Cara mengatasi kegemukan pada burung lovebird

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Obesitas atau kegemukan bisa terjadi pada semua jenis burung peliharaan, tak terkecuali lovebird. Bahkan burung cantik ini cukup rentan mengalami kegemukan. Lovebird yang kegemukan tentu akan mengganggu penampilannya, terlebih pada lovebird lomba. Burung menjadi kurang aktif bunyi dan sering ngeruji. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird yang kegemukan
Lovebird yang kegemukan menjadi kurang aktif dengan penampilan seperti burung sakit

Selain mengganggu penampilannya, lovebird yang gemuk tentu tidak enak dilihat lantaran mirip burung yang sakit. Meski nafsu makannya tetap besar, kondisi kegemukan akan menyebabkan burung kurang aktif, termasuk malas bunyi. Beberapa faktor yang menyebabkan lovebird mengalami kegemukan antara lain:

  • Terlalu banyak makan, terutama jika pakan yang diberikan tidak memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, di mana asupan kalori terlalu banyak, terutama kandungan lemak yang terdapat pada biji-bijian, kuaci, dan kacang-kacangan.
  • Burung kurang banyak bergerak. Biasanya terjadi pada burung yang sering berada dalam sangkar hariannya.

Adapun ciri-ciri lovebird yang kegemukan bisa terlihat dari perilaku dan kondisi fisik berikut ini:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  • Lovebird sangat rakus makan, tapi cenderung kurang aktif.
  • Kulit di bagian dada, perut, atau pangkal ekornya seperti membengkak dan berwarna kekuningan, yang jika ditekan akan terasa kenyal.

Jika burung terindikasi sesuai dengan point-poin di atas, bisa dipastikan lovebird Anda mengalami kegemukan atau obesitas. Kalau tidak segera ditangani, kegemukan itu bisa menyebabkan masalah lainnya, yaitu:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Gangguan pernafasan yang membuat burung kurang aktif, malas berkicau, atau suara ngekeknya lebih pendek daripada biasanya.
  • Gangguan reproduksi
  • Gangguan kesehatan lainnya.

Untuk mengatasi lovebird yang mengalami kegemukan, Anda mesti mengatur ulang pemberian pakannya, dan beberapa treatment lain seperti diuraikan berikut ini:

  • Kurangi pakan bijiannya. Dalam perawatannya, lovebird hanya diberikan pakan berupa milet putih saja tanpa kuaci atau kacang-kacangan. Solusi lainnya, ganti pakan bijiannya dengan pelet atau voer khusus lovebird / burung paruh bengkok.
  • Berikan sayuran rendah gula dan karbohidrat.
  • Ganti sangkar dengan ukuran lebih luas, agar burung lebih leluasa bergerak, terutama apabila tempat pakan disimpan pada posisi lebih tinggi.
  • Dianjurkan pula sering melatih lovebird di luar sangkar, dengan catatan jika burung sudah jinak total. Solusi lainnya adalah menemparkan lovebird dalam kandang umbaran.
  • Burung harus rutin mandi dan jemur.
  • Berikan BirdSlim yang bisa membantu memecah lemak pada burung kegemukan.

Itulah beberapa tips mengatasi kegemukan pada lovebird.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.