Settingan pentet jawara

Tanya:

O ya, Saya sedikit mau tanya tentang pentet saya om……………. Saya beli pentet juara nomor besar di lomba…..settingan awal jangkrik 3:3 trus kroto satu sendok teh pagi. Mandi Semprot, jemur jam 7 – 10.

Settingan lomba tetap sama….

Masalah utamanya adalah ketika lomba hampir selesai dia ngetem…..diam, padahal itu masuk penilaian akhir……..padahal awalnya begitu dominan dan prima.Kemudian saya coba rubah settingan dengan tambahan jangkrik tetapi hasilnya nihil. Tambah jemur malah kurang prima pas awalnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jadi gimana solusinya ya om??

Wah nyuwun pangapunten nderek badhe ngrepoti hehheheheheehheeheh

Salam. (Pertanyaan Arkan Rusdy melalui PM di www.kicaumania.or.id).

Jawab:

Suara tembakan yang dominan apa? Kalau isiannya berat2 pentet jadi kelelahan di bagian akhir. Kuncinya ya cuma ditambah stamina tempurnya dengan menambah masa karantina ketika mau dilombakan. Misalnya biasanya 2-3 hari, ya jadi 3-4 hari. Untuk setingan pakan jangan diubah2.

Penambahan EF tidak nambah stamina (daya tahan untuk bermain lama) tapi cuma nambah power di depan, tetapi bisa gembos di bagian akhir.

Tambah jemur memang bisa dilakukan, tetapi kalau sering terlambat panas saat ditrekkan, maka buka kerodong sajadulu sekitar 1/4 atau 1/5 jam sebelum lomba, jadi begitu di naikkan gantangan, sudah ada pemanasan dan tinggal ngelanjutkan di gantangan lomba.

Coba n coba saja Om.

Salam,

Duto

Tanya (lanjutan):

Berarti kembali ke settingan awal saja ya om………….. karena dikasih lebih dari tiga juga cuma buat mainan……..atau dimakan setelah lapar lagi………

gimana tuch??

Salam (Pertanyaan lanjutan Arkan Rusdy melalui PM di www.kicaumania.or.id).

Jawab:

Iya, back to basic. Nggak usah melakukan treatment yang berbeda dari biasanya sebelum kita yakin benar apa penyebab perubahan perilaku pada burung atau yakin bahwa perubahan treatment itu akan membuat perubahan seperti yang kita maksudkan.

Ok Om?

Salam,

Duto

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

64 Comments

  1. om udh lama nich ga sharing..sy baru ngambil trotol pentet..kata yg jual pentet dari jawa..skg kondisi udh hampir seminggu dgn saya dan sdh makan voer..tetapi masih bingung nentukan kelamin trotolan pentet sy..jantan or betina..apa bisa dilihat perbedaannya dari trotolan om..dan seandainya bs bgm om..trims

  2. Om Duto, Kenapa ya pentet saya kalo dilapangan selalu petakilan settingan EF jangkrik 5/3 kroto 1 sdk makan seminggu sekali & jemurnya hanya sampai jam 8.30. Apa salah settingannya OM

  3. salam kenal mas, saya Rafly mohon petunjuk dari yang pakarnya burung ocehan nih…………
    saya punya pentet dari Madura suara tebal isiannya banyak tapi sekarang mandek bunyinya padahal tidak sedang mabung mas.
    Gimana cara mengatasinya mas.?
    Mohon petunjuk Mas Duto

  4. maaf om, ini tentang pentet lagi, dan saya mau ngrepoti untuk tanya tanya…
    saya baru dapat pentet yang menurut penilaian saya yang masih awam (dan juga oleh si penjual) termasuk kategori bagus. Daya tempurnya(katanya) meledak ledak saat dilombakan walau sementara ini belum pernah menang lomba. Nah ketika saya beli,diaberpesan agar terus terjaga kualitas dan staminanya harus mengikuti aturan main (settingan) yang selama ini sudah dia lakukan, misal jangkrik 3-3, mandi(semprot) setiap hari tidak boleh langsung mengenai tubuh, jemur sampai jam 10 terus full krodong,sore buka dan dianginkan. Jauhkan dari keramaian dan posisikan digantung ditempat yang penuh ketenangan .Pertanyaan saya:
    1. Apa memang saya juga harus selalu mandikan (semprot)tiap hari? Ada efek negatifnya gak bila kebiasaan ini saya rubah (misal seminggu 2-3 X saja?)
    2. Apa krodong boleh sya buka dan saya tutup sewaktu waktu dan tidak mengikuti aturan main sebelumnya?
    3. Kenapa harus dijauhkan dari keramaian toh kalau saat lomba kan justru situasinya lebih ramai?
    Mungkin itu dulu pertanyaan saya, mohon maaf dan terimakasih atas jawabannya.

