Murai Batu (1): Umum

Iklan gratis jual beli burung di sini

Murai batu (Copsychus malabaricus) merupakan burung kicau paling populer. Termasuk ke dalam family Turdidae. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, dan sebagian pulau Jawa.
Jenis yang dianggap terbaik adalah Murai Batu Medan. Hanya saja tindakan eksploitasi hutan berlebihan dan perburuan untuk kepentingan komersial membuat jenis ini sulit ditemui di pasaran.

Ciri morfologis
Memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Murai Batu dari Tanjung Redep, Kalimantan Timur menpunyai keunikan di bagian kepalanya yang bergaris putih memanjang ke belakang. Murai Kalimantan memiliki ekor lebih pendek dengan panjang sekitar 8-12 cm, sementara Murai Batu Sumatra 15-20 cm . Ciri khas lainnya adalah Murai Batu Kalimantan apabila berhadapan dengan jenisnya akan mengelembungkan bulubulu disekitar dadanya sambil berkicau.
Badan berukuran 14-17 cm.

Pakan
Makanan umum adalah serangga kecil. Hobiis biasanya memberikan kombinasi pelet, kroto, jangkrik, ulat hongkong dan telur lebah. Murai Batu juga memakan poer/voer, yang biasanya tersedia di pasaran adalah merk Phoenix (www.kenarijaya.com), Fancy, Gold Coin, Chirpy, TopSong, dan lain-lain.

Seksing
Jantan dibedakan dengan betina dari kicauan yang lebih aktif dan ekor lebih panjang. Jantan tidak bisa menoleransi adanya jantan lain di sekitar wilayahnya. Sementara betina sulit menerima jantan yang tidak dikenal. Biasanya penangkaran dilakukan dengan mengawinkan pasangan dari satu induk (incest).
Namun saat ini banyak pengemar burung berkicau di daerah Jawa sudah mulai berhasil menangkar Murai Batu silangan antara jenis Sumatra (Medan) dengan jenis kalimantan (Borneo). Sumber: wikipedia

Memilih bakalan

Dari segi fisik :
bentuk kepala ceper
tubuh panjang setara
ekor tidak panjang
paruhnya sedang.
Kretekan keras dan padat.
(Moelsip)

1. Pilih patuk yang agak lurus
2. leher besar panjang
3. garis hitam didada agak keatas cari yang rata dengan sayap
4. ekor melengkung mulai pangkal
(joko sutikno)
(Postingan: Tim Editorial Kicaumania.or.id di kicaumania.or.id)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

31 Comments

  1. Om,lam kenal.Aku pny murai lampung.Perawatan pagi jangkrik 5:5 + kroto 2 sendok mkn.Pg jemur jam 7 smp 9.Yg mau sy tnykan.Setiap tak adu,gak langsung mau tarung.Begt di gantang,dia diem dl.Br stlh 30dtk mau tarung,tp cm sbntr.Gmn crnya agar mau tarung terus om sampai selesai.Makasih

    • Belum mapan saja Om. Menurut saya, itu MB masih belum stabil (belum terbentuk) mental tandingnya.
      Jangan sering2 diadu, bisa drop malah…

  2. Om.. Saya Pny 2 Mb, 1 Mb yg ud brumur dan 1 Mb yg msh trotolan n gak tau ud brp usiany.. Pertanyaannya :
    1. Knp Mb sY yg msh trotolan blm brodol2 jg y, pdhl ekorx ud numbh 2 n ud sm pjgx ama yg Lm?
    2. Mb yg msh trotolan Waktu dipindhkn kt4 yg br msh mau bunyi jam 06-09pg, tp lama kelamaan bunyi g ad(subuh sc bunyi) ap y penybby?
    3. Mb sy yg lama, sejak prtma beli gak bunyi2, ap ad Mb yg bisu/tunawicara?
    Mohon penjelasany om, maklum br pemula.. 😀

    • Om Rama borneo
      Untuk MB trotolnya bisa jadi nggak bunyi karena sedang mau ganti bulu. Trotolan asal hutan, kata teman saya Mas Herry Aceh, ganti bulu merah pada usia 7 bulanan. Padahal kalo MB tangkaran, 3-4 bulan sudah berganti warna. Kenapa beda? Saya enggak tahu kecuali meraba2 bahwa MB hutan pakan terbatas (tetapi di hutan sana lebih sehat karena leluasa dan selalu waspada pada predator), sedang MB tangkaran kerjanya makan mulu sehingga fisiknya cepat berubah menjadi fisik dewasa.
      – Bisa saja MB tunawicara kalau pita suaranya rusak karena pernah sakit atau penyebab lain.

