CURHAT/FAQ

Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Sementara untuk yang sudah biasa main ke halaman ini, mohon maaf kalau Anda merasa wajah halaman jadi kurang seksi. Ya karena alasan maintenance web, sementara wajah halaman saya buat tidak seksi… hehehe, tetapi yang penting isi tidak berkurang tetapi akan terus bertambah. Untuk mengecek artikel terbaru, bisa dilihat di sidebar  ya.

Curhatkan problem burung Anda

Curhatkan problem burung Anda

Nah mangga, namanya cuhat,  jadi ya belum tentu bahwa apa yang disampaikan sebagai tanggapan atas pertanyaan yang masuk merupakan kebenaran. Jadi forum ini semata-mata memang sebagai ajang ngobrol bareng dan jangan dianggap sebagai sebuah solusi  final.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Murai batu bakalan

Murai batu bakalan

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

http://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Cara cegah murai batu turun dari tangkringan

Burung suka turun tangkringan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

1. http://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

http://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

- Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

http://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

http://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

http://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

Salam sukses untuk Anda.


Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 17.755 comments

  1. Noe

    Salam kicau
    Om sy pnya KN lokal super warna bon baru slesai mabung yg pertama dan baru ngeriwik2 yg mau sy tanyain apa saja yg perlu sy kasih supaya ngebren trim’s informasinya

  2. Amy

    salam
    mau tanya om,
    kacer lampung saya baru pertama kali ngurak/masbung, buludadanya yang putih masih ada abu-abunya. waktu saya pertemukan dengan kacer lain yang lebih besar dan sudah berumur.dia tidak mau kalah untuk selalu bunyi. tapi body kacer saya relatif lebih kecil om, apa kacer saya tergolong kacer lampung yang biasa. sedangkan kacer yang lain lebih besar. apa baru ngurak pertama kali itu om yah…atau EF nya yang kurang…mohon pencerahan…
    maksih

  3. Alvin Salim

    om saya mau bertanya, saya dari padang dan masih baru 3 SMA, baru nyoba melihara murai batu, murai batu saya kalau di rumah gacor sekali dan tidak takut pada orang” yang lalu lalang. tapi, waktu di tes dengan murai batu yang lain, murai batu saya berbunyi hanya sekali sekali dan kurang memiliki semangat tempur. dia suka memalingkan wajahnya saat bertemu dengan murai batu lain , tetapi tetap berbunyi seadanya. yang mau saya tanyakan, bagaimana cara mengatasi murai batu seperti itu ? dan apa yang harus saya lakukan ?
    terima kasih atas info, saran dan waktu nya om.

      1. Alvin Salim

        murai batu saya sudah berumur kira” 4 tahunan, sedangkan para lawannya 1tahun-2tahun, tapi tetap juga seperti itu. bagaimana cara mengatasinya? apa EF yang harus diberikan? biasanya yang saya berikan 10 ekor jangkrik pagi, 10 jangkrik sore dan 1 sendok teh kroto pada waktu pagi.
        terima kasih atas info,saran dan waktu nya om.

        1. redaksiomkicau

          berarti mentalnya kurang stabil, secara perawatan sudah bagus. Tambahkan porsi krotonya dan lakukan pola mandi/jemur secara rutin, setelah mental fightnya keluar coba ketemukan dengan mb lain.

    1. redaksiomkicau

      mata burung yang katarak ditandai dengan adanya selaput tipis dibola matanya. bisa jadi kacer om sedang terserang snot akut yang menyerang kelenjar mata segera obati dengan stopsnot dan kitolot plus.

  4. Tantratantra

    Om mau tanya dong kemarin baru dapat burung nuri dari sodara, sekarang udah dirumah kmrn di antar sodara naik mtr. Setelah di perhatiin ini burung kok suka terlihat ngantuk atau merem2 gitu tapi makan lancar aja.
    Apa itu sakit atau gak ya?

    1. redaksiomkicau

      bisa jadi kondisinya memang tidak fit, berikan pakan yang disukai dan gantang ditempat hangat. Jangan lupa berikan birdvit supaya kondisinya kembali pulih.