    • Yang baik memang perawatan harus konsisten. Kalau mau ubah jangan drastis, tetapi pelan-pelan.
      Biasanya menyendirikan pentet dimaksudkan agar burung tidak suka bermanja ria dengan orang yg lalu lalang di dekatnya.

  5. Biarkan dulu pentetnya sampai berapa lama, pemeliharaan tetap standart aja, kalo dah agak lama dan gak stres di tempat yang baru, bolehlah coba untuk dilakukan penambahan nutrisi ataupun treatmen lainnya

  6. budi says:
    23/09/2009 at 24:30
    salam kenal mas duto
    saya 2 hari yang lalu beli pentet jatim, di tmpt penjualnya pentetnya gacor, lalu saya membelinya, tetapi pentet itu saya bawa dngn kandang bulat atau kandang am ,sesampai dirumah pentet itu tdk mau bunyi , dan pulangnya saya pake motor,skrng keadaan hidung pentetnya luka, skrng apas sy lakukan atau ganti kandangnya yg besaran.

  7. ass,om duto
    Saya baru beli pentet jatim, ketika di penjualnya burung itu bunyi, tetapi stlh dirmh koq tdk bunyi’ saya pake kandang bulat untuk burung am ukurannya kecil dan skrng pentetnya jd liar sehingga hidungnya luka’ ef harian jangkrik 6p/6s ulat hk5pg mandi pg/sr, apa yg terjadi dng pentet sy y om. thx sblmnya y om duta’ as wr wb.

  8. pa kbr om,
    saya punya pentet di rumah udah jadi tp tumbuh bulu sayap yg nongol keluar dr sayap.harus di gimanain ya om?
    saya juga punya murai batu baru beres ambrol, sekarang lagi tumbuh bulu baru, yang saya mau tanyain gimana cara perawatan pada saat burung sedang tumbuh bulu agar bulu barunya mengkilat dan bagus?
    makasih y om….

  9. Siang om
    Pentet sy:
    Jngkrik; 4/4pg sore kroto 1sdt pg aja,
    Mandi ;snen kamis
    Jemur ;6 pg – 11
    Skrng dah mulai gacor,tp msh agak birahi,(kmren sy tambahin mandinya sore jumat pg).
    Tanya:
    1.settingn ini sbaiknya di jlnkn brapa lama?
    2.td pagi bunyi sktr 1/4 jam,ktanya baiknya bunyi antra 30mnt-1jam,apa adakah treatment yg kurang/lebih?,mandi,ef,jemur
    Trimakasih skali jawabanya om duto

    • Boleh saja Om, kan masalah kerodong bukan persoalan boleh tidak boleh, tetapi kebutuhan. Misalnya melindungi dari angin malam, ketika mau dibawa bepergian, pemulihan stress dll.

  10. tanya niy om
    saya punya cendet gacor banget,isian lengkap,volume full
    tapi om,bunyinya klo di gantang di depan rumah doang,
    klo di bawa kemana2 ga mw bunyi walaupun da sebulan saya pindah tempa
    di jemur dibelakang rumah aja ga mw bunyi,dibawa ketempat rame cuma muter aja
    padahal sama saya sudah 3 tahun lebih,dari awal begitu aja.
    caranya gimana ya om biar mau bunyi dimana aja,trus ga muter aja ?
    makasih banyak sebelumnya

  11. ass,om duto
    Saya baru beli pentet,tapi masih di solo,gimana ya bawanya agar burung ga stress,trus kalau misal stress,gimana untuk mengembalikan setingan pakannya,agar ga terlalu susah buat top form lagi,
    Trims

  12. sore om…… mo nanya lg nich kan saya dirumah punya kacer waktu pertama di bawa ke rumah sich bunyi terus tapi kesini makin sini gak bunyi cuma,,,,,,,,,,bisik-bisik aja bunyi nya ….itu faktor nya gmn y om……..?????

  13. siang om…..mo nanya nich om saya kan punya pentet tapi bulu ekor nya blom tuntas baru nongol seperempatnya tapi udah berkicau klo misalkan ekornya udah normal suaranya bisa lebih bagus ga om………….thank’s y sebelumnya…….???