  3. Om mau tanya nih, membedakan MB lampung dan Lampung Super dr segi fisik apanya OM ?? Trus membedakan MB medan yg cewek dan tg cowok gimana Om ?? Thx Om.

    • Om Cheppy
      Lampung sama lampung super hanya beda pada panjang ekornya. Untuk body, bulu dll hampir sama.
      Untuk membedakan MB cowok atau cewek, kalau cewek bulu gitamnya ngedop (tidak bersinar), yang jantan mengkilat (jawanya nyambeliler, asal kata sambeliler, nama serangga yang sayap kerasnya berkilau2 seperti hologram).

  4. om..kalo murai batu bakalan(di kerodong) di deketin sama jalak nias masalah gak..ada yg bilang mental MB bisa rusak kalo denger suara jalak nias yg kenceng,soalnya jalak nias nya super gacor,tks :mrgreen:

    • Om Ferry
      Sebenarnya enggak apa-apa. Cuma biar MBnya juga suka ngriwik, agak jauhan. Toh kalau tujuannya untuk memaster, cukup jarak jauh selama bisa dengar juga tidak apa-apa.

  5. salam om…lama nie nda cuap2,hehehe…kalo mau setting awal mb abs brodol gmn?kmrn kan waktu brodol itu saya kasih kroto ma jangkriknya cm pagi.trs skrg kliatannya dah ampir slesae,yg mau ditanyain utk nyeting awal lg caranya gmn?baik itu porsi makannya atopun mandi dan penjemurannya?

  6. hehehhe…isa nglucu jg nie trnyata hahaha…bsk manahan ga om?

    Jawab:
    Hehehe…enggak, saya akan ke Purworejo seharian Om..

  7. kalo misal tiap hari saya kasih 1 ekor jangkrik slama gnti bulu gpp?

    Jawab:
    Ya nggak apa-apa Om, asal bukan 1 ekor dtambah 10 kepala loh ya, hahahaha….

  8. menu makannya ga ditambahi apa gt?soalnya cm saya kasi kroto aja pagi sore.

    Jawab:
    Kalau ada perubahan, jangan secara drastis, baik untuk mengurangi atau menambah menu. Tambah 1 jangkrik atau sesendok teh kroto, itu saja dusah “perubahan” yang besar. Untuk menjaga agar burung tidak berubah drastis dan sulit dikontrol.

  9. masalah mb saya nie om,dl tnya d kicaumania,e mau liat trnyata ga bisa.yaudah tnya nya dsini aja.gini om..mb sy kan lg gnti bulu ni critanya,tp blm kelar.
    yg mau d tanyakan,prawatan slama gnti bulu gmn dan konsumsi makannya apa aja yg perlu diberi?

    Jawab:
    Tetap saja, cuma jangan dikasih air untuk mandi. Nanti kalau suka mandi pas mabung, bulu bisa rusak.

  10. om..sy py 3 mb yg mau sy tanyakan :
    mb pertama, 1x latber msk j3, 1x lomba lokalan. rwtan harian voer,EF jangkrik p5/s5,kroto 2x seminggu,mandi 2x shari jemur tiap hr durasi 2 jam. dr smua tampilan krg agresif dan ngotot ngeluarin lg dominan ngetem…gmn biar agresif dan ngotot dilapangan?
    mb kedua nda doyan kroto rwtan harian mandi 2x shr,EF jangkrik p10/s10, jemur 2jam. gmn agar mbku doyan makan kroto? apakah ada pengaruhnya krn hariannya kurang gacor…
    mb ketiga skrg kondisi mabung sejak sy dapatkan sampai skrg (2bln) blm pernah bunyi keras hanya ngeriwik. apa dalam kondisi mabung harus full kroto? adakah pengaruh penempatan ke-3 mbku dalam rumah walaupun tdk saling melihat.?
    matur nuwun 💡 mohon pencerahannya utk ke3 mb om…