  5. rangga

    om mau tanynya nih om sekedar burung kadasih..
    Udah 2hari ini di seket rumah saya ada burung kadasih suaranya nyaring banget om jdi momongan seperti kacer murai cucak ijo dll saya ungsikan dulu di kamar dan sya stel suara musik biar suara kadasihnya ga ke masukan ke momongan sya..
    Tpi cucak ijo sya udah termaster sama si kadasih om yah namanya juga cak ijo cuma denger sesekali aja langsung hatam bawaiin lagu si kadasih..
    Mau sya tembak pake senappan angin tpi burungnya ngga keliatan tpi suaranya pas ada di depan rumah sya di pohon mangga..
    Buat biasa gantungin burung”sya..
    Cara ngusir itu burung gimana yah om??
    Suaranya nyaring bener sampe”cak ijo sya hatam kira” bisa di hilangin ngga suara kadasihnya dengan cara cak ijo sya di tempelin lgi ke suara master”an yg kemaren??
    Klo keliatan sya tembak boleh ngga yah om?
    Hehe abis kesel banget tiba”ada di tempat sya tuh burung kadasih malah suaranya nyaring bener..
    Oh yah om klo burung seperti muari kacer ci klo di dengerin suara lagu manusia stres ngga yah om??
    Si kadasihnya gacor bener pagi sore malam bunyi terus.
    Pengen sya kasih kopi sama rokok biar diam dlu tuh si kadasi hehehehee.
    kiranya di jawab om ..
    Salam hormat saya kepada semua sesepuh kicau mania.
    trimaksih berat om..

    1. redaksiomkicau

      biasanya akan kembali tumbuh saat masa mabung, jadi penuhi saja dulu nutrisi yang diperlukan sehingga saat masuk masa mabung bisa berlangsung lancar.

  6. tonyaja24

    Mlm om,mohon petunjuknya soal kn…
    Kn sy mandek&bulunya bangun om(beli borongan dlm keadaan spt itu).mohon pettunjuk obat yg tepat&perawatan hariannya supaya kn sy bs bunyi lg om…trima kasih…

    1. redaksiomkicau

      Berikan ef sayuran atau buah apel serta berikan birdblown dan birdvit jika kn sudah sehat. sementara jangan dimandikan cukup dijemur secukupnya dulu.

  7. Rizwan

    Sore om Mau tanya nih Om??..

    Apa benar cicak bisa memakan telur KN, soal nya setiap mlm saya lihat pasti ada cicak dalam sangkat ternak?..
    Cara” penanganan supaya cicak tidak mau masuk ke sangkar ternak gmn Om..

    Terimakasih

    Salam kicaumania

    1. redaksiomkicau

      Selama ini cicak memang dicurigai sebagai penyebab telur yang hilang secara misterius, cara pencegahan jaga kebersihan sangkar dari rempah2 sisa pakan yang memancing cicak masuk sangkar dan sebaiknya sangkar mengunakan model stirim sehingga cicak tidak bisa masuk.

    1. redaksiomkicau

      birdvit powder cukup sepentol korek api dan larutkan dalam air minum 40 ml atau bisa ditabur kebuah dan kroto, birdvit cair pemberian sebanyak 7 tetes ke air minum ukuran sedang. Dianjurkan pemberian lewat pakan ef seperti buah/kroto/spet ke jangkrik om supaya bisa lebih optimal dikonsumsi burung. Larutan birdvit sebaiknya tidak kejemur/terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama.

  8. yudi

    om duto muray saya nyekrukuk ngak bunyi tapi masih nafsu makan dan senang mandi kotoranya ngak mencret tapi berair mungkin karena suka minum. gimana caranya supaya burung saya bisa sehat seperti dulu mohon pencerhanya. Untuk sekarang makanya cuma jangkrik, orong orong, cacing tanah karena ngak mau makan kroto mungkin karena kroto sering tak kasih obat jadi sekarang ngak mau makan kroto lagi. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  9. angga

    siang om,,,,,
    ne sya mau tnya,,,,sya kan baru 2hari beli CI,,,,
    tp gk bunyi2,,,,,,trz kmaren ada tmenku yg punya Ci juga,,,,jd tk adu,,,,,,,ganas bgt,,,
    tp bunyinya cuma ciet2,,,,,aja om,,,trz klu gk ada brung sjenis cma diam ja,,???
    tlong solusinya om???

      1. angga

        udah mapan om,,,,dan udah nopeng,,,,
        tp bunyinya ciet2 ja,,,,itupun klu ada brung sjenis,,,,klu gk da cuma diam ja,,,apa masih adaptasi kali ya???
        tp kmaren pas saya adu kyaknya garang bgt,,,brung tmenq aja sampai diam,,,,tp msalahx bunyinya koq cuma gtu???
        tlong solusinya om,,,,thx

            1. angga

              pgi om,,,,,
              mau tnya gmana ya cra memaster CI YG Benar,,??
              apakah sekaligus suara sgla mcam brung atw satu2 dlu,,smpai Ci nya hafal,,,baru ganti suara brung yang lain???
              thx,,,,,

  10. Sulthan

    Met siang om,(1)klo ciri2 KN yg kegemukan itu gimana om(2)sy pnya 2 ekor kenari jantan yg satu masih cuit2 yg satu lg blajar ngerol apa boleh saling liat tanpa sekat,mksh om mhn bantuannya

  11. dimas > pekan baru [ RIAU ]

    slm kicau mania ….. om, tlg bagi rahasia mengatasi kacer yg lmbt panas/birahi swaktu d lomba, pdhl EF udh sya tmbah dr biasanya , & itu sya lakukan -+ 2 mggu tp gx jg ad prbhan….yg mw sya tnya kn adlh gmn cranya agar emosi cpt naik swaktu d gantang ?? sya tggu jwbnya om….

