Tips Om Said BH dalam mendongkrak birahi lovebird sebelum lomba

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Om Said BH, salah seorang kicaumania paling dihormati di Provinsi Jambi, memiliki sejumlah gaco jawara di berbagai kelas, mulai dari kacer, murai batu, cucak hijau, kapas tembak, serindit, dan lovebird. Khusus lovebird, dia bukan sekadar piawai mengorbitkan burung jawara, melainkan juga breeding lovebird trah juara.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Beberapa burung koleksinya yang sampai saat ini masih berprestasi antara lain kacer Tikuz, murai batu Ozil, cucak hijau Siginjai, kapas tembak Ramsey, serindit Top Speed, dan lovebird Pilot.

Saat ini Pilot menjadi amunisi Om Said BH yang paling mumpuni di kelas lovebird. Sebelumnya, dia juga pernah mengorbitkan beberapa lovebird jawara seperti Salju, Aura Kasih, Si Putih, Hon-Hon, Cinderella, Perex, dan lain-lain.

Lovebird Pilot
Lovebird Pilot terus berprestasi dalam setahun terakhir ini.

“Semua lovebird jawara tersebut kini sudah menjadi indukan di kandang ternak saya. Nantinya lovebird Pilot juga bakal saya jadikan indukan,” tutur Om Said, yang baru saja mengakhiri tugasnya sebagai ketua Jambi Team.

Hanya dengan cara seperti itulah, dia dapat menghasilkan anakan lovebird prospek, karena semua induk pernah menjuarai lomba. Jika kedua induk lovebird punya sifat genetik yang bagus, kemudian ditopang dengan perawatan yang maksimal, tentu peluang mendapatkan anakan lovebird berkualitas juga makin besar.

Om Said memiliki cara unik dalam mendongkrak birahi lovebird sebelum lomba. Tips ini diterapkannya pada sejumlah lovebird jawara koleksinya, termasuk pada lovebird Pilot.

“Sebelum digantang, saya selalu mengecek dulu kondisi birahinya. Media yang digunakan adalah batang kangkung,” jelas Om Said.

Dalam hal ini, lovebird akan dipancing dengan cara disodori batang kangkung. Jika burung mengejar-ngejar tangan yang menyodorkan batang kangkung, berarti kondisi birahinya bagus.

“Di lapangan, burung pasti akan tampil maksimal. Sebaliknya kalau burung nggak ada  respon, tidak mau menggigit kangkung, pasti penampilannya tidak maksimal atau hanya bunyi sesekali saja,” jelas Om Said.

Video berikut ini menunjukkan bagaimana respon lovebird Pilot saat disodori batang kangkung.

Selain menggunakan batang kangkung, tambah Om Said, menaikkan birahi lovebird juga dapat dilakukan dengan tangan pemilik atau perawatnya. Metode ini sering diterapkan pada LB Pilot sebelum digantang di arena lomba.

Om Said dan LB Pilot
Sebelum digantang, Om Said menggoda LB Pilot menggunakan jari tangan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Note: Metode serupa juga diterapkan Om Yogi LV, kicaumania asal Kaltim, pemilik lovebird Arum.

Keunikan lovebird Arum
Jari tangan Om Yogi selalu berdarah digigiti lovebird Arum setiap mau lomba.

( lihat juga Lovebird Arum: Mau lomba harus gigit jari pemiliknya )

Mengenai perawatan lovebird Pilot, Om Said menyebutnya sangat simpel. Setiap hari, burung dimandikan dua kali: pagi dan sore. Tetapi kalau hari Minggu mengikuti lomba, maka hari itu burung tak dimandikan dulu. Cukup digoda dengan tangan sebelum digantang.

Berikut ini beberapa prestasi lovebird Pilot:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

NAMA EVENTANGGALJUARA
Ramadhan Cup, Jambi20 Juli 20141, 2
Spesial Kemerdekaan KLI Jambi17 Agt 20141
Even Bakung Team, Jambi31 Agt 20141, 2
Kapolda Cup 2 Jambi02 Nov 20143
Road to BnR Award, Jambi08 Mar 20151, 3
Sumatera Bersatu Cup, Palembang15 Mar 20151, 1, 2
Ambasador Bird Cup, Jambi12 Apr 20152
Liga Gubenur, Jambi10 Mei 20152
Samudera Bird Shop, Bangko14 Juni 20151, 1, 1
Bird Farm 88, Jambi20 Juni 20151
Om Said BH
Trofi yang diraih Om Said BH dalam Road to Piala Ronggolawe di Bangko (14/6) untuk kelas lovebird, kacer, dan cucak hijau.

Breeding lovebird trah juara

Seperti dijelaskan di atas, Om Said saat ini juga sibuk mengelola breeding lovebird trah juara. Kandang ternak menyatu dengan kediamannya di Perumahan Sunderland, Bagan Pete, Kota Jambi.

Hampir semua anakan lovebird yang dihasilkannya laris-manis di tangan para pemain lovebird lainnya di wilayah Jambi dan sekitarnya. Sebagian lagi akan diorbitkannya, supaya kelak bisa menjadi indukan yang berkualitas pula.

Lovebird Salju termasuk koleksinya yang paling fenomenal, karena pernah menjuarai even internasional di Batam. Dalam gelaran Batam International Bird Champions di Shang-Rilla Garden Sekupang, Batam, 22 September 2013, Salju meraih juara 1, 2, dan 3.

Lovebird Salju
Lovebird Salju kini sudah menghasilkan puluhan anakan trah juara.

Usai lomba, Om Said sempat didekati H Fitri BKS dan Om Sofyan BnR yang berminat meminang lovebird Salju. Namun permintaan itu ditolaknya secara halus. “Lha burung hanya juara tiga kok diincar,” ujarnya saat itu, merujuk pada prestasi Salju di Kelas Bintan yang meraih juara ketiga.

Om Said punya alasan tersendiri untuk menampik pinangan itu. Sebab dia memang berniat menjadikan Salju sebagai salah satu burung induk di kandang ternaknya. Benar saja, kini Salju menghasilkan anakan-anakan berkualitas.

Setelah Salju masuk kandang ternak, Om Said BH memperoleh ganti yang hampir sepadan yaitu lovebird Perex. Burung ini kerap menjuarai even akbar di Pulau Sumatera, termasuk di Palembang dan Lampung.

Sekarang Perex juga sudah menjadi lovebird induk di kandang ternaknya. Lagi-lagi, Om Said memperoleh pengganti yang tak kalah hebatnya dari Salju dan Perex, yaitu lovebird Pilot yang rajin berprestasi dalam satu tahun terakhir ini. (Kelana Lana)

Fadli dan Fadel
Fadli dan Fadel (bawah), dua putra Om Said yang kerap diajak ikut lomba.

Catatan Om Kicau:

Tulisan ini sekaligus dipersembahkan Om Kicau sebagai apresiasi terhadap Om Said BH yang dinilai sukses dalam memimpin Jambi Team, sehingga menjadi salah satu tim terbaik di Sumatera dan kerap berprestasi pula dalam even-even nasional di Jakarta.

Semoga kepemimpinan baru mampu mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi Jambi Team, dan selalu menjaga kekompakan para anggotanya seperti di masa kepemimpinan Om Said BH.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.