    Jawab:

    Kalau soal rawatan, nggak ada yang salah. Juga untuk MB yang tidak dotan kroto. itu tidak masalah. Untuk EF jangkrik juga sudah cukup itu.
    Masalahnya di sini adalah bahwa Om punya 3 MB itu, bagaimana selama ini menggantangnya di rumah? Apakah mereka terus-terusan saling dengar? Kalau iya, maka semua sumber persoalan MB Om itu terletak pada keberadaan burung2 fighter dalam satu kawasan yang masih saling dengar.
    Burung yang “superior” (yang sudah dibawa latber) tidak akan mau ngotot kalau ketemu lawan karena setiap hari selalu ketemu “musuh’. Pasti agresivitasnya kurang.
    Untuk MB lainnya, kalau sudah ada MB yang dominan, maka lainnya bakal diam, atau paling ya ngriwik-ngriwik saja. Pokoknya selama mereka kumpul dalam satu rumah dengan MB dominan, maka nggak akan pernah berani bunyi keras.
    Berkali-kalai saya menegaskan bahwa memelihara beberapa burung fighter dalam satu rumah (masih saling dengar) akan menyebabkan salah satu burung (atau beberapa burung) yang inferior jadi ngedrop. Sementara yang superior berkurang daya tempurnya.
    Burung fighter ini antara lain MB, kacer/poci, tledekan/sulingan dan juga decu. Makanya jangan pernah menyampur (MB-MB, MB-kacer, MB-tledekan, kacer-tledekan, MB-tledekan). Pasti akan ada yang drop.

  11. lam kenal om duto..semoga sehat selalu..Amin.
    om sy mo nanya om :
    1.tahapan2 apa yg perlu dilakukan untuk menemukan bahwa stelan tersebut pas wat semua burung baek u/ harian maupun turun lomba..
    2.adakah pengaruh burung master dgn penempatan yg selalu berubah2 thdp simaskot (tetap masuk/susah masuk?
    3.gimana cara mengetahui mb dalam kondisi fit/tidak untuk turun lomba?
    maaf om br baru kenalan,kebanyakan tanya..segitu dulu aja om…takut nda dijawab he..he..

    Jawab:
    Ayolah pertanyaan diajukan di <a href="https://omkicau.com” target=”_blank”>omkicau.com ya, sambil kasih saran dan kritik.

  12. Om pa kbr?begini om sy baru beli Mb sudah gacor abis,tapi belum berani di latber kan.maslahya sekarang,ada perubahan perawatan.Gimana kira pergantian perawatan yg benar Om.Kondisinya saya bekerja.Perawatan awal pagi jemur jam 9 s/d 11 jangkrik 2/2 kroto 1/1 sendok mkn, jemur sore jam 4 s/d 5.Pas di pegang saya jemur pagi jam 6 s/d 7 pagi,kadang jam 7 s/d 9 EF sama tapi untuk EF sore saya kasinya sekitar jam 9mlm plng kantor,tidak jemur sore,ga sempat.kira perawatannya sudah benar belum Om.klo belum tolong perubahan perawatannya y benar supaya ga ngedrop Mbnya.diikuti jam sempatnya sy.Thx Om

    Jawab:
    Nggak masalah Om, sementara kalau memang sempatnya seperti itu ya lakukan seperti itu saja. Jangan dibuat repotlah Om yang penting kita sudah usahakan secara maksimal. Lain masalahnya kalau perubahan2 ektrem untuk burung yang sudah jadi. Biasanya akan menyebabkan perubahan (bisa baik bisa buruk ) pada performa.

    • Om Mbnya aga berubah masalah bunyinya.Sekarang kurang ngotot tandingnya,bunyinya pun agak jarang2.Klo perubahan seperti itu memakan waktu sampai berapa lama untuk Normal kembali dalam perawatan yg berubah?

