, bakteri, jamur, parasit, dan sebagainya.

Kenari yang sering mengacak-acak dan membuang pakan jelas akan menyebabkan sangkar kotor, terutama bagian dasarnya. Kalau sisa pakan yang bercampur kotoran dibiarkan menumpuk, apalagi dalam waktu lama, tentu akan menjadi sumber penyakit.

Ketika kenari mengacak-acak pakan, coba perhatikan lebih seksama, apakah pakan yang dibuang itu hanya bagian kulitnya saja, atau pakan bijian yang masih utuh.

Sebab ada beberapa individu (bukan jenis) kenari terlihat sangat rakus makan, sehingga sering mengacak-acak dan membuang pakannya. Padahal, sebenarnya dia sedang mencari pakan yang disukai, dan kebetulan berada di bagian bawah tempat pakan.

Jika kenari mempunyai kebiasaan seperti itu, sediakan saja alas berupa karpet atau kertas koran yang diletakkan di dasar sangkar. Ini untuk mempermudah kita saat membersihkannya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain itu, untuk mencegah agar kenari tak mengacak-acak maupun membuang pakan bijian, Anda bisa mengganti tempat pakan dengan model tertutup atau wadah pakan yang memiliki penutup di bagian tepinya.

Model tempat pakan dengan tutup bisa mengurangi perilaku burung yang mengacak-acak pakannya
Contoh wadah pakan yang memiliki penutup.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Oh ya, waspadai pula ketika kenari selalu mengacak-acak pakan karena terlalu rakus makan, sementara tubuhnya tampak kurus /nyilet, lesu, dan selalu mengembangkan bulunya. Sebab bisa saja kenari sedang mengalami penyakit yang disebabkan cacing.

( lihat juga Gejala cacingan pada burung: Jenis yang sering menyerang dan solusinya )

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.