  14. om duto yg jenius, saya penggemar burung baru dan baru gabung jg disini. Saya punya pentet baru beli beberapa hari lalu.
    Saya memaster pentet dengan 3 cara:
    1. memaster dangan satu isian secara terus menerus selama 5-jam sehari selama beberapa minggu.
    2. memaster dengan menggunakan beberapa isian yg berbeda secara beruntun, misal jangkrik 5menit,, lanjut belalang 5 menit, lovebird 5 menit, lalu, CJ, dan seterusnya, berulang selama 5-6 jam perhari
    3. memaster dengan menggunakan beberapa isian secara bersamaan dalam durasi tertentu menggunakan beberapa cd player.
    Pertanyaannya:
    1. dari 3 cara diatas manakah yg paling efektif dan efesien?
    2. berapa durasi ideal untuk memaster pentet?
    3. daptkah memaster pentet dalam kondisi tidak mabung, kalo bisa pada saat apa yang tepat?
    Demikian Om Duto, mohon pencerahannya.
    Salam kagum untuk Om Duto.
    Terimakasih.

  15. Om alhamdulilah cendet udah fit walopun bulu ekor kmrn pd jth,pdhl abis mbung lho oM,sy mandikan truz blu uda kering truz jemur 3jam bunyi smpe 8x shari,prtnyaane pa biaza pntet nyulam blu ekor oM,yg jth it ekor bru,apa sy tll cpt mandi jemurnya,tp bs tmbh lg om ekorny,..ef jangkrik 4 p/s kroto 3 hr

  16. Untuk cendet yang sudah gacor, apa bisa speed dan ketebalan suara di tingkatkan dan tetap stabil??
    Ato udah dari bebet bobotnya jd gak bisa di rubah..apa dilihat dari bentuk paruh dan postur bisa dilihat cendet yang berkualitas.
    Isian tembakannya apa bisa dirubah…misal dari tembakan CJ ke LB?
    Thanks Om…

    • Om hendrik kate
      Untuk masalah volume cendet, tidak bisa ditambah jadi lebih keras. Kalau variasi suara bisa diubah. Jika pas mabung nanti kita master dengan suara yang kita inginkan.

  17. salam om duta,saya arik dari bali..mw tanya nih..
    1.kalo cendet sejak usia berapa sudah bisa dimaster?
    2.saya punya cendet ada masalah,suara hutannya sangat nyaring dan keras sekali tetapi sura isiannya hanya kedengaran kecil kecil saja,itupun kadang putus-putus kadang rapat.bagaimana solusinya mas?
    thx..
    salam kenal..

  18. Maaf om duto saya menanyakan lagi pentet saya…… mungkin saya akan bercerita mulai awal.

    waktu beli pentet ini gacor banget, saya tanya penjualnya setting makannya gak tentu yang jelas kroto setiap hari harus ada.

    setelah ditangan saya, awalnya saya kurangi krotonya menjadi 2x seminggu dgn jangkrik 5-10 perhari.
    kemudian berangsur-angsur mulai berkurang gacornya, saya rubah settingnya menjadi kroto setiap hari dgn jangkri yang sama.
    kemudian tetap gak ada perubahan tp gacor masih stabil walaupun berkurang, saya coba ikut latber-an waktu belum digantang bunyi terus setelah naik gantangan malah salto-salto meskipun bunyi tp tetap aja gak terdengar akibat dari salto meskipun begitu msh dapat bendera kecil.
    kemudian saya rubah setting kroto tetap sama setiap hari, jangkrik saya kurang 5 tiap hari mandi pagi-siang-malam. saya mencoba ikut latberan lagi hasilnya tetap gak memuaskan meskipun saltonya mulai hilang tapi bunyi ditengah2 dan gak bunyi lagi kemudian bunyi lagi dan hasilnya gak dapat satupun bendera kecil.
    kemudian saya rubah settingnya menjadi 3 ekor tiap hari dan kroto tiap hari dengan porsi mandi yang sama, hasilnya malah gak memuaskan jarang gacor dan waktu di trekkan dgn tetangga malah jarang bunyi.
    kemudian saya rubah setting dgn jangkri saya balikkan awal 7-10 ekor perhari dengan kroto 2x perminggu, dengan porsi mandi yang sama. malah gak karu-karuan hasilnya, sudah jarang bunyi dan malah sering salto.

    gmn saya harus berbuat?? saya bener2 stress dengan cendet ini?
    apa yang terjadi pada cendet saya?? dan apa yang harus saya lakukan agar cendet saya gacor lagi?
    saya sudah patah arang, ingin rasanya saya jual tp berapa saya harus jual karena saya beli mahal tapi saya masi penasaran dgn cendet ini.

    tolong dong duto saya dibantu? atau kalo boleh saya minta contact YM atau email agar saya bisa nanya secara gamblam.