      Jawab:
      Tidak ada batasan waktu yang pasti Om, tergantung rawatan secara umum dan kondisi lingkungan saja.

      • Om sekarang MBnya,klo di krodong n Taro ditingkat bunyi gacor.Tapi klo dibawah/halaman dia aga kebinggungan n ga mau bunyi.burung sih mental ditempat rame sudah berani.Gimana cara penyesuaiannya y.?Jangan2 nanti pada saat sy latber brng malah drop n ga kerja.minta penceahannya om

        terimakasih

  13. Ass .. met kenal dan pagi mas duto, smoga diberi ksehatan slalu..ini mas sya pngen nnyain klo anis merahku kok ga doyan jangkrik ya..AMku ini kira2 umurnya 13 blanan dpelihara dri trotol,.kondisi skrang bunyi keras tp blum teler, yg ingin sya tnyakan apakah akan brpengaruh trhadap power si AM seandainya saya coba2 di ikutin latber.? Porsi ef skrang hnya cacing,kroto,kdang UH+paya.mental lumayan pas sya trek dngan pnya tetngga yg jauh lebih tua dia mau brani bunyi..sebelumya trims ya mas jd ngerepotin buat ngejawab he.3x

    Jawab:
    Coba jangkriknya dibersihkan sampai mulus. Kalau enggak mau juga, hilangkan kepalanya. Kalau enggak mau, berarti memang AMnya emoh jangkrik. Kalau memang demikian ya beri saja makanan kebiasaan dia itu. Nggak perlu dipusingkan sebab memang tidak bisa dipaksakan. Kalau ternyata pakai EF yang selama ini diberikan sudah bagus, ya enggak apa2 khan?
    Untuk power, tidak tentu harus dengan jangkrik. Kroto (meski saya jarang memberi kroto untuk AM) atau UH (jangan kebanyakan karena bikin gemuk) juga sudah cukup bagus.

  14. ass.. Om duto
    Om saya mau nanya untuk memilih MB yang bermental bagus gimana?
    terutama tangkapan hutan.
    thank ya om DUTO

    Jawab:
    Kalau tangkapan hutan, cari saja yang matanya cerah, leher besar (dibanding MB bakalan yang lain tentunya). Kalau soal mental, belum ketahuan Om. Nggak bisa melihat kondisi mental dengan melihat kondisi fisik.

  15. saya punya mB, semulanya ada 2 ngacor bunyinya siang malam (satu lokal & lampung), terus karena saya lagi nga mut sama kacer saya tukar dengan murai semuanya total jd 4 ekor. yang saya tanyakan :
    1. kenapa Mb saya yang 2 baru nga berbunyi, padahal waktu saya beli merka bunyi?

    Jawab:
    Lha itulah kalau pelihara sesama burung fighter, pasti ada yang ngedrop (jatuh mental). Dipelihara sampai kapan juga, kalau mental sudah jatuh, ngga akan mau bunyi gacor selama masih ada burung yang membikin jatuh mental.
    Coba baca juga jawaban saya ke Om MDz, di halaman Curhat Problem Burung.

  16. saya punya MB yang dulunya sempat ditawar 20jt, tapi setelah 2tahun saya tangkar, saya ingin menampilkan lagi di arena lomba, awalnya saya coba gantang dengan 4ekorMB & burung bisa tampil bener2 maksimal, tapi ketika burung turun lapangan MB, burung sama sekali tidak mo jalan / hanya lompat2 aj!!!
    saya mo tanya ma om duto, barangkali om tahu solusinya???

    Jawab:
    Iyu burung perlu penyesuaian dengan lingkungan Om. Biasanya dia tidak takut dengan burung lain, tetapi (kembali) takut dengan keramaian karena sudah lama terbiasa di tempat yang relatif tidak banyak orang lalu lalang. Biasakan dulu dibawa ke keramaian.

