Air, Sumber Kehidupan Utama Bagi Ayam

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ayam membutuhkan air yang bersih, segar dan dingin secara bertahap untuk pertumbuhan, produksi dan efisiensi penggunaan pakan.Seekor ternak dapat melangsungkan hidupnya hanya dengan mengambil kebutuhan dari sektor pakan, namun itu hanya pada batas kurun waktu tertentu. Tanpa air ternak akan mati hanya dalam beberapa hari.
Penyediaan air bersih, segar dan dingin adalah penting untuk produksi telur yang baik. Ayam seperti halnya ternak lain membutuhkan lebih banyak air di udara yang panas daripada di udara yang dingin. Ayam mendapatkan air melaui air minum, air yang terdapat dalam bahan pakan, air metabolik yang didapat sebagai hasil dari oksidasi pakan dan sintesa dari molekul yang komplek di dalam tubuh.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Fungsi air

Air menjalankan banyak fungsi yang vital dan merupakan syarat berlangsungnya berbagai proses kehidupan. Fungsi air menurut Card dan Nesheim antara lain sebagai pengangkut zat-zat makanan dalam proses metabolisme. Air juga komponen utama dari darah dan cairan limfe yang merupakan bagian paling vital dalam proses kehidupan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Selain itu air juga merupakan pengatur stabilitas suhu tubuh dan sebagai bagian utama zat dalam tubuh yang meminyaki persendian dan membantu kerja indera/organ tubuh.

Kekurangan air dalam tubuh akan menyebabkan terganggunya fungsi-fungsi di atas, sehingga pada ayam dapat mengganggu pertumbuhan, kesehatan dan produksi ayam tersebut. Kekurangan air sekitar 20% atau lebuh akan menghasilkan penurunan yang nyata dalam efisiensi penggunaan pakan dan suatu penurunan sebanding dalam laju pertumbuhan broiler.

Kekurangan air dalam waktu 24 jam dapat mengakibatkan penurunan menyolok dalam produksi telur untuk sehari atau dua hari berikutnya. Selama 36 jam tanpa air, suatu kelompok ayam mungkin nakan mengalami peranggasan bulu dan produksi sangat berkurang untuk suatu periode waktu yang lama.

Kebutuhan air

Menurut Kuspartoyo (1990) banyaknya air yang dibutuhkan oleh seekor ayam ditentukan oleh beberapa faktor :

a. Berat badan

Ayam yang lebih berat membutuhkan air lebih banyak daripada ayam yang ringan.

b. Banyaknya pakan yang dikonsumsi

Pakan yang lembab, dilembabkan atau lebih banyak kandungan airnya akan mengurangi kebutuhan seekor ayam akan air. Ayam yang pakannya lebih banyak, juga lebih banyak membutuhkan air daripada yang mengkonsumsi pakan sedikit.

c. Umur atau fase kehidupan

Ayam yang sedang dalam fase pertumbuhan, membutuhkan air sebanyak 2,5 kali dari pakan yang dikonsumsinya. Sedangkan ayam dewasa produksi (fase produksi) membutuhkan 1,5 kalinya dengan catatan suhu lingkungan optimal.Hal ini sesuai dengan keadaan tubuh ayam, dimana pada ayam muda kandungan air di dalam tubuhnya sampai 75%, sedangkan pada ayam dewasa hanya 55%.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

d. Keadaan suhu lingkungan

Makin panas atau makin tinggi suhu di dalam kandang maka makin besar kebutuhan airnya. Pada umumnya suhu di negarakita termasuk sehu panas. Biasanya kebutuhan air pada suhu panas tersebut berhubungan dengan tubuh ayam yang tidak mempunyai kelenjar keringat, sehingga ayam terpaksa membuang kelebihan panas dengan cara menguapkan air melalui gelembung-gelembung udara di dalam tubuhnya dan dengan cara pernafasan.

Dapat kita lihat bila suhu keliling panas, ayam akan membuka paruhnya (panting), dimana uap air dikeluarkan.

e. Tingkat produksi

Makin tinggi tingkat produksi telur makin besar pula kebutuhan airnya. Hal ini sesuai dengan kandungan air pada sebutir telur, sebesar 66% atau rata-rata 35 gram per butir.

Pakan komersial bagi unggas mengandung kurang lebih 10% air. Dengan mengkonsumsi pakan tersebut ayam harus menggunakan 2-2,5 gram air untuk setiap gram pakan yang dikonsumsi selama masa pertumbuhan dan 1,5-2 gram air/gram pakan bagi petelur.

Konsumsi air per ekor anak ayam sekitar 27 gram pada umur 1 minggu dan 485 gram pada umur 32 minggu. Kandungan air pada feses adalah 16,6 gram/ekor/hari pada umur 32 minggu. Air yang hilang karena penguapan berjumlah 3,3 gram/ekor/hari pada umur 1 minggu dan 53 gram/ekor/hari pada umur 32 minggu.

Sedangkan air yang dibutuhkan untuk satu butir telur adalah sekitar 35 gram. Sehingga semakin tinggi tingkat produksi makin banyak air yang dibutuhkan ayam. PI/dw

Silakan mengutip dan atau meng-copy isi tulisan ini dengan menyebutkan sumbernya :www.poultryindonesia.com

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. terima kasih karena ini bisa manjadi catatan di luar pelajaran sekolah.

    komentar : kalau ada berita yang belum tercatat di sini tolong di masukan sebagai ilmu tambahan pelajaran kami………..?

Komentar ditutup.