    terima kasih
    dan maaf kalo terlalu banyak nanyanya krn masih bener pemula
    salam
    kris

    • Hehehe, ternyata itu problem yang juga banyak ditemui oleh penghobi burung. Masalahnya terletak pada ketidaksabatan melihat hasil settingan. Kalau saya perhatikan, Om ini suka gonta-ganti setting terlalu cepat. Untuk melihat hasil settingan tidak bisa instant Om. Coba lakukan secara rutin settingan tertentu sampai mapan. Bisa sampai sebulanan. Dari sana Om bisa melihatnya, apakah perlu mengubah atau tidak. Dan kalau perlu diubah ya jangan drastis. Kalau dalam waktu sebulan kok gonta-ganti settingan sampai 2 kali bahkan dengan perubahan yang mencolok misalnya, ya itu namanya kurang suabaarr Om. Hayo bersabar dikitlah…

      • ooo….gitu ya om duto. saya terlalu mendengar omongan orang lain om. kata orang gini, kata orang gitu dsb. akhirnya saya coba tp hasilnya tetap saja. kalo gitu saya akan setting sendiri aja, gak perlu mendengar pendapat orang lain. apa bener begitu om duto ?

        kemudian saya dapat masalah lagi om, mengenai cucak ijo….(kok rasanya burung saya masalah semua).
        saya punya CI, waktu beli bakalan ekornya gak tumbuh lebat saya beli karena mental tarungnya ok. kemudian udah seminggu di rumah ekornya yang tidak 2 helai patah akhirnya saya cabuk sekalian waktu mandi. sekarang udah tumbuh kecil2 tp karena masih giras waktu mandiin salah satu ekornya yang masih kecil lepas. pertanyaanya….
        1. apakah CI saya ini termasuk "ciak ekor" alias "nabrak ekor"?
        2. bagaimana agar bulu ekornya tidak lepas atau patah lagi?
        3. saya harus memberi makanan atau vit apa agar bulu cepat tumbuh dan kuat?

        Sebagai gambaran saja CI saya kalau giras waktu di mandiin…..

        Terima kasih dan maaf jika merepotkan
        Salam
        kris

  19. menyambung jawaban om duto.
    kenapa pentet tidak boleh di jemur sambil dikerodong? apakah temperatur udara di sangkar akan sangat panas atau ada permasalahan lainnya?
    terima kasih
    maaf kalau saya crewet banget
    salam
    kris

    Jawab:
    Panasnya jadi maksimal banget karena tidak / kurang sirkulasi udara. Ya bayangkan sajalah kalau siang2 kita berada di dalam tenda yang tertutup rapat. Kasihanlah Om. Banyak cara merawat burung agar bagus tanpa harus menyiksa begicu….
    Yang jelas lagi, sudah banyak kejadian burung tewas gara2 dijemur dalam kondisi dikerodong.

  20. Om Duta, Tanya lagi…..

    Saya punya pentet, waktu beli gacornya minta ampun ditaruh bawah pun gacor. setelah saya rawat ada perubahan, gacornya jarang2 meskipun suara jangkrik sangat keras sekali. waktu beli penjualnya gak pernah setting EF-nya….
    aq kasih jgnkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, malah munting2 waktu digantang meskipun bunyi……akhirnya cuman dapat bendera kecil2.
    kemudian saya rubah setting jangkrik jadi 5ekor dlm satu hari dan madi pagi kerobong di panas terik dan siagn juga begitu dan malam juga madi krobong. kemudian saya gantang lagi tp diawal gak mau bunyi dan ditengah bunyi kasarnya setelah berhenti dan bunyi lagi akhirnya gak dapat bendera satu pun
    kenapa dgn cendet saya om?? bagaimana setting yang bener? karakterk cendet saya ini sukanya salto tp udah lumayan berkurang setalah mandi malam dan krodong waktu berjemur.
    kemudian bagaimana supaya cendet saya bisa gacor baik di taruh dibawah, dikerobong, dibawah kemana tepat gacor, sebab waktu gantang cendet2 lain di ditaruh di bawah, ditenteng dia mau gacor terus…

    terima kasih
    kris

    Jawab:
    Pentet adalah salah satu burung yang pembosan. Dia akan jadi gacor jika bertemu suasana baru atau orang baru.
    Dibanyakin mandi malam lagi dulu sampai bisa stabil. Saran saya, jangan dikerodong sambil dijemur, berbahaya. Kecuali kalau udara di kota Om secara umum dingin enggak masalah. Di Solo misalnya enggak berani, tetapi di Salatiga enggak apa-apa. Begitu Om.

