“Kualitas jangkrik tergantung makanan”

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Usaha budidaya jangkrik memang bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, baik sebagai usaha sampingan maupun usaha berskala besar. Apalagi setelah ditemukan adanya kandungan zat-zat penting yang sangat bermanfaat. Tidak hanya sebagai pakan burung kicauan dan ikan, tetapi juga sebagai bahan baku industri. Di samping itu, beternak jangkrik bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Semua orang bisa dengan mudah belajar beternak jangkrik.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Seperti dikemukakan Icuk Tri Purwanto, salah seorang peternak full time yang aktif sebagai pengurus FKP Askrindo cabang Klaten, teknik budidaya jangkrik meliputi beberapa tahap.

Tahap pertama adalah persiapan kandang. Untuk beternak jangkrik kotak yang paling efisien dan mudah diperoleh adalah kotak kardus berukuran 200x80x40 cm, yang bisa digunakan untuk memelihara 10-15 kg jangkrik. Perlu diperhatikan, kotak tersebut harus disterilkan dari kuman dan kotoran sebelum digunakan untuk memelihara jangkrik.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tahap kedua adalah penetasan. Dalam proses penetasan, telur yang sudah dicampur dengan pasir halus dan dimasukkan ke dalam kain kaos, harus terus dijaga kelembabannya. Telur jangkrik biasanya akan menetas selama 4-7 hari.

Tahap ketiga adalah pembesaran. Pada tahap ini, pola pemberian makanan dan minuman pada jangkrik harus benar-benar diperhatikan, sehingga dapat memberikan kesehatan pada jangkrik dan membuat jangkrik berkualitas sebagai bahan baku industri. Salah dalam pemberian pakan, misalnya memberikan makanan yang mengandung protein hewani, akan membuat jangkrik mengandung histidin, sejenis asam amino yang menghasilkan histamin yang dapat menyebabkan gatal-gatal di kulit.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Oleh karena itu, pakan yang diberikan pada jangkrik sebaiknya adalah pakan khusus dari PT Agromitra Swadaya Indonesia yang didapat sewaktu membeli PST, ditambah sayur-sayuran seperti daun pepaya, daun ketela, wortel, kacang panjang, atau jagung muda yang telah dicuci bersih. Sementara untuk pemberian minum bisa dilakukan dengan membasahi kain/spon, atau bisa juga dengan pasir basah dalam nampan plastik.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan terkait pola pemberian pakan pada jangkrik adalah sifat kanibalisme dari jangkrik itu sendiri. Itu bisa diatasi dengan pemberian pakan yang tidak pernah putus, serta dengan memaksimalkan media persembunyian dalam kandang. (Suharsih/SOLOPOS 16 April 2006)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

39 Comments

  1. saya ingin beternak jangkrik..tapi masih bingung apakah jenis jangkrik yang biasa dibudidayakan soalnya banyak dengar istilah jangkrik kalung, jangkrik alam, & jangkrik selering…apakah jenisnya sama atau mana yang kwalitasnya lebih bagus…dan dimana saya bisa mendapatkan telurnya..saya dipalembang…mohon pencerahannya..thanks

    • Soal jenis jangkrik, bisa yang kalung bisa juga yang selering/jliring. Jangkrik alam adalah penyebutan untuk jangkrik tangkapan alam apapun jenisnya.
      Untuk masalah telur, ayo siapa bisa bantu ya?

      • Kami menyediakan telur dan jangkrik Alam / Seliring untuk lokal dan semua wilayah di indonesia
        Untuk harga Telur Jangkrik sebagai berikut :
        * 1kg Rp 750.000
        * 1/2kg Rp 400.000
        semua harga sudah termasuk biaya ongkos kirim( TIKI/ JNE)
        Untuk Harga Jangkrik, harga di bawah harga pasaran
        Berminat hubungi
        Bapak Anam 0856 4041 7722

  2. Agan2 Yth, sy kesulitan cari penampung jangkrik di Bandung sekitar. Tlong ada yg punya info??? ditunggu infonya atau send sms ke 022 92 435 605. mksh banyak sblmnya.. sukses jangkrik…. oyeaa…..

  3. kepada semua rekan rekan…

    saya tinggal di bandung!!!!

    apakah ada penampung jangkrik d bandung??

    atau yang siap menampung jangkrik jangkrik!!

    harga nego!!

    yang berminat bisa hubungi saya di 082115711051

  4. Bos Saya mau berternak Jangkrik Tapi Dimana Saya Bisa Mendapatkan Telur Sama Pakannya yang dekat dengan tempat tinggalku, Saya sekarang berada dikalimantan tengah Kab. Kotawaringin Barat ( Pangkalan Bun) Tolong informasinya bos, Terima Kasih sebelumnya

  5. mas pakan yang dari PT Agromitra Swadaya Indonesia,,, p ada di jombang,,, saya warga jombang ingin mencoba budidaya jangkrik… dan kalo bisa jadi pengepilnya..

  6. BAGI TEMAN2 YANG BUTUH TELUR JANGKRIK ALAM alias JANGKRIK SELIRING alias JANGKRIK KARET,…. bisa menghubungi saya di 085266919010 (jambi) melayani pengiriman untuk seluruh wilayah indonesia.

  7. pak tolng saya kasi tau bagai mana cara nya bertenak jangrik dgan baik saya dari sumatra di sini lagi marak2 nya usaha jangkrik dan bisa ngk kasi tau tempat beli telur jangrik yg bsgus.

  8. bos tolong kasi tau saya, bagaimana cara saya bs membeli telur,serta pakan jangkrik, apakah udah ada cabang/petani jangkrik di wilayah KALBAR, kalau sudah ada tolong kasitau saya bos lewat email aja.

    • mas,, saya biasa make telur jangkrik ke kaltim. jenis alam atau kalung. kalau anda minat bisa.. saya kirim,,??? 1 kg 400rb,,??? hub 087727791678

  9. sebelumnya saya tertarik dengan peternakan ini, tetapi saya ingin bertanya dimanakah alamat FKP Askrindo cabang jakarta? tolong jawaban dikirimkan. terima kasih.

  10. bos mau tanya tentang peternak jangkrik sekitar wilayah solo, mau tanya tentang pembelian bibit, kandang mulai dari nol, tolong para peternak solo kasih pencerahan saya. kirim ke mail saya. nuwun

  11. untuk teman-teman yg butuh jangkrik dan telur yg berkualitas dan bagus, hubungi saya di 081390428889 – 02470266306

  12. BOLEH IKUTAN BOS TUK BUDIDAYA JANGKRIK. SAYA TERTARIK , BELI TELURNYA DI MANA ,TLNG HUB SAYA DONG 081808998899. SAYA DI DEPOK MARGONDA (JAWA BARAT)

  13. Saya pun ingin belajar beternak jangkrik, bisakah Anda mengirim tutorialnya ( mulai dr pemesanan telur, penetasan, hingga panen ) ke email Saya ?

    • saya pun ingin belajar berternak jangkrik, bisa kah anda mengirim tutorial nya (mulai dari pemasaran telur penetasan hingga panen) kirimin ke email saya

  14. Mas,saya mau bergabung dg askrindo,bisa kasih saya no yg bisa saya hubungi.Terima kasih.

    Jawab:
    Coba saya carikan nomer terbarunya nanti. Nomer lama saya kontak sudah tidak bisa.

Komentar ditutup.