AK jantan butuh di-charge betina?

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Pertanyaan:

Mohon pencerahan untuk kasus yg saya alami:

Beberap waktu yg lalu, saya mendapat anis kembang yg sedang mabung. Sebelum mabung, burung itu memang sudah oke. Setelah selesai mabung, si AK ini juga sudah rajin ngriwik, tapi belum ngeplong.

Suatu saat, saya titipkan ke temen yg punya AK jantan yg gacor dan juga AK betina. 2 hari saya ambil, dan ternyata jadi rajin bunyi; tidak hanya ngeriwik, tapi juga ngeplong2. Setelah beberapa waktu, tampak AK saya ini mulai ndak rajin lagi. Lalu saya coba charge di temen yg punya AK betina itu, dan hasilnya memang memuaskan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Nah, 2 minggu yg lalu, AK betina temen saya itu dijual (FYI, harganya 400rb). Nah, imbasnya bagi saya, AK jadi males bunyi sekarang.

Apakah memang biar tetep gacor, AK butuh betina terus?

Terima kasih atas jawabannya. (penthet jagoan)

Jawab:

Singkat saja Mas, jawabannya memang “iya”. Jadi, suara “cesssttt” AK betina, membuat AK jantan akan selalu mencoba merayu si betina dengan cara bernyanyi sekeras dan semerdu2nya. Banyak kasus memang seperti itu meskipun ada satu-dua AK yang bisa tancep ngerol terus meski tanpa betinaan. Itulah makanya banyak pemain AK membawa AK betina untuk men-charge burungnya sebelum masuk arena lomba.

Carikan saja betina AK. (Duto)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

11 Comments

  1. Mas, setelah saya baca artikel ini, kejadiannya hampir sama dengan AK yang saya miliki. AK saya beli dari teman saya pada saat mabung 95 % selesai, sebelum mabung saya tahu kalau burung itu rajin ngerollnya. Sampai dengan sekarang burung tersebut kira2 sudah 1,5 bulan selesai mabungnya, memang sudah rajin ngeplong dari pagi sampai sore dan rapat ngeplongnya. Tetapi kok belum ngeroll ya OM ? Sampai 1 minggu yang lalu saya ke Malang saya belikan AK cewek & sudah saya charge tetapi kok tetap belum ngeroll ya ? Memang setelah saya charge lebih rajin ngeplongnya. Tolong Om bagi2 tips rahasianya dong ! Terima kasih sebelumnya Om Duto.

  2. owkeh makasi om duto, waduh sy juga dipanggil om jd sungkan. . .maklum pemula om, baru anak kuliahan blm punya duit ndiri jadi pengennya melihara brurung yang minim biaya hwe he
    sy menarik ucapan om duto soal kroto sedikit2 saja, jadinya sy ngambil kesimpulan burung tetap mezti dikasi kroto . . .y om udah bc threadnya om soal cegah hobi burung menjadi petaka makanya bingung mw melihara burung yg ky gmn???dirumah udah da kenari tp masih ngriwik doang
    om duto soal LB import klo qta melihara yang masih umur 3-5 bulan pa g kemaster sama lingkungan sekitar y, soalnya dirumah banyak burung liar:trucukan, kutilang dan ciblek, tktnya bisa pengaruh kemaster ke trecetannya. . .matur nuwun

    • Om Indra.. kroto tidak mutlak. Kalau ada, ya lebih baik. Soalnya burung paling suka kroto meski di hutan sana saya yakin tidak ada burung yang berani makan kroto dengan mencuri dari sarang semut. Emang mau mati dikeroyok ribuan semut? Hehehh….
      LB yang diimpor masuk Indonesia biasanya sudah dewasa Om. Kalaupun masih anakan, ya engak apa-apa karena dia sudah kemaster sama indukan2nya yang suaranya biasanya masih murni full LB.

  3. maklum om pemula pengen punya burung yang rawatannya minim tp bisa gacor dirumah maupun di lapangan nantinya. . . dilihat dari kroto dai segi ongkos+kadang2 susah nyarinya makanya ppelihara burung nya disortir dl hwe he
    om ada saran om Duto sy enaknya pelihara burung pa???
    klo LB beda import pa lokalnya darimana y om, sekarang da LB import jg ktnya lebih mantab crecetannya
    Tq lg om

    • Om Indra, kalau mau pelihara burung, ya ingat saja tisp saya mengenai “Cegah hobi burung menjadi petaka”. Itu saja deh,,,, coba diresapi.
      LB lokal sama impor secara umum memang masih kenceeng2 impor untuk trecetannya. Soalnya suara mereka masih murni LB, kalau ternakan lokal kadang sudah kemaster suara burung lain.

  4. om duto mw nanya pemula bgt om
    klo ngecharge ne beda istilah dengan cengengesan y om?pa cm plu ditaruh bersebelahan ja dengan sangar si betina?burung pa lg om yg butuh charge?
    klo buat AK, MB, TL n ciblek apakah menu kroto harus da tiap hari???da yang blg MB+TL klo g dikroto bisa lemes slnjutna tewas meskipun da dikasi EF selain kroto.
    Thanks

    • Om Indra, kok ada istilah “cengengesan”? Apa itu. kalau cengengesan itu istilah di Solo artinya suka ketawa-ketiwi, hehehe.
      Ngecas ya didekatkan bersebelahan begitu,. Cuma jangan kelamaan saja. Pada dasarnya semua burung perlu dicas, tetapi juga bahwa semua burung tidak perlu dicas. Lho? La iya, nggak mutlak sih. Lihat kebutuhan saja.
      Soal kroto, ya perlu. Cuma sedikit2 saja sekadar untuk menambah gairah. Kalau soal mati jika tidak dikroto, wah gosip itu Om hehehe. Nnggak benar tuh…

  5. Om Duta, tolong carikan Jantan & Betina siap ternak langsung dari peternak wilayah Surabaya/ sekitarnya atau Solo/ sekitarnya. Terima kasih atas bantuannya.

    Jawab:
    Indukan apa Om? AK atau apa?

Komentar ditutup.