  21. sebelumnya saya berterima kasih om, krn berkat saran om pentet saya skrg gacor lagi….hanya masih ada kendala sedikit nih om, tembakan dan volum suaranya belum seperti dulu, kemarin saya coba latihan kerjanya udah bagus, tapi tembakan dan volumenya masih kurang dan tidak seperti dulu…knp ya om?

    Jawab:
    Semua perlu proses Om… terus rawat yang baik …pulih dah nanti..

  22. Aslm…Mas,sya bru dpt anak pentet nich,tnda pentet pejantan gmn ya?mkanan nya apa ya biar ntar gede cpt Gacor?,, 😮

    Jawab:
    Soal tanda jantan betina pentet, bisa dibaca di postingan tentang pentet dan baa juga tanya jawabnya.
    Ketika masih kecil nggak usah dibatasi pakannya dan terus dilatih mandi semprot dg sprayer.

  23. om q punya pentet hbs mabung,slama mabung tiap hari q tempel dg SONIC kok g ada yg masuk ya? 😥
    trus habis selesai mabung q joba dilapangn kok malah diem kr2 knp ya? ❓ padahal waktu mabung EF q genjot trus

    Jawab:
    Berapa lama setelah mabung (tumbuh bulu komplit) lalu dibawa kep lapangan? Menurut saya pentet masih dalam masa rekondisi itu Om. Setelah masa bulu tuntas panjangnya, maka paling tidak ya sebulanan untuk rekondisi dengan mandi dan jemur secara teratur.

  24. salam kenal om….saya punya pentet, sebelumnya gacor bgt dan banyak tembakannya, tapi kemarin saya bawa dari bogor ke Jogja naik bis dan ditempatkan dikotak kecil. sekarang udah satu minggu belum bunyi lagi, kira-kira kenapa ya? dan bagaimana solusinya.??

    • Pertanyaan Om Agus:
      salam kenal om….saya punya pentet, sebelumnya gacor bgt dan banyak tembakannya, tapi kemarin saya bawa dari bogor ke Jogja naik bis dan ditempatkan dikotak kecil. sekarang udah satu minggu belum bunyi lagi, kira-kira kenapa ya? dan bagaimana solusinya.??

      Jawab:
      Genjot EF-nya Om. Kroto itu kuncinya. Kalau sudah gacor, mulai kurangi porsi krotonya.

  25. He..he..jumpa disini juga ni om,mo nanya ni om aku juga pnya pentet nih om,dia babak belur mukane tapi ttp gacor,yg saya bingung dia suka makan bulu ekornya sendiri.klu dah panjang pasti ekornya trus rusak,begitu terus,gimana supaya ga makan/ngrusak ekornya OM?

    • Pertanyaan Om Abi Dama:
      He..he..jumpa disini juga ni om,mo nanya ni om aku juga pnya pentet nih om,dia babak belur mukane tapi ttp gacor,yg saya bingung dia suka makan bulu ekornya sendiri.klu dah panjang pasti ekornya trus rusak,begitu terus,gimana supaya ga makan/ngrusak ekornya OM?

      Jawab:
      Bisa dilakukan treatmen mandi malam Om. Biasanya akan berkurang keganasannya. Untuk sangkar, bisa diganti dengan yang jerujinya rapat sehingga kalau burung nabrak2 sangkar tidak luka di bagan atas paruh/hidung. Untuk makan bulu, selama Om rajin memandikan tiap hari, insya Allah kebiasan itu akan hilang.

  26. ow… ternyata cara melatihnya seperti melatih binatang disirkus ya. thks om informasinya. mau tanya lagi nih om, sorry loh saya banyak tanya maklum saya masih pemula dan pengen banyak trasfer ilmu dari om duto. begini om duto pendet saya yang dirumah udah mulai bunyi (hasil ngintip waktu libur) tapi kok kalo diat empunya (saya) kok kl lg bunyi langsung berhenti dan langsung turun kedasar kandang, kenapa ya om, bagai mana ngatasinya biar dia bisa tetap nagkring dan berbunyi walau pun saya ada dideketnya. abis pegel om kalo harus ngintip-ngintip terus dari jendela he..he..

    • Pertanyaan Om Olga:
      Begini om duto pendet saya yang dirumah udah mulai bunyi (hasil ngintip waktu libur) tapi kok kalo diat empunya (saya) kok kl lg bunyi langsung berhenti dan langsung turun kedasar kandang, kenapa ya om, bagai mana ngatasinya biar dia bisa tetap nagkring dan berbunyi walau pun saya ada dideketnya. abis pegel om kalo harus ngintip-ngintip terus dari jendela he..he..

