MURAI BATU

Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

BURUNG MURAI BATU

Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Chordata
Class:
Aves
Order:
Passeriformes
Family:
Muscicapidae
Genus:
Copsychus
Species:
C. malabaricus
Binomial name
Copsychus malabaricus
Synonyms
Kittacincla macrura
Cittocincla macrura

 MENU UTAMA

(UNTUK MENELUSURI ISI HALAMAN MURAI BATU INI, SILAKAN DIKLIK SAJA MENU YANG INGIN ANDA BACA, DI BAWAH INI):

About these ads

There are 1.100 comments

  1. izoel

    om kicau malam,mau nanya ni om,saya punya muari trotol paruhnya ad yg msh kekuning kuningan,tp bulu dada bawah leher trotol,bawahnya cenderung putih tp dr samping agk mau kedorong ma bulu coklat yang mau nutupin dada bawah kayaknya,yang mau saya tanyakan ni jantan atau betina ya om???,kok saya agak bingung,gaynya sie udah ngeplay bagus bget gt,walopun katanya msh trotol ,tolong bgt y om..nuwun

  2. narno

    siang om

    mohon petunjuk nih om
    MB saya bulu dada dan perutnya rontok sampai botak ga ada bulunya tapi ga ada tanda tanda tumbuh bulu jarum
    ini proses mabung atau karena jamur atau bakteri ? mohon solusinya om Trimakasih

  3. aridanu prayogo

    salam om duta saya Ari dari tj.priok,MB saya lampung umurnya kira2 belasan tahun layaknya ABG2 sekarang..masalahnya ekornya BONDOL/plontos cara efektif untuk mengembalikannya bagaimana yach..dan sudah saya cek duburnyanya ga ada ekor yang BANTET mohon bimbingannya terimakasih sebelumnya

  4. EdyJuan

    Siang Om…..White Vented shama itu MB dari mana? kenapa jarang diexpose ya. apa krn ga ada yg punya atao gimana nih Om. kl sy pribadi suka Om burungnya warna bulu hitam kebiru2an. ky kacer modelnya. Makasih Om

  5. Aloysius Richard Ellai

    Salam kicau semua teman2..trimakasih d atas info2nya yg sangat berguna utk para peminat burung kicau terutamanya burung murai batu yg sangat2 diminati ramai masa kini..semoga kita sama2 berusaha utk menjayakan projek breeding agar species ini tidak akn pupus di masa akan datang,malah di komersialkan..syabas utk semua ahli klub burung kicau ini..

  6. rafi

    Salam Om

    Saya Rafi dari Singapura, Saya punya 4 ekor mb iaitu 1 betina dan 3 nya jantan. Masalahnya sekarang mb betina udah saya jodohkan bersama 1 mb jantan tapi sayangnya setiap kali bertelur mb betina memecahkan telurnya. Makanan setiap hari saya beri 3 sudu kroto, jangkrik 30 ekor dan ulat hongkong 20 ekor serta anak katak 2 ekor. Harap dapat membantu saya dalam masalah ini.

    Satu lagi bagaimana bisa saya membuat pesana produk om kicau di Singapura.

    Terimakasih

    1. Om Kicau

      Kemungkinan besar MB betina kekurangan mineral, dan bisa juga karena lingkungan terlalu bising atau MB betina merasa terganggu. Bisa menggunakan BirdMineral.
      Untuk pembelian produk penghobi di luar negeri, bisa memesan produk yang dalam bentuk serbuk. Bisa mengirim uang menggunakan fasilitas Western Union, dan barang kita kirim menggunakan jasa Pos Indonesia. Pengiriman uang pembelian ditujukan ke Ardiastuty, Ngabeyan RT 03 RW 03 Kartasura, Sukoharjo, Indonesia 57165.

  7. igna

    salam kenal om, saya mau tanya: mb saya pernah lepas dan buntut nya terlepas sampai pangkal nya dan bukan patah, mb sy kira2 usianya 2,5 – 3 taunan, gimana cara menangani nya, dan kira2 berapa lama ekornya akan tumbuh sempurna. selama ini saya banyak maen krodong dan porsi jangkrik dan kroto yang baik juga. trims sebelum nya.

  8. Must Fuzy

    Siang om maaf ada koreksi dikit/masukan, sy sdh ternak dgn tmpt pakan seperti gmbr diatas, ember yg dibeton sy ksh oli, kebetulan jg memang semutnya bnyk sekali om, aman dah tu kroto n jangkrik, tp mslhnya saat anakan usia 12hr udah keluar sarang dan terbang ke bwh, wah anakan kecebur oli om, untung ngga pa2, cmn bulunya jd jelek kena oli, saran sy sy tiangnya pake kapur ajaib aja aman, sy nguli seharian om bareng istri, jd anakan dilolohin sama indukannya, ngga bs manen umur 7harian, mksh om, sori bagi2 pengalamn aja

  9. mawan manuk

    OOm, mau tanya…sy sedang menjodohkan MB Nias, pertanyaannya kenapa jantannya agresif sekali? meskipun sudah ada dikandang jodoh selama 2 bulan waktu sekat dibuka tetap saja betinanya diserang? ada saran? makasih sebelumnya OOM

  10. mawan

    om numpang tanya ya… saya sedang menjodohkan mb nias jantan umur sepertinya lebih dari 4 tahun. Betinanya nias umur 1-2 tahun. Masalahnya MB jantan ini agresif dan cenderung menyerang betina. Kira-kira penyebab dan perawatannya bagaimana om?

  11. hendrawijaya

    salam kenal om.. saya baru dapat hobby pelihara burung om..sekarang saya punya 1 ekor MB n 1 ekr kacer serta beberapa burung lainnya.saya mau tanya bagai mana cara menjinakkan MB bakalan?karena punya saya masih liar n suka menabrak sangkar,sehingga melukai kepalanya sendiri,, terima ksih om atensinya…

  12. fahmi

    Permisi om numpang tanya!. kemarin saya beli murai betina,kata yang jual itu murai lampung tapi saya masih ragu jangan2 betina kalimantan om! Yang mau saya tanyakan apa perbedaan murai betina lampung dan kalimantan?

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s