Unik, burung ini akan meniru suara elang untuk mengelabui predator

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Alam memang menyimpan beragam misteri dan keunikan tersendiri. Misalnya bagaimana kehebatan piyik / anakan burung cinereous mourner yang menyamar jadi ulat bulu beracun. Penelitian terbaru berhasil mengungkap perilaku unik burung brown thornbill dalam melindungi sarangnya.  Mereka akan meniru suara elang untuk mengelabui predator.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Brown thornbill
Burung brown thornbill (Acanthiza pusilla)

Penelitian ini dilakukan para ilmuwan dari University of Cambridge dan Australian National University (ANU), dan telah diterbitkan dalam jurnal Proceeding of the Royal Socety B, Rabu(3/6) kemarin.

Dalam penelitian terungkap bahwa burung brown thornbill (Acanthiza pusilla) akan meniru suara / teriakan elang jenis brown goshawk untuk menakuti predator yang mengancam sarangnya. Brown goshawk termasuk jenis burung pemangsa berukuran besar yang paling ditakuti hampir semua jenis burung.

Salah satu jenis burung yang sering memangsa anakan brown thornbill adalah curawong (Strepera graculina). Tapi curawong juga sering dimangsa goshawk. Karena itu, untuk menyelamatkan dirinya dari ancaman curawong serta predator lainnya, brown thornbill akan berteriak seperti teriakan elang goshawk. Alhasil, burung-burung yang ingin memangsanya pun ketakutan dan segera menjauhi sarang tersebut.

Ini menunjukkan bahwa brown thornbill sebenarnya telah mengetahui perilaku burung curawong, lantas merekam suara teriakan elang ke dalam memorinya, dan berlatih menirunya. Ketika terancam, brown thornbill akan meniru suara elang tersebut, sehingga burung lain yang ketakutan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pied curawong
Pied curawong, salah satu burung yang kerap memangsa anakan brown thornbill.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Pengin tahu bagaimana suara burung brown thornbill dalam meniru teriakan elang goshawk? Simak audio berikut ini (klik di sini untuk mengunduhnya):

Para peneliti mempelajari perilaku antara brown thornbill dan curawong di sekitar Kebun Raya Nasional Australia di Canberra. Mereka merancang serangkaian percobaan dengan menempatkan boneka berbentuk burung curawong di dekat sarang thornbill, disertai eksperimen bagaimana curawong menanggapi suara thornbill. Mereka menemukan bahwa thornbill akan meniru suara teriakan elang ketika sarangnya terancam, untuk mengalihkan perhatian burung curawong.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.