      Jawab:
      Karakter Om. Ada memang pentet (atau juga beberapa burung lain) yang suka bermanja kepada tuannya. Turun minta dikasih jangkrik dsb. Untuk menguranginya jangan biasakan memberi jangkrik langsung dari tangan. Letakkan EF langsung di wadahnya dengan cara tangan kita masuk ke sangkar dan bukan satu persatu dimasukkan ke wadah dari luar seakan mau menyuapi burung.

  27. om…. saya suka liat ada pendet yang kalo tangan kita gi goyangkan atau di bunyikan pendet bisa langsung berbunyi, biar pendet saya dirumah bisa seperti itu bagai mana cara melatihnya om?

    Jawab:
    Meski banyak orang yang nggak suka pentenya suka main goda, kalau Om suka ya coba sering digoda-goda saja. Kalau dia mau bunyi meski cuet2 sebentar, kasih hadiah jangkrik satu.. tetapi jangan diberikan sebelum dia mau bunyi…Pelan2 bisa dilatih Om…

  28. sore mas,klo beli bakalan pentet yg bagus di daerah mana n yg bagus untuk lomba beli yg trotolan ato stengah jadi

    minta sarannya.?
    trImZ……

    Jawab:
    Untuk komentar dan pertanyan dari Om dan Tante dengan ID = aryoudha, triofabianto, galang, MDz, Inay, kemal, Ridwan, FAHMI, Hamdi, choung yang, Anang, MARDI, Ken Arok, firmansyah, indra, safrudinplncikupa, buto, galang, processed69., sudah saya masukkan dan jawab di link ini: https://omkicau.com/about/curhat/. Dikopi saja link itu dan paste-kan di browser. Kemudian "enter". Terima kasih.

  29. om duto
    saya mau tanya kalau pentet sesak napas obatnya apa yang cocok , trus efnya apa biar cepat sembuh dan perawatan hariannya bagaimana? 😐

    Jawab:
    Coba dikasih Tremecyn B Om. Atau bisa juga tetrachlore.

  30. halo..salam kenal..sya adalah salah satu penggemar burung kicauan di kalimatan selatan tepatnya tanjung tabalong..oya..saya punya kacer,cendet (baru),love bird,jenggot & kenari..oya bos..cendet saya gacor & isian bagus banget cuman kalo saya dekati birahi…kenapa yaa…setelan harian : jam 7 buka kerodong jam 7.30 jemur s/d jam 12.jangkrik pagi 2 siang 1 sore 2..mandi 1 kali seminggu (disemprot)..mohon bantuan…

    Jawab:
    Coba frekuensi mandinya diperpendek jaraknya Om. Kalau bisa dimandikan sehari sekali. Kalau nanti tetap tidak berhasil, bisa dicoba dimandikan malam hari sebagai salah satu terapinya.

  31. Mlm om, saya pny dua pentet, yg satunya diujung kepalanya luka. Kata tmn2 tu karena "ngruji"..
    Gmn caranya bikin pentet kapok ngruji lg?

    Jawab:
    Kalau bikin kapok ngruji nggak ada resepnya Om. Cuma untuk mencegah agar tidak luka babak belur, gunakan sangkar yang rapat jerujinya Om.

  32. Om duto, kalo cd kumpulan suara burung utk masterin pentet dlm format mp3 di pasaran sdh ada blm ya?
    Pentet trmasuk burung fighter g?
    Skali lg mksh…

    Jawab:
    Ada. Atau beli saja CDnya dan direkam/pindah dan diformat sendiri.

  33. Met pagi om…beberapa minggu yg lalu sy beli cendet yg sdh gacor tp tanpa ekor,trnyata si cendet ciak ekor & sgt2 birahi.sy kurangi jangkriknya jd 1 + 2 cacing per hari selama 3hr.birahi hilang tp mlh jd galak.skrng ekor udah full tp gak bunyi sama sekali.tiap hr jangkrik 2/2 & kroto 1 sdt.gimana ya Om spy bs gacor lagi? Salam.

    Jawab:
    Nggak usah pakai cacing, jangkriknya ditambahkan lagi.
    Biar nggak ciak bulu lagi, rajin2 saja disemprot air dengan sprayer. Terutama pagi sore.

  34. Salam toet toet…
    Pentet kalo mabung umumnya berapa lama sih om?
    Pemberian kroto harian dlm kondisi normal tdk mabung baik g ya?
    Makasih om duto.

    Jawab:
    Sekitar 2 bulanan Om…
    Baik saja Om, bikin gacor juga…

  35. ass,wr,wb om mau tanya nich saya pemula untuk pentet saya pengen tau ciri2 pentet kanibal,trims.