      1. dimas > pekan baru [ RIAU ]

        thnk y om bwt solusinya…. tp jujur om mainya masih angin”an gtu, trs yg sya heran kn knp kacer ku kx susah bgt d jinak kn…. pdhl dh 5 bln sya gntang d tmpt ramai & 1cm dr prmuka’an lntai, pdhl umur dh ckp, EF udh d otak atik, tpi ttp gtu” j om,,,,pasal ny dia prnh lpas slma 1 bln trs dpt lg eeeeehhh mlh jd kya gtu om,,,,

  12. adhisatrio

    Numpang tanglet om..
    1. kenari bahanku kira2 umur 3bln.. sebelumnya dah rajin ngriwik kasar tp semenjak kuku nya copot 1 jd meringkuk aja.. dah tak ksh obat merah dan tiap pg tak tetesin birdvit 5 tetes.. tp msh aja loyo.. apakah umurnya msh lm kl bgn terus.. kl pun hdp apakah bs tmbh lg kuku nya… prl terapi apa lg spy sehat…
    2. mb trotol ku dah gnt bulu remaja dan tiap hari rajin ngriwik ngeplong.. tp knp setiap sore sy ksh jangkrik ky ngebatman gt.. pdhl dah ga prnh di suapin lg, selalu tak trh cepuk pur.. apakah ini tanda2 ngebatman.. Birdvit dan tbb 1 mgg sekali.. kroto tiap hari.. jangkrik 9 sehari.. mandi semprot krn ga mau msk keramba.. tlg bantuan nya..
    3. mb yg dah kelar mabung tp msh dorong ekor apa prl di buka krodong full..
    4. lovebird yg mabung apa yg hrs di perbanyak.. kangkung atw jagung ..
    5. maaf kl byk tanya dan tlg bantuan nya.. maturnuwun.

  13. purwanto

    Met sore om mau tanya jika MB sudah masuk mabung slama seminggu apa masih bisa diberikan BIRDMOLT PRE, lalu utk setelan jangkrik dan krotonya ditambahkan atau dikurangi om. Mohon pencerahannya om, trima kasih met sore

  14. rangga

    Selamat sore om mau tanya nih om..

    Kemaren sya beli sangkar burung untuk murai batu di pasar pramuka jakarta.
    Dan setelah sya beli sya bawa kerumah untuk menggantikan kandang yg sudah jelek om tpi itu kandang barunya belum sya cuci dan sya masukan murai sya om..
    Waktu malamnya sya ingin memaster murai sya pke mp3 dan sya cek di dalam krondongnya ternyata murai sya terkapas di dasar sangkar tpi belum mati om..
    Apa jangan”sangkar barunya masih bau catnya yah om??
    Padahal sya cium ngga ada bau cat om..
    Dan tolong om cara mengatasi murai sya itu om masih hidup tpi lemes banget badanya om sya tro di sangkar yg lama dan sya kasih vitamin dri toko burung tpi ngga ada perubahan dan sya taro di tangkringan ehh jatuh..
    Jawabbanya sangat berarti buat sya dan saya tunggu komentarnya..
    Trimakasih

  15. aguez

    saya punya burung cendet saya rawat dari kecil
    sehari hari saya beri voer saja
    sekarang iu sudah besar dan ekornya sudah tumbuh
    tapi kenapa kok sekarang gk mau lagi makan voer dan lebih senang mkan jangkrik
    tolong saranya sahabat kicau???

    1. redaksiomkicau

      jangan terlalu banyak jangkriknya om dan berikan voer lembut dulu yang dicampur dengan uler kandang/ uh untuk memancing selera makan voernya lagi.

  16. panjirizkigumilar

    malam om,sekedar mau nanya yg dmaksud dengan karakter suara burung itu apa?terus karakter burung kacer apa cocok dengan suara love bird yg selama hampir 2bulan saya memaster burung kacer?makasih om atas waktunya

    1. redaksiomkicau

      karakter suara ialah suara yang lebih dominan dinyanyikan burungnya sendiri seperti tipe dominan ngeroll panjang berakhir tembakan, atau bukaan tembakan lanjut ngeroll dan berakhir tembakan. Setiap burung rata-rata berbeda dalam mebawakan lagu-lagu favoritnya terutama saat ketemu pesaingnya.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s