  17. Siang Om..
    terima kasih atsa semua sarannya om, memang ternyata membeli burung yang sudah gacor betul tuh menimbulkan kesenangan hati yang tidak ternilai… saya sudah menukar tambah CJ dengan kenari ga tau jenis apa warnanya putih campur orange ( jeruk sunckish ) yang memang sudah ngeplong.. hanya saja KN tsb agak birahi gitu… obatnya apa om selain dengan KN betina?…
    selain itu kebetulan saya juga mempunyai KN yang hampir serupa tetapi masih bahan sedang belajar bunyi tetapi suaranya serak… itu obatnya apa yg mudah dan simpel?
    satu lagi om, maaf kalo kebanyakan tetapi kayaknya bwt om duto ini masalah gampang maklum saya baru turun di KN…
    Kalo di kaki bagian belakang ada kutil / bekas luka / sejenisnya utnuk mengobatinya pakai apa ya om ? kalo bisa yang alami…
    karena saya baru lihat detail tadi pagi kenari bahan tersebut ternyata kakinya seperti itu.. mohon sarannya om..

    Terima kasih
    Galih

    Jawab:
    Soal problem kanari seperti itu, sudah saya bahas banyak di kategori kenari. Bisa dibaca di sana Om.
    Ada kutil seperti apa ya Om? Bukan bubulen? Kalau bubulan bisa digunakan salep 88, Om. Bersihkan dulu pakai air hangat, setelah dikeringkan diolesi salep dan diurut2kan. Biasanya bubul akan rontok sedikit2 dan setelah itu dicuci pakai air hangat lagi.

  18. Om, ternyata foto MB yg saya kasih ke Om lewat Email,MB Jambi.Itu kata para pedagang n teman2 penggemar burung.Dibohongi lagi saya,tadinya saya pikir lampung super.Jadi minta tolong sedikit boleh ga?
    mengingat saya penggemar MB yg pemula.Boleh ga saya minta foto2 MB yg sesuai dengan daerah asalnya?biar ga di bohongi lg.
    supaya saya juga tidak dibohongi para pedagang.Makasih y OM.
    Salam
    danto

    Jawab:
    Coba saya cari2kan ya.

  19. om murai saya waktu mabung saya deketin burung kenari gacor, maksudnya biar ngisi, tapi sampai selesai mabungnya,suara kenari itu ga ada knapa ya om, apa ad caranya om, yang bagus dikasi isian burung apa om, makasih om.

    Jawab:
    Isian biasanya keluar ketrika burung ditrek. Kalau ketika bunyi-bunyi sendiri, kadang keluar kadang tidak. kalau keluar pun tidak disuarakan secara lengkap. Tetapi masuk atau tidak, juga tergantung kecocokan pola suara antara master dan yang dimaster. Coba cermati lagi tulisan saya tentang pemasteran di kategori pemasteran.

  20. halo om he he, pa khabar, om murai saya kemaren di adu trend kok ga mau bunyi ya om knapa ya om? padahal di rumah gacor bener om,mau bunyi, apa kurang dikasi jangkrik ya om atau kurang dijemur,trus ciri-ciri murai medan super kaya apa si om, soalnya saya beli murai medan ini katanya super, gitu aja ya om maksih om.

    Jawab:
    Untuk ditrek, tergantung kondisi mental loh Om. Jangan-jangan Om beli MB yang sudah pernah "kalah" dalam arena trek. Bukannya nakut-nakuti, MB kalau pernah kalah dalam trek-trekan, biasanya "ngeper" kalau diadu.
    Tetapi faktor usia juga berpengaruh.
    Untuk MB medan super atau bukan super sebenarnya sama saja, tergantung penamaan daerah tertentu. Jenis "medan" juga sebenarnya sekadar penamaan untuk MB yang berasal dari wilayah Sumut. Cuma di Sumut sendiri banyak MB dari luar wilayah itu, bahkan datang juga dari Lahat, Aceh dll.
    Ekor panjang sedikit melenglung dan kalau membuka berbentuk kipas, biasanya sebagai penanda bahwa itu burung MB medan (itu minimal pengertian di Solo loh). Jaadi bukan sekedar melengkung atau panjang saja.

Komentar ditutup.