    JawaB:
    Maksudnya pentet kanibal gimana Om? Suka matuk2 teman atau bagaimana?

  36. Om Duto aq juga mo nanya nih,pentetku gacor tpi hidunge bonyok,pdhal dah lama tak piara.dulu prnh kanibal tpi tak semprot air es ekore dah bisa tumbuh cmn hidunge kok gitu terus,klu pas tak kasi jangkrik pasti kyk kekurangan makan,nabrak2 terus.mohon pencerahannya.

    Jawab:
    Pakainya kurungan yang jerujinya rapat saja Om. Cari di penjual sangkar dan cerita tujuan kita cari sangkar untuk kondisi burung seperti apa. Biasanya penjual sangkar sudah tahu.
    Begitu ya.

  37. salam pentet mania…
    permisi om saya mo nanya,dirumah ada pentet dan itu piaraan satu2nya
    lumayan sich gacornya buat rumahan,untuk meningkatkan volume isiannya gimana yach supaya lantang,saatini isiannya prenjak,greja,n ada siulannya…tp tet.tet.n kreknya kenceng banget. Oh ya ada lagi om gimana caranya agar pentet tau kalo di ketekin ama saya di langsug mamerin suaranya?.istilahnya distater.
    matur sembah suwun om atas informasinya.

    Jawab:
    Untuk menambah volume, kalau burung sudah dewasa, sudah tidak bisa Om. Paling bisanya ya membuat si pentet tambah power sehingga bisa mengeluarkan suara maksimalnya. Mandi jemurnya yang bagus dan rutin saja.
    Pentet paling bagus dikerodong saja setelah dimasukkan ke rumah sehabis diangn2kan usai jemur. Biasanya, kalau kita pengin dengar suaranya, maka tinggal membuka kerodongnya. Biasanya jadi gacor.

  38. Om saya baru dapat hibah cendet dari teman yang mo pindah ke luar kota. kondisinya ekornya patah semua. biar cepet ganti bulu ekor apa bisa saya cabutin semuanya? efeknya gimana? trima kasih atas pencerahannya.

    Jawab:
    Nggak apa2. Nyabutnya dengan bagian ekor di dalam air atau dibasahi dulu biar pori2nya ngembang dulu dan tidak berisiko berdarah. Begitu ya Om.

  39. Om Duto, pentet kalo di krodong suka labrak2 sangkar dan tidak bunyi. Apakah jika ngga dikrodong memberi pengaruh buruk thd pentet? Apakah pentet tahan terhadap nyamuk? Terima kasih.

    Jawab:

    Berarti memang perlu dilatih pelan2 agar terbiasa dengan krodong.
    Kalaupun nggak dikerodong juga nggak apa-apa. Tahan nyamuk kok (atau nyamuknya yang nggak tahan nggigit pentet kali ya hehehe).

  40. salam kenal om,saya mau tanya saya beli pentet bunyi tp setelah smp rmh jadi macet.kasih saran om biar pentet saya bunyi lg gmana ya?soalnya saya baru pertama ini pelihara pentet.

    Jawab:
    Wah Om, jawabnya sama dengan pertanyaan Om Maimsa. Coba klik di sini.

  41. Slamat sore om…saya abiz dapat cendet yang asalnya dari antah brantah alias katrok bgt. waktu saya beli saya bawa skalian sangkarnya yg udah mo jebol karena takut klo tiba2 ganti sangkar jd strezz berat. berhubung agak jauh dr rumah sangkarnya saya kerodong waktu saya bawa pulang. dijalan cendetnya langsung nabrak2 sangkar maklum mungkin ini pengalaman pertama kalinya jalan2 skalian dikerodong. yang saya tanyakan kapan waktu yg tepat untuk mengganti sangkar cendet tersebut sekalian ngajarin dikerodong? apakah bisa langsung diganti dan dikerodong atau nunggu sampe bunyi dulu di tempat saya? sorry agak panjang kronologinya. matur suwun before….
    salam
    -willy-

    Jawab:
    Walau terdengar nabrak2 sangkar, kalau burung tadinya burung sudah mapan biasanya tidak luka di bagian hidung. Bagaimana dengan punya Om Willy?
    Langsung diganti sangkar nggak apa2 justru sekalian penyesuaian lingkungan baru dan penyesuaian sangkar. Ketimbang mundur2 yang stres adalah Om sendiri (hehehehe) mending sekarang biar burungnya stres. Tetapi nggak lama kok kalaupun stres…diperbanyak kroto dulu. Setelah nggak stres, kurangi…
    Okey?

  42. salam kenal
    saya punya pentet dirmh 4 gacor smua,3hari ini kurang rajin karna saya sring trek 4nya.apa itu pengaruh?……..trims

    Jawab:
    Sama seperti orang kumpul2 Om, lama2 bosen dan nggak ada semangat fight dg sesama tetangga hehehehe.
    Nanti kalau ada musuh baru, pada semangat dan gacor lagi.Bisa sering dicoba dengan burung punya orang lain.

  43. Bagaimana cara menghilangkan perilaku cendet yang selalu kiwir2 sayapnya (kayak masih trotolan)sambil bunyi ngak-ngek terus ketika didekati orang terutama pemiliknya.kata teman karena kurang EF-nya tetapi sudah saya tambah tetap saja begitu.mohon pencerahannya pak duto….thx

    Jawab:
    Terus terang saya nggak tahu… apa ya bisa dihilangkan ya karena meski sudah berkerak, saya punya pentet juga begitu. dan saya nggak mau pusing2 memikirkannya karena dia tetap gacor dan nggak rewel. Jadi sementara ini saya juga tidaik tahu. Coba nanti saya cari tahu. Oke? Tks.

  44. Salam kenal om
    om saya punya pentet saya sering ikutkan latiahan tp di gantangan pentet selalu oncling tp volume ok trims..

    Jawab:
    Ada kemungkinan:
    1. Burung masih muda
    2. Jarang ditrek.

    Solusi, coba sering dilatih di-trek dengan pentet lain. Nantri mentalnya akan terbangun.

  45. Om duto, sy newbie yg punya pentet tp suaranya g karuan merepet..repet.. Miauw2 ky anak kucing. Pertanyaan saya apa aja sih suara isian yg bagus bwt pentet. Sebelumnya terima kasih atas jwban n sarannya.

    Jawab:
    Yang bagus ya suara jangkrik, burung gereja tarung, LB dan walang kecek. Bisa dimaster menggunakan kaset/sonic master ketika masa mabung nanti.

    Salam,
    Duto Solo

  46. salam kenal om.
    saya br bergabung nih….
    tertarik sama ulasan pentet,soalnya saya punya pentet,buntutnya ga ada.Gmn numbuhinnya y?sudah 4 bln loh.
    3 bln yg lalu pernah mabung tapi 1 bln kemudian bulu dah ga rontok lagi ,saya perhatiin sekitar seminggu.akhirnya saya buka krodongannya.sekarang bulunya tipis sekali,buntut blm tumbuh2.infom dari dibuka krodongannya sudah 1 bln.ga ada tanda2 mabung lg.gmn penanganannya?ada terapi tertentu ga? klo mabung makanannya apa aja n EF nya?
    sekarang saya senangnya dah mulai berkicau tapi masih males2an sehari cuma 1x.Gmn biar rajin bgt n gacor-cor?
    Oh y saya mau tanya Om dirumah punya momongan apa aja?ko bisa gape masalah perburungan……
    makasih y om atas pendapatyg akan diberikan….

    salam kenal
    Igor

    Jawab:
    Salam kenal juga Om…
    Itu berarti mabungnya nggak tuntas dulunya. Jadi enjoy saja nggak perlu diterapi mabung. Soalnya, kalau memang belum waktunya masbung, dipaksa-paksa seperti apapun tetap nggak akan mabung. Kalau dirontokkn pakai perontok bulu, nanti jadinya burung nggak bagus… bermasalah berkepanjangan. Sekarang dirawat sebagaimana rawatan burung normal saja. Beri jangkrik pagi/sore 5/4 ekor. Pagi disemprot pakai sprayer dan diangin2kan dulu sebelum dijemur. Jangan basah-basah langsung dijemur di tempat panas, bulunya bisa rusak.
    Untuk ngangkat suara biar gacor, kalau siang hari bisa diberi kroto barang sesendok dua sendok teh.
    Saya di rumah hanya ada beberapa burung, beberapa MB, branjangan, kenari dan pentet. Pentet kebetulanm pas gacor karena kondisinya pas bagus.
    Terima kasih kembali.

    Ssalam,
    Duto Solo

  47. saya mau beli pentet,cara milih pentet yang bakalan tapi bunyinya gak nunggu lama,soalnya saya pemain burung baru…?.

    Jawab:
    Kalau Anda sebagai pemula, saya sarankan membaca postingan ini. Setelah itu, Anda boleh memutuskan apapun juga. Kalau masih bimbang, ya silakan dilanjutkan curhatnya di sini.

    Salam,
    Duto Solo

Komentar ditutup.